EVALUASI PROGRAM SERTIFIKASI KOMPUTER PADA UNIVERSITAS TEKNOLOGI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL CSE-UCLA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8586Keywords:
CSE-UCLA, Sertifikasi Komputer, Evaluasi ProgramAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan program sertifikasi komputer pada Universitas Teknologi Indonesia. Penelitian ini tergolong penelitian evaluatif dengan menggunakan model CSE-UCLA yang terdiri dari komponen system assesment, program planning, program implementation, program improvement dan program certification. Subjek penelitian ini terdiri dari: kepala laboratorium, tim pengelola sertifikasi, dan mahasiswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif untuk menganalisis persentase tingkat efektivitas tiap-tiap komponen dalam model CSE-UCLA dan deskriptif kualitatif untuk menganalisis kendala-kendala yang menyebabkan hasil evaluasi tidak sesuai dengan standar keberhasilannya. Hasil evaluasi program sertifikasi komputer pada Universitas Teknologi Indonesia menunjukkan bahwa rata-rata tingkat efektivitas pelaksanaan program pada komponen system assesment sebesar 84,73%, program planning sebesar 83,87%, program implementation sebesar 85,24%, program improvement sebesar 84,17%, dan program certification sebesar 84,75%. Dengan melihat rata-rata hasil evaluasi pelaksanaan program sertifikasi komputer pada Universitas Teknologi Indonesia secara keseluruhan yaitu sebesar 84,55% maka tingkat efektivitas pelaksanaan program tergolong kategori baik.
References
Rosyanda, D. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis, Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Kencana Pronada Media.
Oriondo, L. Layola, dan E.M.D. Antonio. 1998. Evaluating Educational Outcoms. Manila: Rex Book Store.
Sukardi, H.M. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Djaali dan P. Mulyono. 2004. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
Mardapi, D. 2012. Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan.Yogyakarta: Nuha Medika.
Tayibnapis, F.Y. 2000. Evaluasi Program. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suryanto, Adi, A. Gafur, dan F.X. Sudarsono. 2013. Model Evaluasi Program Tutorial Tatap Muka Universitas Terbuka. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 17(2): 198-214.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)