PENGEMBANGAN BAHAN AJAR METODE PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN KEMAMPUAN APLIKATIF MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i2.4490Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar Metode Pembelajaran
Bahasa dan Sastra Indonesia yang mampu meningkatkan pemahaman dan kemampuan
aplikatif mahasiswa. Untuk tujuan itu, rancangan penelitian yang digunakan adalah
rancangan penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini membutuhkan waktu dua
tahun untuk menghasilkan produk yang siap pakai.
Pada tahun kedua ini adalah uji coba efektivitas penggunaan bahan ajar. Hasilnya
adalah sebagai berikut ini. (1) Prestasi mahasiswa setelah diajarkan dengan menggunakan
bahan ajar yang telah disusun berada pada kategori baik dengan rata-rata skor 79,42. Skor
untuk pemahaman sebesar 81,17 dalam kategori baik, lebih tinggi dibandingkan skor
kemampuan aplikatif yang sebesar 76,8 pada kategori baik juga. (2) Respon mahasiswa
terhadap penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran adalah positif dengan rata-rata 4,43
pada skala 5. (3) Kendalaa yang dihadapi oleh mahasiswa saat penggunaan bahan ajar
tersebut dalam pembelajaran adalah kekurang waktu dan ada beberapa bagian bahan ajar
yang sulit dipahami karena redaksinya.
Downloads
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)