MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI DI SEKOLAH DASAR KELAS V LABORATORIUM UNDIKSHA BERDASARKAN PENDEKATAN KONTEKS DAN PROSES BERMEDIAKAN GAMBAR

Authors

  • I Wayan Wendra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i2.4491

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran menulis
argumentasi di sekolah dasar kelas V Laboratorium Undiksha berdasarkan pendekatan
konteks dan proses bermediakan gambar dapat: (1) meningkatkan aktivitas siswa dalam
pembelajaran, (2) meningkatkan hasil belajar menulis argumentasi, dan (3) dapat
mengetahui respon siswa terhadap penerapan pembelajaran tersebut. Rancangan
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dua siklus. Penelitian
dilakukan di kelas Vb SD Lab. Undiksha. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi,
tugas menulis argumentasi,, dan wawancara serta angket. Teknik analisis datanya adalah
deskriptif kualitatif( untuk data masalah 1) dan deskriptif kuantitatif(untuk masalah 2 dan 3).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menulis argumentasi
berdasarkan pendekatan konteks dan proses bermediakan gambar dapat meningkatkan
aktivitas siswa yakni sebelumnya pembelajaran berpusat pada guru, setelah tindakan
pembelajaran berpusat pada siswa. Hasil belajar menulis argumentasi siswa juga meningkat
yakni sebelumnya hasil belajarnya berkategori cukup, setelah tindakan berkategori baik,
serta seluruh siswa merespon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran tersebut.

Downloads

Issue

Section

Articles