IMPLEMENTASI SIOP BERBANTUAN MATHLET UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BILINGUAL

Authors

  • Gede Suweken

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i1.4915

Abstract

Sebenarnya penyelenggaraan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kinerja sekolah untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Selain itu, sekolah-sekolah dengan predikat RSBI juga diharapkan mampu menjadi wadah bagi siswa-siswa berkualitas dalam mempersiapkan diri agar mampu bersaing di era global. Karena tuntutan yang tinggi tersebut, maka sekolah yang biasanya ditunjuk menjadi sekolah penyelenggara RSBI adalah sekolah dengan siswa-siswa yang unggul, terutama secara akademik Ditinjau dari tujuan mulia ini, maka seharusnyalah best practice yang sudah terlaksana selama ini di sekolah-sekolah mantan RSBI diteruskan baik dengan maupun tanpa predikat RSBI. Namun demikian, kenyataan menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran matematika pada sekolah-sekolah tersebut masih jauh dari harapan. Penggunaan bahasa Inggris dalam pembelajaran juga masih sangat terbatas.  Sehingga diperlukan suatu inovasi pembelajaran yang mampu memadukan kedua tuntutan ini, yaitu bagaimana kita menyelenggarakan pembelajaran yang tidak hanya mampu meningkatkan penguasaan bidang studi tetapi juga penguasaan bahasa. Salah satu upaya yang bisa ditempuh adalah dengan mengimplementasikan SIOP dalam pembelajaran. Mengingat keterbatasan baik guru maupun siswa dalam pelaksanaan SIOP ini, maka pembelajaran harus dibantu dengan pemanfaatan media sehingga bagi siswa yang terkendala memahami konsep secara verbal bisa memahaminya melalui eksplorasi visual pada mathlet.

Downloads

Published

2015-04-27

Issue

Section

Articles