PENGARUH TEKS SANGKALAN TERHADAP PENCAPAIAN KONSEP SISWA TENTANG HUKUM PERTAMA DAN KETIGA NEWTON
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8931Keywords:
teks sangkalan, teks ekspositori, dan pencapaian konsepAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh pengajaran yang menggunakan teks-teks sangkalan terhadap pencapaian konsep siswa tentang hukum I dan III Newton, dibandingkan dengan pengajaran yang menggunakan teks ekspositori. Sampel penelitian ini terdiri atas 73 orang siswa kelompok eksperimen dan 85 orang kelompok kontrol. Selama pengajaran hukum I dan III Newton pengajaran menggunakan teks sangkalan diberikan kepada kelompok eksperimen, sedangkan pengajaran menggunakan teks ekspositori diberikan pada kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah gain skor ternormalisasi (g) pencapaian konsep siswa. Data dikumpulkan dengan tes penguasaan konsep dengan indek reliablitas r=0,65 dan dianalisis dengan Uji Man Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata gain skor ternormalisasi ( ) siswa kelompok eksperimen adalah 0,54 dengan SD= 0,128 yang termasuk dalam kategori sedang, sedangkan kelompok kontrol adalah 0,16 dengan SD=0,104, yang termasuk dalam kategori rendah. (2) persentase kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang memiliki konsep ilmiah masing-masing naik rata-rata 39,45% dan 12,65%. (2) uji Man Withney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pencapaian konsep antara siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.References
Alwan, A.A. (2011). Misconception of heat and temperature Among physics student. Procedia Social and Behavioral Sciences 12 (2011) 600–614
Brougton, S.H., Sinatra, G.M., dan Reynolds, R.E. (2010). The Nature of the Refutation Text Effect: An Investigation of Attention Allocation. Education and Leadership, School of at DigitalCommons@USU Utah State University.
CETINGUL, I. & GEBAN, O. (2011). Using conceptual change text with analogies for misconception in acid and bases. Hecettepe Universitesi Egitim Facultesi Dergisi (H.U Journal of Education), 41, 112-123.
Guzzeti, B.J., Snyder,T.E., Glass, G.V., and Gamas, W.S. (1993). Meta-analiysis of instructional interventions from reading education and science education to promote conceptual change in science. Reading Research Quarterly, 28, 116-161.
Lee, G, et al. (2003). Development of an instrument for measuring cognitive conflict in secondary-level scince classes. Journal of Research in Science Teaching, 40. 585-603.
OECD. (2007d). PISA 2006 scinece competencies for tomorrow’s world. Vol 1. Paris, France: OECD.
ONDER,I. & GEBAN, O. (2006). The effect of conceptual change text oriented instruction on students’ understanding of solubility equilibrium concept. H.U. Journal of Education, 30, 166-173.
Osborne, R.J. & Wittrock, M.C. (1983). Learning Science: A generative process. Science Education, 67. 489-508.
OZKAN, G. (2013). The use of conceptual change texts as class material in the teaching of “sound” in physics. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, Volume 14, Issue 1, Article 11, p.1.
Palmer, D.H. (2003) Investigating the relationship between refutation text and conceptual change. Science Education, 87, 663-684.Posner, G.J., Strike, K.A.,Hewson, P.W., & Gertzog, W.A. (1982). Acommodation of a scientific conception. Toward a theory of conceptual change. Science Education, 66. 211-227.
Posner, G.J., Strike, K.A.,Hewson, P.W., & Gertzog, W.A. (1982). Acommodation of a scientific conception. Toward a theory of conceptual change. Science Education, 66. 211-227
Sadia, I. W., Subratha, Wirta, Suma, K., Suastra,W. (1996). Pengaruh strategi conceptual change dala pembelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) (Suatu studi pembelajaran IPA dalam pendangan konstruktivisme). STKIP Singaraja. Laporan Penelitian. Tidak dipublikasikan.
Subratha, N., dkk. (2003). Pembelajaran Fisika Berbasis Rekontruksi Pengetahuan Kognitif dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar. Laporan Penelitian. Tidak dipublikasikan. IKIP Singaraja.
Subratha, N. dan Suma, K. (2013). Pengembangan Teks-Teks Sangkalan (Refutation Text) Untuk Meremidi Miskonsepsi Siswa SMA Tentang Mekanika. Bagian I. Laporan Penelitian. Tidak dipublikasikan.
Hake, R.R. (1998). Interactive Engagement v.s Traditional Methods: Six –Thousand Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics. Vol. 66. No.1.
Subratha, N. dan Suma, K. (2013). Pengembangan Teks-Teks Sangkalan (Refutation Text) Untuk Meremidi Miskonsepsi Siswa SMA Tentang Mekanika. Bagian II. Laporan Penelitian. Tidak dipublikasikan.
Sungur, S., Tekkaya, C., & Geban, O. (2001). The contribution of conceptual change texts accompanied by concept mapping to students’ understanding of the human circulatory system. School Science and Mathematics, 101, 91–101.
Suma, K. (1994). Konsepsi siswa tentang energy (Studi kasus dalam pandangan paradigm konstruktivisme pada SMP negeri 1 Singaraja). STKIP Singaraja. Laporan Penelitian. Tidak dipublikasikan.
Suma, K. (1997). Pengaruh penerapan siklus belajar terhada perubahan konsepsi siswa dan penguasan konten dinamika gerak lurus di SMU. Laporan Penelitian. Tidak dipublikasikan. STKIP Negeri Singaraja.
Suma, K. (1998). Penerapan Buku Tekas dan demonstrasi sebagai strategi conceptual change dalam pembelajaran optika geometri. Laporan Penelitian. Tidak dipublikasikan.STKIP Negeri Singaraja
Suma, K. (2002). Pengaruh kegiatan laboratorium konstruktivis terhadap penguasaan konsep dan perubahan konsepsi mahasiswa tentang arus searah. Laporan Penelitian. Tidak dipublikasikan. IKIP Negeri Singaraja.
Suma, K., dkk. (2011). Analisis penguasaan siswa terhadap kompetensi dasar mata pelajaran yang di-UNkan dan alternative pemecahan masalahnya. (Studi Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan di Kabupaten Gianyar dan Bangli). Laporan Penelitian Pemetaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan. Tidak dipublikasikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)