PENGEMBANGAN BAHAN AJAR METODE PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN APLIKATIF MAHASISWA

Authors

  • Gede Nurjaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i2.4490

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar Metode Pembelajaran
Bahasa dan Sastra Indonesia yang mampu meningkatkan pemahaman dan kemampuan
aplikatif mahasiswa. Untuk tujuan itu, rancangan penelitian yang digunakan adalah
rancangan penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini membutuhkan waktu dua
tahun untuk menghasilkan produk yang siap pakai.  
Pada tahun kedua ini adalah uji coba efektivitas penggunaan bahan ajar. Hasilnya
adalah sebagai berikut ini. (1) Prestasi mahasiswa setelah diajarkan dengan menggunakan
bahan ajar yang telah disusun berada pada kategori baik dengan rata-rata skor 79,42. Skor
untuk pemahaman sebesar 81,17 dalam kategori baik, lebih tinggi dibandingkan skor
kemampuan aplikatif yang sebesar 76,8 pada kategori baik juga. (2) Respon mahasiswa
terhadap penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran adalah positif dengan rata-rata 4,43
pada skala 5. (3) Kendalaa yang dihadapi oleh mahasiswa saat penggunaan bahan ajar
tersebut dalam pembelajaran adalah kekurang waktu dan ada beberapa bagian bahan ajar
yang sulit dipahami karena redaksinya.

Downloads

Issue

Section

Articles