PENGARUH PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL KE DALAM MATERI AJAR MATA KULIAH ILMU LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN SOFT SKILL MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FMIPA UNDIKSHA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i2.6061Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengintegrasian pendidikan karakter berorientasi kearifan lokal ke dalam materi ajar mata kuliah Ilmu Lingkungan untuk meningkatkan soft skill mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Undiksha. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan randomized pre-test and post-test control group design. Populasi target pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang ada di Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Undiksha, sedangkan populasi terjangkaunya adalah mahasiswa semester I yang mengikuti mata kuliah Ilmu Lingkungan. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester I yang terdiri atas tiga kelas. Dengan menggunakan teknik random sampling, diambil dua kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian. Dari dua kelas tersebut selanjutnya dirandom lagi untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dianalisis secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pengintegrasian pendidikan karakter berorientasi kearifan lokal ke dalam materi ajar mata kuliah Ilmu Lingkungan dapat meningkatkan soft skill mahasiswa di mana hasil penilaian setelah proses pembelajaran pada kelompok kontrol sebesar (13.03) dan pada kelompok eksperimen sebesar (23,62). Setelah diuji menggunakan independent t-test, nilai soft skill setelah pembelajaran menunjukkan perbedaan yang bermakna dengan nilai p<0,05. Simpulan yang dapat disampaikan adalah bahwa pengintegrasian pendidikan karakter berorientasi kearifan lokal ke dalam materi ajar mata kuliah Ilmu Lingkungan dapat berpengaruh peningkatan soft skill mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Undiksha.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)