PELATIHAN MITIGASI BENCANA ALAM GEMPA BUMI PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PENGASTULAN KECAMATAN SERIRIT KABUPATEN BULELENG BALI

I Wayan Subagia

Abstract


Gempa bumi merupakan salah satu peristiwa alam yang belum bisa diramalkan kejadiannya dan dapat menimbulkan kerugian material hingga merenggut korban nyawa manusia. Oleh karena itu, peristiwa gemba bumi perlu diinformasikan kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama kepada siswa sekolah dasasr (SD). Penelitian ini merupakan implementasi kurikulum Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi (MBAGB) yang bertujuan untuk memberikan pelatihan MBAGB kepada siswa SD dan mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang muncul dalam pelatihan. Dalam penelitian ini, dilibatkan sebanyak 55 orang siswa SD yang terdiri atas siswa kelas IV dan kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para siswa mengikuti pembelajaran secara sungguh-sungguh, baik dalam bentuk mendengarkan informasi yang diberikan maupun dalam latihan-latihan yang dipraktikan. Namun demikian, mereka mengalami hambatan dalam mengerjakan tes tertulis. Banyak siswa belum bisa memahami pertanyaan yang diberikan dan belum mampu mengomunikasikan pemahaman dan pengetahuannya secara tertulis. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar di SD proses pembelajaran membaca, menulis, dan menalar perlu ditingkatkan sesuai dengan tuntutan kurikulum.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i1.4916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)


Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: jpi_journal@undiksha.ac.id


Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.