PENGEMBANGAN ASESMEN PROYEK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kualitas hasil pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran IPA, (2) mengetahui efektivitas asesmen proyek dalam pembelajaran IPA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Model ADDIE terdiri atas lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Kelima tahapan model pengembangan ini, dijadikan acuan dalam memproduksi dan memvalidasi asesmen proyek yang dikembangkan. Validasi asesmen proyek dilakukan oleh satu ahli isi mata pelajaran, satu ahli desain pembelajaran, satu ahli asesmen Pembelajaran dan 29 siswa uji coba lapangan. Efektivitas asesmen proyek dilakukan oleh 29 siswa menggunakan desain penelitian pretest dan posttest. Data dikumpulkan dengan metode kuisioner dan tes. Dengan instrumen tes yang digunakan berupa tes objektif. Dalam analisis data, digunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial/induktif uji-t. Hasil penelitian ini adalah 1) kualitas hasil pengembangan asesmen menurut review ahli dan siswa yaitu: a) ahli bidang studi 96%; b) ahli desain pembelajaran 92%; c) ahli asesmen pembelajaran 94% yang semuanya tiga ahli pada kategori sangat baik serta d) uji coba lapangan 91,7% yang berada pada kategori sangat baik; 2) Efektivitas hasil pengembangan asesmen menunjukkan signifikansi yang diperoleh adalah thitung = 13,693 > ttabel =2,000. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan asesmen proyek.References
Agung, Anak Agung Gede. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: UNDIKSHA.
Depdiknas. (2006). Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan Permendiknas No. 24 Tahun 2006.
Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Pers
Khusniati, M. (2012). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 204–210. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2140
Koyan, I Wayan. 2012. Stastistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif: Universitas Pendidikan Ganesha Press
Listyawati , Ni Nym, M. S. D. N. S. (2013, July 3). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sd. Mimbar PGSD. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/779
Listyawati, M. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Di Smp. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 61–69.
M. Jaya Adi Putra, S. S. M. P. (2015, September 9). Pengaruh Peer Coaching Terhadap Praktek Pembelajaran Ipa Guru Sd (Studi Kuasi Eksperimen Sd Di Pekanbaru). Jurnal Primary. Retrieved From Http://Ejournal.Unri.Ac.Id/Index.Php/Jpfkip/Article/View/2817
Marhaeni, AAIN. 2007. Pembelajaran Inovatif dan Assessment Otentik dalam Rangka Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Produktif. http://www.undiksha.ac.id/elearning/staff/images/img_info/4/2-282.pdf. Download 05-01-2011
Megawati, T. A., Wiarta, I W., & Manuaba S. (2015) Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Penilaian Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Hasil Belajar Pengetahuan Matematika Siswa Kelas VIB SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1). 1-10. Tersedia pada ejurnal.undiksha.ac.id. Diaskses 28 Desember 2015
Morrison, JA, dan Estes, JC. 2007. Using Scientist and Real-World Scenario in Professional Development for Middle School Science Teacher. Journal of Science Teacher Education. 18 (2): 165-184.
Muslich, Masnur. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara
National Research Council. (1996). National Science Education Standard. Washington, DC: National Academy Press. http :// books .nap.edu/html /inquiryaddendum/ notice.html.
Purnamasari, J., Herpratiwi, H., & Kandar, S. (2015, January 9). Evaluasi Pembelajaran Ipa Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JTP/article/view/1551
Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014, October 9). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Cakrawala Pendidikan. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385
Rasyid, Harun dan Mansur. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV. Wacana Prima.
Rizal. (2014). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mind map terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan Sains, 2(4), 159–165. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jps
Rusnadi, D. P. P. N. W. A. (2013, July 5). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa. MIMBAR PGSD. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/881
Susiani, K., Dantes, N., & Tika, N. (2013, May 10). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio-Emosional Dan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Di Banyuning. Jurnal Pendidikan Dasar. Retrieved from http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/525
Tegeh, I Made dan I Made Kirna. 2010. Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Trisnani, I., Hasyim, A., & Djasmi, S. (2015, January 12). Evaluasi Program Pembelajaran Ipa. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JTP/article/view/4778
Uno. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuni dan Ibrahim. 2012. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama
Widiana I Wayan dan Jampel I Nyoman. 2016. Learning Model and Form of Assesment toward the Inferensial Statistical Achievement By Controlling Numeric Thingking Skills.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)