PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SASTRA BERBASIS KARAKTER DAN LOKALITAS DALAM MATA KULIAH DRAMA, JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA SINGARAJA

Authors

  • Kadek Sonia Piscayanti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i2.4488

Abstract


Pembelajaran drama di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan
Bahasa Inggris selama ini menggunakan naskah-naskah karya penulis luar negeri. Hal ini
menjadi beban bagi mahasiswa karena adanya kesenjangan antara latar budaya di dalam
naskah dengan latar budaya mahasiswa. Kesenjangan budaya ini menyebabkan
mahasiswa kesulitan memahami teks. Persoalan budaya adalah hal yang sangat penting
dalam pembelajaran bahasa. Pembelajaran bahasa akan berhasil jika pembelajaran bersifat
kontekstual, berkarakter dan bermakna. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model
pembelajaran drama berbasis karakter dan lokalitas. Metode yang digunakan adalah model
pengembangan Dick, Carey and Carey (2001). Pengembangan ini melalui sembilan
tahapan. Hasilnya adalah produk model pembelajaran drama berbasis karakter dan
lokalitas. Bahan ajar yang dihasilkan adalah naskah drama berbasis karakter dan lokalitas.
Model dan naskah ini kemudian diimplementasikan dan diujikan pada mahasiswa. Hasilnya
adalah terdapat perbedaan signifikan antara prestasi mahasiswa yang diajar dengan model
pembelajaran drama berbasis karakter dan lokalitas dengan prestasi mahasiswa yang tidak
mendapat perlakuan.

Downloads

Issue

Section

Articles