MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING COMPOSITION BERPOLA LESSON STUDY MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8493Keywords:
cooperatif integrated reading comporation, lesson study, keterampilan membaca, keteranpilan menulisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas IV SD N 3 Kampung Anyar dengan menerapkan model pembelajaran CIRC dengan pola Lesson Study. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara bertahap dan multisiklus untuk mendapatkan hasil terbaik. Setiap siklus terdiri atas refleksi awal, dilanjutkan dengan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD N 3 Kampung Anyar pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 selama kurang lebih delapan bulan dari bulan April hingga bulan November 2016. Pada penelitian ini, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N 3 Kampung Anyar sebanyak 14 orang. Data keterampilan membaca dan menulis siswa diperoleh dengan menggunakan tes keterampilan berbahasa. Adapun hasil dari penelitian ini adalah ((1) rata-rata keterampilan membaca siswa yang pada siklus I sebesar 67, pada siklus II peningkat mencapai 76, (2) rata-rata keterampilan menulis siswa yang pada siklus I sebesar 69, pada siklus II peningkat mencapai 79, (3) pada siklus 1 skor keterampilan membaca siswa dengan kategori “baik” dan “sangat baik” hanya mencapai 57,1 %, pada siklus II meningkat menjadi 92,9%, (4) pada siklus I, keterampilan menulis siswa dengan kategori “baik” dan “sangat baik” hanya 64,3 %, pada siklus II meningkat secara signifikan mencapai 92,9%. Berdasarkan temuan-temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran CIRC dengan pola Lesson Study mampu meningkatkan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas IV SD N 3 Kampung Anyar Tahun Pelajaran 2016/2017References
Akhadiah M.K., Sabarti, Maidar G. Arsjad, dan Sakura H. Ridwan. 1991. Bahasa Indonesia.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Auzar. (2012). Keberkesanan penggunaan perisian asas membaca. GEMA Online Journal of Language Studies, 12(2), 629–644.
Cerbin, W. & Kopp, B. 2006. Lesson Study as a Model for Building Pedagogical Knowledge and Improving Teaching.
Crawley, S.J. & Mountain, L. 1995.Strategies for Guiding Content Reading. Boston: Allyn and Bacon.
Darmiyati Zuchdi dan Budiasih (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS
Depdiknas, (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.
Farida Rahim. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar .Jakarta: Bumi Aksara.
Henry Guntur Tarigan. (2008). Membaca: sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. 18(3): 250-257.
Megalia, Suci Prima Ayu. 2013. Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa. Tesis. Bandung: Universitan Pendidikan Indonesia.
Nambiar, R. 2005. Language learning and language use strategies for academic letracy: Towards a theoretical and pedagogical model of language learning. Tesis Ph.D. Universiti Kebangsaan Malaysia, Bangi.
Nur, Mohamad. 2008.Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Unesa
Pearson, P. D., and R. J. Tierney. 1984. “On becoming a thoughtful reader: Learning to read like a writer.” In Purves and Niles 1984.
Roselan Baki. (2003). Pengajaran dan pembelajaran penulisan bahasa Melayu. Shah Alam: Karisma Publications Sdn. Bhd.
Samsu Somadayo. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: GrahaIlmu.
Slavin, Robert E. 2008. Cooprative Learning, Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Suhor, C. 1984. Report on trends and issues in English: A summary of report from the NCTE Commisions. 10pp. ED 239 290.
Tarigan, Henry Guntur. 1990. Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progesif. Jakarta: Kencana.
Wilson, R.M. & Gambrell, L.B. 1998.Reading comprehension in the elementary school: A teacher’s pratical guide. Newton, MA: Allyn and Bacon.
Yahya Othman. (2005). Trend dalam pengajaran Bahasa Melayu. Bentong: PTS Publications & Distributors Sdn. Bhd.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)