PENGEMBANGAN ASESMEN PROYEK DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kualitas hasil pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran IPA, (2) mengetahui efektivitas asesmen proyek dalam pembelajaran IPA. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Model ADDIE terdiri atas lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Kelima tahapan model pengembangan ini, dijadikan acuan dalam memproduksi dan memvalidasi asesmen proyek yang dikembangkan. Validasi asesmen proyek dilakukan oleh satu ahli isi mata pelajaran, satu ahli desain pembelajaran, satu ahli asesmen Pembelajaran dan 29 siswa uji coba lapangan. Efektivitas asesmen proyek dilakukan oleh 29 siswa menggunakan desain penelitian pretest dan posttest. Data dikumpulkan dengan metode kuisioner dan tes. Dengan instrumen tes yang digunakan berupa tes objektif. Dalam analisis data, digunakan analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial/induktif uji-t. Hasil penelitian ini adalah 1) kualitas hasil pengembangan asesmen menurut review ahli dan siswa yaitu: a) ahli bidang studi 96%; b) ahli desain pembelajaran 92%; c) ahli asesmen pembelajaran 94% yang semuanya tiga ahli pada kategori sangat baik serta d) uji coba lapangan 91,7% yang berada pada kategori sangat baik; 2) Efektivitas hasil pengembangan asesmen menunjukkan signifikansi yang diperoleh adalah thitung = 13,693 > ttabel =2,000. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan asesmen proyek.

References

Agung, Anak Agung Gede. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Singaraja: UNDIKSHA.

Depdiknas. (2006). Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan Permendiknas No. 24 Tahun 2006.

Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Pers

Khusniati, M. (2012). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Ipa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 204–210. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2140

Koyan, I Wayan. 2012. Stastistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif: Universitas Pendidikan Ganesha Press

Listyawati , Ni Nym, M. S. D. N. S. (2013, July 3). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sd. Mimbar PGSD. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/779

Listyawati, M. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Di Smp. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 61–69.

M. Jaya Adi Putra, S. S. M. P. (2015, September 9). Pengaruh Peer Coaching Terhadap Praktek Pembelajaran Ipa Guru Sd (Studi Kuasi Eksperimen Sd Di Pekanbaru). Jurnal Primary. Retrieved From Http://Ejournal.Unri.Ac.Id/Index.Php/Jpfkip/Article/View/2817

Marhaeni, AAIN. 2007. Pembelajaran Inovatif dan Assessment Otentik dalam Rangka Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Produktif. http://www.undiksha.ac.id/elearning/staff/images/img_info/4/2-282.pdf. Download 05-01-2011

Megawati, T. A., Wiarta, I W., & Manuaba S. (2015) Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Penilaian Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Hasil Belajar Pengetahuan Matematika Siswa Kelas VIB SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1). 1-10. Tersedia pada ejurnal.undiksha.ac.id. Diaskses 28 Desember 2015

Morrison, JA, dan Estes, JC. 2007. Using Scientist and Real-World Scenario in Professional Development for Middle School Science Teacher. Journal of Science Teacher Education. 18 (2): 165-184.

Muslich, Masnur. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara

National Research Council. (1996). National Science Education Standard. Washington, DC: National Academy Press. http :// books .nap.edu/html /inquiryaddendum/ notice.html.

Purnamasari, J., Herpratiwi, H., & Kandar, S. (2015, January 9). Evaluasi Pembelajaran Ipa Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JTP/article/view/1551

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014, October 9). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Cakrawala Pendidikan. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/2385

Rasyid, Harun dan Mansur. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV. Wacana Prima.

Rizal. (2014). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mind map terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan Sains, 2(4), 159–165. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jps

Rusnadi, D. P. P. N. W. A. (2013, July 5). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa. MIMBAR PGSD. Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/881

Susiani, K., Dantes, N., & Tika, N. (2013, May 10). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio-Emosional Dan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Di Banyuning. Jurnal Pendidikan Dasar. Retrieved from http://119.252.161.254/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/525

Tegeh, I Made dan I Made Kirna. 2010. Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Trisnani, I., Hasyim, A., & Djasmi, S. (2015, January 12). Evaluasi Program Pembelajaran Ipa. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JTP/article/view/4778

Uno. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyuni dan Ibrahim. 2012. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama

Widiana I Wayan dan Jampel I Nyoman. 2016. Learning Model and Form of Assesment toward the Inferensial Statistical Achievement By Controlling Numeric Thingking Skills.

Downloads

Published

2016-10-10

Issue

Section

Articles