SISTEM EVALUASI DAN KESIAPAN PELAKSANAAN PPL- REAL DI SEKOLAH MITRA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i2.6062Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis sistem evaluasi kompetensi profesional, pedagogik, sosial dan kepribadian mahasiswa dalam pelaksanaan PPL di sekolah mitra. (2) Untuk menganalisis kesiapan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan PPL di sekolah mitra. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, mahasiswa PPL, Dosen Pembimbing dan Guru Pamong. Subjek penelitian ditentukan secara purposif. Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode wawancara, dan penyebaran kuisioner. Untuk lebih meyakinkan perolehan data melalui kuesioner, maka pengumpulan data dilengkapi dengan wawancara terbimbing. Penyebaran angket dan wawancara dilaksanakan oleh tim peneliti. Pengambilan data dilaksanakan pada saat pelaksanaan PPL atau setelah mahasiswa memasuki tahap akhir latihan mandiri. Untuk menganalisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Luaran yang diharapkan dapat dihasilkan melalui penelitian ini secara lengkap dapat diuraikan sebagai berikut. a) Rancangan sederhana tentang sistem evaluasi pelaksanaan PPL Real, b) Buku Pedoman Pelaksanaan PPL yang lebih sempurna yang berdasarkan pada data dan fakta emperis, c) Artikel yang siap dipublikasikan pada jurnal nasional terakreditasi atau jurnal nasional lain yang telah memiliki ISSN.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)