PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS NILAI BUDAYA USING UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8359Keywords:
Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Budaya UsingAbstract
Produk bahan ajar IPS berbasis nilai budaya Using untuk siswa kelas IV SDN 01 Kemiri Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi dikembangkan berdasarkan KTSP SK 1 KD 1.4. Bahan ajar yang dibuat berupa modul belajar siswa dan modul panduan guru dengan judul “Keanekaragaman suku bangsa dan budaya”. Kelayakan produk bahan ajar berbasis nilai budaya Using diukur berdasarkan tingkat validitas, kemenarikan, keefektifan, dan keterterapan produk. Tingkat validitas diperoleh dari hasil uji validasi ahli, persentase validitas dari ahli bahasa untuk modul belajar siswa adalah 97,92% (sangat valid) dan modul panduan guru adalah 96,43% (sangat valid), persentase dari ahli desain untuk modul belajar siswa adalah 88,89% (sangat valid) dan modul panduan guru adalah 94,44% (sangat valid), dan persentase dari ahli isi untuk modul belajar siswa adalah 97,32% (sangat valid) dan modul panduan guru adalah 97,73% (sangat valid). Tingkat kemenarikan diukur dari uji coba perorangan yang mendapatkan skor 78,33% (cukup menarik) dan uji coba kelompok kecil memperoleh persentase skor 85,71% (menarik). Tingkat keefektifan bahan ajar diukur dari aktivitas belajar siswa yang mendapatkan persentase skor 91,56% (sangat aktif) dan hasil belajar siswa mendapatkan persentase skor 80,49% (tuntas). Tingkat keterterapan produk bahan ajar diukur berdasarkan angket tanggapan guru yang mendapatkan persentase skor 93,18% (sangat baik) untuk modul belajar siswa dan 89,29% (sangat baik) untuk modul belajar guru, sedangkan angket tanggapan siswa mendapatkan persentase skor 76,80% (cukup baik).
References
Akbar, S. & Sriwiyana, H. 2011. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Malang: Cipta Media.
Amri, S. & Ahmadi I. K. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruhnya terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Anwar, S. (2014). Pengolahan bahan ajar. Bandung: UPI
Arifin, & Anwar, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Tema Udara Melalui Four Steps Teaching Material Development. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 1–11.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Arthur, E. Teori dan Konsep Pembelajaran. Tersaji dalam http://miftachr.blog.uns.ac.id/2010/01/teori-dan-konsep pembelajaran.html. (13 Mei 2010)
Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Panduan
Farisi, M. I. (2001). Penggunaan Konsep Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan IPS. Jurnal Pendidikan, 2(2)(ISSN 1411 – 1942), 78–96.
Hasan S. Hamid. 1996. Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Hasan, Hamid. 2009. Pembelajaran Pendidikan IPS di Sekolah Dasar. dalam http://www.pembelajaran.wordpress.com/ Internet diakses tanggal 22 Maret 2014.
Hernowo. (2004). Langkah Mudah Membuat Buku yang menggugah. Bandung: MLC
Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan (Cetakan 1). Jember: Pena Salsabila.
Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan (Cetakan 1). Jember: Pena Salsabila. http://wvuecommerce. wvu. edu/ user. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Online. Dr. Naswan Suharsono, M.Pd, 1–13.
Lasmawan, Wayan. 2008. “Tujuan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar” Artikel., http://lasmawan.blogspot.com/2008/10/tujuan-pembelajaran-ips-disekolah.html diakses pada 12 Nopember 2012.
Lestari, I. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Akademi Permata.
Lestari, I. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Akademi Permata.
Majid, A. (2008). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rodsakarya.
Morgan, S. R. A., Hessler, T, dan Kontad, M. (2007). Teaching Writing for Keeps. Education and Treatment of Childre Vol. 30, No. 3. Diambil pada tanggal 28 April 2014, dari
Muniarti, & Muslim, M. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Mekanika Berdasarkan Analisis Kompetensi . Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 1(2), 67–73.
Muslich, M. (2010). Text Book Writing. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Pangesti, F. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Berpikir (Kritis Dan Kreatif) Berbahasa Indonesia Sma Melalui Pembellajaran Lintas Mata Pelajaran. Universitas Negeri Malang, 1–11.
Pannen, Paulina Purwanto. (2001). Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: PAU PPAI. Ditjen Dikti. Depdiknas.
Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas
Piaget, J. & Inhelder, B. (2010). Psikologi Anak (terj.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.
Siswoyo, A. A. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Matematc Education (RME). Tesis Tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang Program Pascasarjana Prodi Dikdas.
Siswoyo, A. A. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Matematc Education (RME). Tesis Tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang Program Pascasarjana Prodi Dikdas.
Somantri, N. (2001). Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Stahl, E. (2008). Personal Epistemologies: Research [Online]. Tersedia di www//roedu.au/cgi/viewcontent.cgi. 2012
Sukadi. 2005. Pendidikan IPS Yang Powerful Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja, No. 4 TH. XXXVIII Oktober 2005
Sukardi, H. M. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Sukardi, H. M. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Sunarya, Yayan. (2005). Pedoman penulisan Buku Ajar Kimia Berbasis Keterampilan Intelektual. Makalah disampaikan pada Pelatihan penulisan Buku Ajar progam Studi Pendidikan Kimia. FKIP Unsri.
Sutarno. 2007. Pendidikan Multikultural. Jakarta: Dirjen Dikti.
Sutarno. 2007. Pendidikan Multikultural. Jakarta: Dirjen Dikti.
Sutarto, A. 2006. “Sekilas Tentang Masyarakat Using”. Makalah Disampaikan Pada Acara Pembekalan Jelajah Budaya 2006 Yang Diselenggarakan Oleh Balai Kajian Sejarah Dan Nilai Tradisional Yogyakarta, Tanggal 7–10 Agustus 2006, Dari Www.Bpnb-Jogja.Info/Main/Themes/Images/Pdf/ Masyarakat_Using.Pdf, Diunduh 01 Juni 2015.
Toffler, A. (1980). The Tirth Wave. London: Pan Books, Ltd.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)