PENGARUH PENGGUNAAN SIMULASI BINARY TREE BERBASIS CAI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DISKRIT MAHASISWA JURUSAN PTI UNDIKSHA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i1.6369Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan produk yang dihasilkan melalui pengujiansecara eksperimen, untuk mengetahui efektifitas produk terhadap tingkat penguasaan
konsep mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha. Rancangan penelitian
yang digunakan adalah quasi eksperimen menggunakan desain post test dengan kelompok
eksperimen dan kontrol yang tidak diacak. Hasil penelitian diperoleh bahwa respon
mahasiswa terhadap penggunaan sistem simulasi binary tree berbasis CAI dalam
perkuliahan matematika diskrit adalah positif dan Motivasi belajar mahasiswa masuk dalam
kategori tinggi. Pengujian rumusan hipotesis yang dilakukan dengan uji t (student) diperoleh
hasil bahwa t
erdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar mahasiswa yang
dibelajarkan menggunakan Media Simulasi binary tree berbasis CAI dengan mahasiswa
yang dibelajarkan tanpa menggunakan Media Simulasi binary tree berbasis CAI. Hal ini
menunjukkan bahwa simulasi binary tree berbasis CAI merupakan media yang efektif
digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dalam perkuliahan
matematika diskrit di jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha Singaraja.
Downloads
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)