VALIDASI DAN IMPLEMENTASI MODEL-MODEL STUDENT CENTERED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN DAN KARAKTER SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i1.4890Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tanggapan ahli isi, media, desain, dan penilaian guru terhadap model-model student centered learning (SCL) dan pedoman guru, dan dampak implementasinya untuk meningkatkan penalaran dan karakter siswa SMA. Model-model SCL yang dikembangkan, adalah (1) conceptual chagne model (CCM), (2) problem-based learning (PBL), (3) project-based learning (PjBL), (4), nature of science (NOS), (5) group investigation (GI), dan (6) self regulated learning (SRL). Metode yang digunakan adalah research and development (R&D). Subyek penelitian adalah 2 orang ahli, 40 orang guru, dan 314 orang siswa SMA. Instrumen penelitian terdiri dari angket untuk uji ahli dan guru, tesdan angket untuk uji kelas (siswa). Data dianalisis secara deskriptif dan statistik uji kesamaan nilai rata-rata antara sebelum dan setelah implementasi model-model SCL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ahli isi, ahli media, dan ahli desain secara berturut-turut memberikan tanggapannya dengan kategori sesuai, sesuai, dan sangat baik. 2) Guru memberikan penilaiannya dengan kategori sangat baik dan baik. (3) Skor-skor pascates penalaran siswa secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan skor-skor prates.(4) Setelah implementasi, kualitas penalaran siswa bergerak dari kategori cukup,baik, dan sangat baik, sedangkan karakter siswa berkategori cukup dan baik. Jadi, model-model SCL telah memenuhi kriteria pengembangan dan dapat meningkatkan penalaran dan karakter siswa SMA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)