UPAYA PENGEMBANGAN SOFT SKILLS MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA DASAR

Authors

  • I Ketut Sudiana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i2.4489

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan (1)
meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa pada pembelajaran Kimia Dasar, (2)
meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran Kimia Dasar, dan (3)
mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap upaya pengembangan soft skills melalui
implementasi model pembelajaran kooperatif untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar
mahasiswa pada pembelajaran Kimia Dasar. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa
Semester I (Kelas B) Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha
Tahun akademik 2011/2012, yang mengikuti perkuliahan Kimia Dasar sebanyak 22
mahasiswa. Objek penelitian ini adalah upaya atau  tindakan peningkatan soft skills
mahasiswa yang diterapkan, kepemilikan atribut soft skills mahasiswa, persiapan belajar
mahasiswa (tugas reviu), aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran, hasil belajar
mahasiswa, dan persepsi mahasiswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tindakan yang diterapkan dalam penelitian ini dapat (1)
meningkatkan soft skills mahasiswa, (2) meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa, (3)
meningkatkan hasil belajar mahasiswa, dan (4) mahasiswa memberikan respon positif
terhadap upaya pengembangan soft skills yang dimplementasikan melalui model
pembelajaran kooperatif.

Downloads

Issue

Section

Articles