VALIDASI DAN IMPLEMENTASI MODEL-MODEL STUDENT CENTERED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN DAN KARAKTER SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • I Wayan Santyasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i1.4890

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tanggapan ahli isi, media, desain, dan penilaian guru terhadap model-model student centered learning (SCL) dan pedoman guru, dan dampak implementasinya untuk meningkatkan penalaran dan karakter siswa SMA. Model-model SCL yang dikembangkan, adalah (1) conceptual chagne model (CCM), (2) problem-based learning (PBL), (3) project-based learning (PjBL), (4), nature of science (NOS), (5) group investigation (GI), dan (6) self regulated learning (SRL). Metode yang digunakan adalah research and development (R&D). Subyek penelitian adalah 2 orang ahli, 40 orang guru, dan 314 orang siswa SMA. Instrumen penelitian terdiri dari angket untuk uji ahli dan guru, tesdan angket untuk uji kelas (siswa). Data dianalisis secara deskriptif dan statistik uji kesamaan nilai rata-rata antara sebelum dan setelah implementasi model-model SCL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ahli isi, ahli media, dan ahli desain secara berturut-turut memberikan tanggapannya dengan kategori sesuai, sesuai, dan sangat baik. 2) Guru memberikan penilaiannya dengan kategori sangat baik dan baik. (3) Skor-skor pascates penalaran siswa secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan skor-skor prates.(4) Setelah implementasi, kualitas penalaran siswa bergerak dari kategori cukup,baik, dan sangat baik, sedangkan karakter siswa berkategori cukup dan baik. Jadi, model-model SCL telah memenuhi kriteria pengembangan dan dapat meningkatkan penalaran dan karakter siswa SMA.

Downloads

Published

2015-04-27

Issue

Section

Articles