MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI DI SEKOLAH DASAR KELAS V LABORATORIUM UNDIKSHA BERDASARKAN PENDEKATAN KONTEKS DAN PROSES BERMEDIAKAN GAMBAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v1i2.4491Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran menulisargumentasi di sekolah dasar kelas V Laboratorium Undiksha berdasarkan pendekatan
konteks dan proses bermediakan gambar dapat: (1) meningkatkan aktivitas siswa dalam
pembelajaran, (2) meningkatkan hasil belajar menulis argumentasi, dan (3) dapat
mengetahui respon siswa terhadap penerapan pembelajaran tersebut. Rancangan
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dua siklus. Penelitian
dilakukan di kelas Vb SD Lab. Undiksha. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi,
tugas menulis argumentasi,, dan wawancara serta angket. Teknik analisis datanya adalah
deskriptif kualitatif( untuk data masalah 1) dan deskriptif kuantitatif(untuk masalah 2 dan 3).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menulis argumentasi
berdasarkan pendekatan konteks dan proses bermediakan gambar dapat meningkatkan
aktivitas siswa yakni sebelumnya pembelajaran berpusat pada guru, setelah tindakan
pembelajaran berpusat pada siswa. Hasil belajar menulis argumentasi siswa juga meningkat
yakni sebelumnya hasil belajarnya berkategori cukup, setelah tindakan berkategori baik,
serta seluruh siswa merespon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran tersebut.
Downloads
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)