PENGEMBANGAN MODEL DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF BERBASIS METODE QUANTUM WRITING
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i2.6065Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model dan perangkat pembelajaran menulis kreatif berbasis Metode Quantum Writing pada pendidikan vokasi S1-Terapan Politeknik Negeri Bali. Kajian ini dilakukan karena kemampuan mahasiswa untuk menulis masih kurang, padahal menulis merupakan bagian dari kemahiran berbahasa Indonesia. Objek kajian ini adalah proses pembelajaran menulis yang dilandasi dengan metode quantum writing di Politeknik Negeri Bali. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner dan selanjutnya dianalisis dengan uji t-tes sampel berpasangan. Pengembangan model pembelajaran ini menghasilkan sebuah buku ajar yang digunakan sebagai acuan dalam proses belajar- mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 85,81 % responden mengatakan bahwa buku ajar yang dikembangkan ini sangat layak untuk mendukung proses pembelajaran menulis. Hasil uji lapangan juga secara signifikan menunjukkan adanya peningkatan prestasi pebelajar. Hal ini dibuktikan dengan selisih nilai delta pretes dan postes pada kelas percobaan (0,15), lebih besar jika dibandingkan dengan selisih nilai delta kelas kontrol yang berjumlah 0,08. Untuk menguji kelayakan modul, uji validasi isi, media, dan design juga telah dilakukan. Hasilnya adalah sebagai berikut: validasi isi 82,05%, validasi media 89,58% , dan validasi design 85,42%. Selanjutnya untuk menyempurnakan buku ajar ini dilakukan revisi sesuai saran dan masukan validator.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)