PENGEMBANGAN MODEL DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF BERBASIS METODE QUANTUM WRITING

Authors

  • Ida Bagus Artha Adnyana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i2.6065

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model dan perangkat pembelajaran  menulis kreatif berbasis Metode Quantum Writing   pada  pendidikan vokasi S1-Terapan Politeknik  Negeri Bali. Kajian ini dilakukan karena kemampuan mahasiswa untuk menulis masih kurang, padahal menulis merupakan bagian dari kemahiran berbahasa Indonesia. Objek kajian ini adalah proses pembelajaran menulis yang dilandasi dengan metode quantum writing di Politeknik Negeri Bali.  Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kuesioner dan selanjutnya dianalisis dengan uji t-tes sampel berpasangan.  Pengembangan model pembelajaran ini menghasilkan sebuah buku ajar yang digunakan sebagai acuan dalam proses belajar- mengajar.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 85,81 % responden  mengatakan bahwa buku ajar yang dikembangkan ini sangat layak untuk mendukung  proses pembelajaran menulis.  Hasil uji lapangan juga secara signifikan menunjukkan adanya peningkatan prestasi pebelajar.  Hal ini dibuktikan dengan selisih nilai delta pretes dan postes  pada kelas percobaan (0,15), lebih besar jika dibandingkan dengan selisih nilai delta kelas kontrol yang berjumlah 0,08. Untuk menguji kelayakan modul, uji validasi isi, media, dan design  juga telah dilakukan.  Hasilnya adalah sebagai berikut: validasi isi 82,05%, validasi media 89,58% , dan validasi design 85,42%.  Selanjutnya untuk menyempurnakan buku ajar ini dilakukan revisi sesuai saran dan masukan validator.

Downloads

Published

2015-10-26

Issue

Section

Articles