ANALISIS IMPLEMENTASI SOCIAL NETWORK SERVICE DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNTUK MENDUKUNG IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TEKNOHUMANISTIK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8482Keywords:
Social Network Sites, Pemanfaatan SNS, SNS di Perguruan TinggiAbstract
Social Network Sites (SNS) adalah produk terbaru ICT yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran di jaman sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan SNS yang digunakan oleh dosen dan mahasiswa di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian campuran. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dengan lembar observasi dan pemberian kuesioner dengan memberikan kuesioner kepada mahasiswa. Responden pada penelitian ini adalah 20 dosen dan 100 mahasiswa JPBI. Hasil menunjukan bahwa jumlah dosen yang menggunakan SNS masih sangat sedikit dan jenis SNS yang digunakan tidak beragam. Hasil lainnya adalah mahasiswa menggunakan SNS tidak hanya untuk tuntutan oleh dosen tetapi juga untuk keperluan pembelajaran mereka dikarenakan kesadaran mereka akan pentingnya SNS bagi pembelajaran mereka. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa jumlah dosen yang menggunakan SNS untuk perkuliahan masih sangat sedikit sedangkan mahasiswa kerap menggunakan SNS untuk menunjang pembelajaran mereka.
References
Abao, E. de L., Boholano, H. B. & Dayagbil, F.T. (2015). Engagement to Social networking: Chalengges and Opportunities to Educators. European Scientific Journal 11 (16). Hal. 173-191
Bicen, Huseyin & Uzunboylu, Huseyin. (2013). The Use of Social Networking Sites in Education; A Case Study of Facebook. Journal of Universal Komputer Science, 19 (5). Hal. 658-671.
Brady, K. P., Holcomb, L. B., & Smith, B. V. (2010). The Use of Alternative Social Networking Sites in Higher Educational Settings: A Case Study of the E-Learning Benefits of Ning in Education. Journal of Interactive Online Learning, 9 (2). Hal. 151-170.
Dantes, Nyoman. (2014). Landasan Pendidikan: Tinjauan dari Dimensi Makropedagogis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Doghmi, A.A., Shalabi, H.A., Odeh, J.M., Andraws, S., Awajan, A., & Alrabea, A.I. (2013). The Academic Use of Social networks among University Students in Jordan. International Journal of Komputer Science Issues. 10(5). Hal. 134-142.
Fori, Emmanuel. (2016). The Effects of Social Networking Sites on the Academic Performance of the Engineering Students in the University of Maiduguri State, Nigeria. IJCSI International Journal of Computer Science Issues.13(1). Hal. 76-85.
Khedo, K.K., Ally, S.M.R., Suntoo, R. & Mocktoolah, A. (2012). Case Studies on the Use of Online Social Networking in Formal Education. International Journal of Komputer Application. 45(8). Hal. 21-26.
Labus, A., Simic, K., Barac, D. Zrakic, M. D. & Radenkovic, M. (2012). Integration of Social network Services in E-Education Process. Metalurgia International 17(7). Hal. 161-169.
Menteri Pendidikan dan kebudayaan republic Indonesia. (2013). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 tahun 2013: Standar proses Pendidikan dasar dan Menengah. Menteri Hukum dan Ham Republik Indonesia. Hal 1-13
Mundiri, Akmal. (2012). Pendidikan Teknohumanistik berbasis Core Ethical Value. Jurnal At-Tajdid 1(1). Hal. 37-47
Prensky, Marc. (2001). Digital Natives, Digital Immigrants. On the Horizon 9 (5). Hal 1-6.
Srivastava, Preeti. (2012). Social Networking & Its Impact on Education-System in Contemporary Era. International Journal of Information Technology Infrastructure, 1(2). Hal.11-18.
Stanciu, A., Mihai F., & Aleca O. (2012). Social Networking as an Alternative Environment for Education. Accounting and Management Information Systems, 11 (1). p. 56-75.
Tariq, W., Mehboob, M., Khan, M.A., Ullah, F. (2012). The Impact of Social media and Social Networks on Education and Students of Pakistan. IJCSI International Journal of Computer Science Issues. 9(3). Hal. 407-411.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)