ASESMEN AUTENTIK DAN PENDIDIKAN BERMAKNA: IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Authors

  • A.A.I.N Marhaeni

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i1.4889

Abstract

Penelitian ini didasari oleh hasil analisis kebutuhan yang dilakukan melalui Focus Group Discussion dengan melibatkan 20 guru-guru bahasa Inggris SMP dari seluruh Bali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para guru memerlukan bantuan untuk penyediaan berbagai jenis instrumen asesmen otentik yang bisa dipakai dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan berbagai jenis instrument asesmen otentik untuk membantu guru melaksanakan profesinya dengan baik.. Desain penelitian adalah Research and Development dimana prototype produk diuji kualitasnya melalui uji ahli (expert judges) dan uji pengguna (user judges). Berdasarkan Uji Ahli, validitas instrument asesmen otentik dinyatakan memiliki validitas yang tinggi. Sementara itu, berdasarkan Uji Pengguna, instrument asesmen otentik memiliki kualitas yang sangat bagus. Produk ini akan diuji lebih lanjut pada penelitian tahun ketiga dalam desain eksperimen di kelas bahasa Inggris di SMP se Bali.

Downloads

Published

2015-04-27

Issue

Section

Articles