PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS NILAI BUDAYA USING UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Fajar Surya Hutama Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8359

Keywords:

Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Budaya Using

Abstract

Produk bahan ajar IPS berbasis nilai budaya Using untuk siswa kelas IV SDN 01 Kemiri Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi dikembangkan berdasarkan KTSP SK 1 KD 1.4. Bahan ajar yang dibuat berupa modul belajar siswa dan modul panduan guru dengan judul “Keanekaragaman suku bangsa dan budaya”. Kelayakan produk bahan ajar berbasis nilai budaya Using diukur berdasarkan tingkat validitas, kemenarikan, keefektifan, dan keterterapan produk. Tingkat validitas diperoleh dari hasil uji validasi ahli, persentase validitas dari ahli bahasa untuk modul belajar siswa adalah 97,92% (sangat valid) dan modul panduan guru adalah 96,43% (sangat valid), persentase dari ahli desain untuk modul belajar siswa adalah 88,89% (sangat valid) dan modul panduan guru adalah  94,44% (sangat valid), dan persentase dari ahli isi untuk modul belajar siswa adalah 97,32% (sangat valid) dan modul panduan guru adalah  97,73% (sangat valid). Tingkat kemenarikan diukur dari uji coba perorangan yang mendapatkan skor 78,33% (cukup menarik) dan uji coba kelompok kecil memperoleh persentase skor 85,71% (menarik). Tingkat keefektifan bahan ajar diukur dari aktivitas belajar siswa yang mendapatkan persentase skor 91,56% (sangat aktif) dan hasil belajar siswa mendapatkan persentase skor 80,49% (tuntas). Tingkat keterterapan produk bahan ajar diukur berdasarkan angket tanggapan guru yang mendapatkan persentase skor 93,18% (sangat baik) untuk modul belajar siswa dan 89,29% (sangat baik) untuk modul belajar guru, sedangkan angket tanggapan siswa mendapatkan persentase skor 76,80% (cukup baik).

Author Biography

Fajar Surya Hutama, Universitas Jember

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Akbar, S. & Sriwiyana, H. 2011. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Malang: Cipta Media.

Amri, S. & Ahmadi I. K. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruhnya terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Anwar, S. (2014). Pengolahan bahan ajar. Bandung: UPI

Arifin, & Anwar, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Tema Udara Melalui Four Steps Teaching Material Development. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 1–11.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Arthur, E. Teori dan Konsep Pembelajaran. Tersaji dalam http://miftachr.blog.uns.ac.id/2010/01/teori-dan-konsep pembelajaran.html. (13 Mei 2010)

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Panduan

Farisi, M. I. (2001). Penggunaan Konsep Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan IPS. Jurnal Pendidikan, 2(2)(ISSN 1411 – 1942), 78–96.

Hasan S. Hamid. 1996. Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Hasan, Hamid. 2009. Pembelajaran Pendidikan IPS di Sekolah Dasar. dalam http://www.pembelajaran.wordpress.com/ Internet diakses tanggal 22 Maret 2014.

Hernowo. (2004). Langkah Mudah Membuat Buku yang menggugah. Bandung: MLC

Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan (Cetakan 1). Jember: Pena Salsabila.

Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan (Cetakan 1). Jember: Pena Salsabila. http://wvuecommerce. wvu. edu/ user. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Online. Dr. Naswan Suharsono, M.Pd, 1–13.

Lasmawan, Wayan. 2008. “Tujuan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar” Artikel., http://lasmawan.blogspot.com/2008/10/tujuan-pembelajaran-ips-disekolah.html diakses pada 12 Nopember 2012.

Lestari, I. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Akademi Permata.

Lestari, I. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Akademi Permata.

Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rodsakarya.

Morgan, S. R. A., Hessler, T, dan Kontad, M. (2007). Teaching Writing for Keeps. Education and Treatment of Childre Vol. 30, No. 3. Diambil pada tanggal 28 April 2014, dari

Muniarti, & Muslim, M. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Mekanika Berdasarkan Analisis Kompetensi . Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 1(2), 67–73.

Muslich, M. (2010). Text Book Writing. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Pangesti, F. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Berpikir (Kritis Dan Kreatif) Berbahasa Indonesia Sma Melalui Pembellajaran Lintas Mata Pelajaran. Universitas Negeri Malang, 1–11.

Pannen, Paulina Purwanto. (2001). Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: PAU PPAI. Ditjen Dikti. Depdiknas.

Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas

Piaget, J. & Inhelder, B. (2010). Psikologi Anak (terj.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.

Siswoyo, A. A. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Matematc Education (RME). Tesis Tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang Program Pascasarjana Prodi Dikdas.

Siswoyo, A. A. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Matematc Education (RME). Tesis Tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang Program Pascasarjana Prodi Dikdas.

Somantri, N. (2001). Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Stahl, E. (2008). Personal Epistemologies: Research [Online]. Tersedia di www//roedu.au/cgi/viewcontent.cgi. 2012

Sukadi. 2005. Pendidikan IPS Yang Powerful Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, No. 4 TH. XXXVIII Oktober 2005

Sukardi, H. M. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Sukardi, H. M. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Sunarya, Yayan. (2005). Pedoman penulisan Buku Ajar Kimia Berbasis Keterampilan Intelektual. Makalah disampaikan pada Pelatihan penulisan Buku Ajar progam Studi Pendidikan Kimia. FKIP Unsri.

Sutarno. 2007. Pendidikan Multikultural. Jakarta: Dirjen Dikti.

Sutarno. 2007. Pendidikan Multikultural. Jakarta: Dirjen Dikti.

Sutarto, A. 2006. “Sekilas Tentang Masyarakat Using”. Makalah Disampaikan Pada Acara Pembekalan Jelajah Budaya 2006 Yang Diselenggarakan Oleh Balai Kajian Sejarah Dan Nilai Tradisional Yogyakarta, Tanggal 7–10 Agustus 2006, Dari Www.Bpnb-Jogja.Info/Main/Themes/Images/Pdf/ Masyarakat_Using.Pdf, Diunduh 01 Juni 2015.

Toffler, A. (1980). The Tirth Wave. London: Pan Books, Ltd.

Downloads

Published

2016-10-10

Issue

Section

Articles