PENGARUH MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KEMAMPUAN DASAR SENAM LANTAI PADA MAHASISWA JURUSAN PENJASKESREK UNDIKSHA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8932Keywords:
Model Pembelajaran, Media pembelajaran, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan perbedaan hasil belajar kemampuan dasar senam lantai yang signifikan antara model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan model pembelajaran Student Teams-Achievement Devision (STAD). (2) menjelaskan perbedaan hasil belajar kemampuan dasar senam lantai antara mahasiswa yang belajar dengan media VCD dan media gambar. (3) menjelaskan pengaruh interaktif antara model dan media pembelajaran terhadap hasil belajar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 6 kelas yang terdiri dari 156 mahasiswa. Sampel diambil 4 kelas dengan cara simple random sampling. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dan dianalisis dengan ANACOVA faktorial 2×2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat perbedaan hasil belajar kemampuan dasar senam lantai yang signifikan antara model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan model pembelajaran Student Teams-Achievement Devision (STAD) (F = 64.805; p<0.05), dimana hasil belajar kemampuan dasar senam lantai pada mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran Student Teams-Achievement Devision (STAD), (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara media pembelajaran VCD dengan media pembelajaran gambar terbukti pada nilai (F= 52.577; p<0.05), (3) terdapat pengaruh interaktif antara media dan model pembelajaran terhadap hasil belajar kemampuan dasar senam lantai terbukti pada nilai (F= 88.185; p<0.005).References
Cirtha, I W. 2012. Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VI dengan penerapan pembelajaran konstektual berbantuan media CD interaktif dilengkapi bahasa isyarat di SLB-B Negeri Singaraja. Tesis Program Pasca Sarjana. Program Studi Teknologi Pembelajaran Undiksha Singaraja.
Chikmiyah, C. & Sugiarto, B. 2012.Relationship between metacognitive knowledge and student learning outcomes through cooperative learning model type think pair share on buffer solution matter. Unesa Journal of Chemical Education. 1(1).55-61. Tersedia pada:http: //ejournal. unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemicaleducation/ article/ciew/ 155/91
Eslamian, D, Aref, K. & Aref, K. 2012.The influence of cooperative learning on academic performance.Journal of American Science.8 (2). 200-203. Tersedia pada:http://www. netwebelites olutions.com/Whitepapers/netwebcoopchinese.pdf.
Husdarta. 2000. Manajemen pendidikan jasmani. Bandung: Alfabeta
Isjoni. 2010. Cooperatif learning efektifitas pembelajaran kelompok. Bandung: Alfabeta.
Isjoni, H. 2011. Pembelajaran kooperatif.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kian, T. Neo, M. Kwok, J, W. Tan, J, Y. Lai, H, C. & Zarina, E, C. 2012. Designing multimedia content to foster active learning in a malaysian classroom.Australian Journal of Educational Technology.28(5). 857-880. Tersedia pada: http://connection. ebscohost.com/carticles/83767429/mice-2-0designin g-multimedia-content-fosteractive-learning-malaysian class room
Longe, I. M. 2012.Effects of video compact disc (VCD) based instructions on students’ learning outcomes in an introductory technology class in nigerian secondary schools.African Journal of Computing & ICT. 5(4). 69-72. Tersedia pada :http://www.aocict. net/uploads/Paper 9 Longe_ Ibukun Effects_of_Video Compact_Disc VCD Based_ Instructions_On_ Students%E2%80%99_Learning_AJOCICT Vol_5 No 4 June 2012.pdf
Nejadghanbar, H. & Mohammadpour, L. 2012.On the effect of interest-oriented student team achievement divisions on the reading comprehension achievement of English as a foreign language.Journal of Academic and Applied Studies.2(11). 21-23. Tersedia pada: http://www. academians. org/Articles/November2012-3.pdf
Oloyode, E. O, Adebowale, O. F, & Ojo, A. A. 2012. The effects of competitive, cooperative, and individualistic classroom interaction models on learning outcomes in mathematics in nigerian senior secondary schools.International Scholary Research Network. Tersedia pada: http://www. Hindawi.com/isrn/ education/2012/26381/
Sugiyono, 2009.Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. 2009. Mendisain model pembelajaran inovatif progresif: Konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Tristiantari, N. K. D. 2013. Pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap kemampuan berbicara dan keterampilan berpikir kreatif pada siswa kelas V sekolah dasar negeri III kecamatan seririt. Tesis. Program Pasca Sarjana. Program Studi Pendidikan Dasar Undiksha Singaraja.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)