UPAYA PENGEMBANGAN SOFT SKILLS MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i2.4489Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan (1)
meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa pada pembelajaran Kimia Dasar, (2)
meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran Kimia Dasar, dan (3)
mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap upaya pengembangan soft skills melalui
implementasi model pembelajaran kooperatif untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar
mahasiswa pada pembelajaran Kimia Dasar. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa
Semester I (Kelas B) Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha
Tahun akademik 2011/2012, yang mengikuti perkuliahan Kimia Dasar sebanyak 22
mahasiswa. Objek penelitian ini adalah upaya atau tindakan peningkatan soft skills
mahasiswa yang diterapkan, kepemilikan atribut soft skills mahasiswa, persiapan belajar
mahasiswa (tugas reviu), aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran, hasil belajar
mahasiswa, dan persepsi mahasiswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tindakan yang diterapkan dalam penelitian ini dapat (1)
meningkatkan soft skills mahasiswa, (2) meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa, (3)
meningkatkan hasil belajar mahasiswa, dan (4) mahasiswa memberikan respon positif
terhadap upaya pengembangan soft skills yang dimplementasikan melalui model
pembelajaran kooperatif.
Downloads
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)