PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS MIND MAPING SD KELAS III KABUPATEN NGADA FLORES
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8590Keywords:
Media Pembelajaran, Tematik, Mind MappingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penyebab media pembelajaran tematik yang belum terdesain dengan tepat d kelas III SD Kab Ngada, (2) mendesain media pembelajaran tematik berbasis mind mapping yang dapat di terapkan di kelas III SD Kab Ngada, (3) mengetahui tanggapan guru terhadap media pembelajaran tematik berbasis mind mapping yang diterapkan di kelas III SD Kab Ngada. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model ADDIE. Metode ini memiliki lima tahap yaitu: 1) Tahap Analisis (Analysis), 2) Tahap Desain (Design), 3) Tahap pengembangan (development), 4) Implementasi (Implementation) 5) Tahap evaluasi. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media pembelajaran tematik berbasis mind maping belum tersusun dikarenakan masih minimnya pemahaman guru SD tentang pembuatan media mind maping di kabupaten Ngada. 2) Hasil pengembangan media dari uji pakar menunjukkan kategori baik dengan skor 54, sedangan respon guru memberikan skor 58 pada kategori baik terhadap media yang telah dikembangkan. Dengan demikian media pembelajaran tematik berbasis mind maping dapat digunakan guna pelaksanaan pembelajaran di SD kabupaten Ngada.
References
Anglada, D. 2007. An Introduction to Instructional Design: Utilizing a Basic Design Model. (Online) melalui http://www.pace.sdu/ctlt/newsletter, diakses 17 Januari 2014.
Ariana, Monica. (2012). Mind Mapping And Brainstorming As Methods Of Teaching Business Concepts In English As A Foreign Language. Academica Science Journal Psychologica Series. No. 1. 2012
Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
........ 2008. Buku Pintar Mind Map. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Darusman, Rijal. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol.3 No.2
Dhey, michael and branch, robert maribe. 2009. Educational Media and Techology Year book. Newyork: Springer
Jensen. Eric dan Karen Makowitz. 2002. Otak Sejuta Gygabite: Buku Pintar Membangun Ingatan Super. Bandung : Kaifa.
Koyan, 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Undiksha
Olivia, Femi. 2008. Gembira Belajar dengan Mind Mapping. Jakarta: Gramedia.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2006. Jakarta. Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Porter. De Bobbi dan Hernacki. 1999. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Saleh, Andi. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAND dengan Teknik Mind Mapping terhadap Kreativitas Siswa Kelas XII IPA SMA Se-Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan. Disajikan pada seminar nasional biologi, Surabaya, tanggal 19 januari 2013
Trianto. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Yildirm, Zahide. 2007. Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Merril Prentice hall
Zampetakis, Leonidas A and Tsironis, Loukas. (2007). “Creativity development in engineering education: the case of mind mapping”. Journal of Management Development. Vol. 26 No. 4, pp. 370-380.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)