PENGARUH PENGGUNAAN SIMULASI BINARY TREE BERBASIS CAI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DISKRIT MAHASISWA JURUSAN PTI UNDIKSHA

Authors

  • Ketut Agustini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i1.6369

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan produk yang dihasilkan melalui pengujian
secara eksperimen, untuk mengetahui efektifitas produk terhadap tingkat penguasaan
konsep mahasiswa jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha. Rancangan penelitian
yang digunakan adalah quasi eksperimen menggunakan desain post test dengan kelompok
eksperimen dan kontrol yang tidak diacak. Hasil penelitian diperoleh bahwa respon
mahasiswa terhadap penggunaan sistem simulasi binary tree berbasis CAI dalam
perkuliahan matematika diskrit adalah positif dan Motivasi belajar mahasiswa masuk dalam
kategori tinggi. Pengujian rumusan hipotesis yang dilakukan dengan uji t (student) diperoleh
hasil bahwa t
erdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar mahasiswa yang
dibelajarkan menggunakan Media Simulasi binary tree berbasis CAI dengan mahasiswa
yang dibelajarkan tanpa menggunakan Media Simulasi binary tree berbasis CAI. Hal ini
menunjukkan bahwa simulasi binary tree berbasis CAI merupakan media yang efektif
digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dalam perkuliahan
matematika diskrit di jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha Singaraja.  

Downloads

Issue

Section

Articles