PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS UMKM UNTUK MENGEMBANGKAN BUDAYA KEWIRAUSAHAAN DI PERGURUAN TINGGI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i1.4892Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan alternatif Model Pendidikan Kewirausahaan terpadu berbasis UMKM dalam usaha menumbuhkembangkan budaya kewirausahaan perguruan tinggi. Sistem Pendidikan Kewirausahaan dengan fasilitas perangkat pendukung yang tersedia untuk kegiatan tridarma PT didasarkan pada pemikiran bahwa peningkatan kompetensi perilaku berkarya lulusan perguruan tinggi erat kaitannya dengan upaya meningkatkan daya saing output di pasar kerja. Salah satu upaya yang dapat ditempuh adalah mengaitkan kompetensi utama program studi dengan program pengembangan budaya kewirausahaan yang melembaga. Dalam konteks kegiatan ini, budaya kewirausahaan mencakup penguasaan dasar konseptual dan prosedur mengimplementasikannya dalam kegiatan nyata di lokasi UMKM untuk menghasilkan produk karya cipta para pelaku kegiatan wirausaha. Kedua aspek itu kembangkan secara sistematik melalui kegiatan belajar yang berangkai dan berkesinambungan dalam disain blended learning dari teori ke aplikasi. Pengintegrasian kegiatan belajar melalui tatap-muka dan belajar melalui website (on-lines) dalam suatu kegiatan belajar itulah hal baru yang menjadi ciri khas kegiatan yang dilakukan dalam penelitian ini. Secara teoretik, rekayasa pengembangan mengikuti alur pendekatan sistem dan pemikiran teori belajar konstruktivistik yang disesuaiakan dengan prosedur kerja penelitian pengembangan. Isi bahan ajar dan urutan skenario kegiatan pembelajaran mengikuti alur model PATRIOT. Kegiatan pembelajaran dimulai dari proses pemahaman terhadap ajaran nilai dan karakter, dilanjutkan ke penguasaan dasar keilmuan (PAT), dan keterampilan untuk mengenali realitas, info-bisnis, dan obyek (RIO) bisnis di lapangan. Berbekal ketiga kompetensi dasar itulah, skenario pembelajaran difokuskan ke peningkatan capaian kompetensi perilaku berkarya dalam bentuk tindakan yaitu menyusun Rancana Bisnis jasa, dagang dan industri.
Prototipa kelima sub-domain itu didesain, diuji-coba, dan direvisi, serta diimplementasikan pada bidang garapan Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi sejalan dengan visi, misi dan karakteristiknya. Dari pekerjaan itu ditargetkan luaran produk yang bisa dicapai secara bertahap sebagai bagian dari sistem Manajemen Pendidikan Kewirausahaan. Produk itu berupa Model PKWU dengan 10 komponen fungsional dalam formula Epkwu: f → AKU PATRIOT, yang dapat diaplikasikan untuk menumbuh-kembangkan jiwa wirausaha mahasiswa melalui jalur UMKM. Hasil pengujian model di lapangan menunjukkan bahwa, ajaran nilai, konsep, prinsip dasar, aturan dan teori yang dipelajari dapat meningkatkan pemahaman, sedangkan pembelajaran tentang realitas, info, dan obyek UMKM meningkatkan kemampuan menyusun Rencana Usaha Sejenis setelah mahasiswa melakukan kegiatan praktek kerja di lapangan.Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)