ASESMEN AUTENTIK DAN PENDIDIKAN BERMAKNA: IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i1.4889Abstract
Penelitian ini didasari oleh hasil analisis kebutuhan yang dilakukan melalui Focus Group Discussion dengan melibatkan 20 guru-guru bahasa Inggris SMP dari seluruh Bali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para guru memerlukan bantuan untuk penyediaan berbagai jenis instrumen asesmen otentik yang bisa dipakai dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan berbagai jenis instrument asesmen otentik untuk membantu guru melaksanakan profesinya dengan baik.. Desain penelitian adalah Research and Development dimana prototype produk diuji kualitasnya melalui uji ahli (expert judges) dan uji pengguna (user judges). Berdasarkan Uji Ahli, validitas instrument asesmen otentik dinyatakan memiliki validitas yang tinggi. Sementara itu, berdasarkan Uji Pengguna, instrument asesmen otentik memiliki kualitas yang sangat bagus. Produk ini akan diuji lebih lanjut pada penelitian tahun ketiga dalam desain eksperimen di kelas bahasa Inggris di SMP se Bali.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)