MISKONSEPSI DALAM MATERI IPA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8588Keywords:
miskonsepsi, IPA SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang terjadi pada calon guru dalam materi IPA di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memaparkan lebih dalam mengenai jenis miskonsepsi yang terjadi. Subjek dalam penelitian ini adalah calon guru SD. Jumlah subjek yang dijadikan responden adalah 64 orang, yang terdiri dari 44 orang calon guru perempuan dan 20 orang laki-laki. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. (1) terjadi miskonsepsi dalam berbagai konsep IPA di sekolah dasar, (2) konsep-konsep yang dominan mengalami miskonsepsi dengan persentase lebih dari 60% adalah (a) konsep zat-zat yang diperlukan dalam proses fotosintesis tumbuhan hijau, b) konsep fotosintesis membutuhkan cahaya, 3) konsep massa jenis zat, dan 4) konsep gerak jatuh bebas.
References
Akbas, Y & Gencturk, E. 2011. The Effect of Conceptual Change Approach to Eliminate 9th Grade High School Students’ Misconceptions about Air Pressure. Educationals Sciences: Theory & Practice, 2217-2222
Amien. 1990. Pemetaan Konsep: Suatu Tehnik untuk Meningkatkan Belajar yang Bermakna. Mimbar Pendidikan Tahun IX, 55-69.
Cakir, M. 2008. Constructivist Approaches to Learning in Science and Their Implications for Science Pedagogy: A Literature Review. International Journal of Environmental & Science Education, 3 (4), 193-206
Degeng, I N. S. 2013. Ilmu pembelajaran: Klasifikasi variable untuk pengembangan teori dan penelitian. Bandung: Aras Media
Fowler dan Jaoude. 1987. Using hierarchichal concept /proposition maps to plan instruction that addresses existing and potential student misunderstanding in science. New York: Cornell University.
Gagne, R.M. 1985. The Condition of Learning and Theory of Instruction. New York: CBS College Publishing.
Hershey, D. R. 2004. Avoid misconceptions when teaching about plants. Actionbioscience.org.http://www.actionbioscience.org/education/hershey.html (diakses 31 Oktober 2015)
Howe, A. C. 1993. A Vygotskian Perspective on Teaching for Conceptual Change. In The Proceedings of the Third International Seminar on Misconceptions and Educational Strategies in Science and Mathematics, Misconceptions Trust: Ithaca, New York.
Laksana, D.N L. 2014. Profil Pemahaman Konsep IPA Guru-Guru Kelas Sekolah Dasar di Kabupaten Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 1 (1), 15-26.
Longfield, J. 2009. Discrepant Teaching Events: Using an Inquiry Stance to Address Students’ Misconceptions. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 21 (2), 265-271
Novak. 1987. Proceeding of the second international seminar misconcepsition and educational strategies in Science and Mathematics. New York: Cornell University
Reigeluth, C.M. & Carr-Cheliman, A.A. 2009. Theories for Different Outcomes of Instruction. Dalam C.M. Reigeluth, & A.A. Carr-Cheliman (Eds.), Instructional-Design Theories and Models: Building a Common Knowledge Base, Vol. 3 (hal. 195-197), New York: Routledge.
Sadia, I W. 2001. Pengembangan Buku Ajar IPA Pendidikan Dasar Berwawasan Sains-Teknologi-Masyarakat (Studi Pembelajaran IPA Menuju Siswa Yang Literasi Sains dan Teknologi). Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Singaraja: STKIP Singaraja
Seraphin, K.D., Philippoff, J., Kaupp, L. & Vallin, L.M. 2012. Metacognition as means to increase the effectiveness of inquiry-based science education. Science Education International, 23 (4), 366-382
Setiawati, G.A.D. 2011. Kajian Miskonsepsi dalam Materi Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Ganesha Tahun Pelajaran 2010/2011. Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Suparno, P. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT Grasindo.
Suryanto. 1997. Pemahaman guru Sekolah Dasar (SD) terhadap Konsep konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA): Suatu diagnosis adanya miskonsepsi. Laporan Penelitian (Tidak diterbitkan) Jakarta: Pusat Penelitian Universitas Terbuka
Timur, S. 2012. Preschool Teachers Concerning the Subject “Force and Motion”. Educationals Sciences: Theory & Practice, 3038-3049
Yuliati, L. 2007. Miskonsepsi dan Remediasi Pembelajaran IPA. Buku Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)