PELATIHAN MITIGASI BENCANA ALAM GEMPA BUMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PENGASTULAN KECAMATAN SERIRIT KABUPATEN BULELENG BALI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i1.4916Abstract
Gempa bumi merupakan salah satu peristiwa alam yang belum bisa diramalkan kejadiannya dan dapat menimbulkan kerugian material hingga merenggut korban nyawa manusia. Oleh karena itu, peristiwa gemba bumi perlu diinformasikan kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama kepada siswa sekolah dasasr (SD). Penelitian ini merupakan implementasi kurikulum Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi (MBAGB) yang bertujuan untuk memberikan pelatihan MBAGB kepada siswa SD dan mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang muncul dalam pelatihan. Dalam penelitian ini, dilibatkan sebanyak 55 orang siswa SD yang terdiri atas siswa kelas IV dan kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para siswa mengikuti pembelajaran secara sungguh-sungguh, baik dalam bentuk mendengarkan informasi yang diberikan maupun dalam latihan-latihan yang dipraktikan. Namun demikian, mereka mengalami hambatan dalam mengerjakan tes tertulis. Banyak siswa belum bisa memahami pertanyaan yang diberikan dan belum mampu mengomunikasikan pemahaman dan pengetahuannya secara tertulis. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar di SD proses pembelajaran membaca, menulis, dan menalar perlu ditingkatkan sesuai dengan tuntutan kurikulum.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)