ERGONOMI DALAM PEMBELAJARAN MENUNJANG PROFESIONALISME GURU DI ERA GLOBAL

Authors

  • Pande Wayan Mustika I Made Sutajaya SMP Negeri 3 Tegalalang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8933

Keywords:

ergonomi, pembelajaran, dan profesionalisme guru

Abstract

Di era global persaingan semakin keras dan ketat yang disertai dengan munculnya permasalahan yang semakin kompleks. Hal yang sama juga terjadi pada proses pembelajaran, sehingga profesionalisme guru perlu ditingkatkan. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah melalui pemahaman terhadap prinsip-prinsip ergonomi dalam pembelajaran. Tujuan penulisan adalah: (1) mengkaji pemahaman terhadap prinsip-prinsip ergonomi dalam pembelajaran sangat diperlukan di dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru; (2) mengkaji peranan prinsip-prinsip ergonomi dalam pembelajaran yang harus dipahami oleh seorang guru untuk meningkatkan profesionalismenya; dan (3) mengetahui kendala yang dihadapi dalam mensosialisasikan prinsip-prinsip ergonomi dalam pembelajaran guna meningkatkan profesionalisme guru. Melalui telaah kajian pustaka ditelusuri prinsip-prinsip ergonomi yang relevan diterapkan dalam pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa para guru saat ini belum memahami prinsip-prinsip ergonomi yang relevan dalam pembelajaran. Akan tetapi melalui tulisan ini diingatkan agar para guru wajib menerapkan prinsip-prinsip ergonomi dalam pembelajaran agar siswa yang belajar tetap sehat, aman, nyaman, efektif, dan efisien energi. Dengan demikian dapat disimpulkan: (1) pengetahuan guru mengenai prinsip-prinsip ergonomi dalam pembelajaran sangat relevan di dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru; (2) pemahaman guru mengenai peranan prinsip-prinsip ergonomi dalam pembelajaran dan dampak yang ditimbulkan oleh sarana dan prasarana yang tidak ergonomik dapat menambah wawasannya dalam upaya pengelolaan kelas; dan (3) kendala yang dihadapi dalam mensosialisasikan prinsip-prinsip ergonomi dalam pembelajaran dapat dijadikan tantangan sekaligus peluang dalam penerapan ergonomi di sekolah.

References

Antari, N.N.M. 2004. Penggunaan One Way Screen dalam Ruang Pelatihan Mikro Konseling dapat Menurunkan Kecemasan Berkonsultasi pada Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling IKIP Negeri Singaraja. Tesis. Denpasar: Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Dul, J. and B. Weerdmeester. 1993. Ergonomic for Beginners A Quick Reference Guide. London: Taylor & Francis.

Gamez, L & Cybis, W.A. 1998. An Ergonomic Approach to Educational Software Evaluation. In: Scott, P.A; Bridger,R.S.; Chartevis, J. Global Ergonomic. Amsterdam: Elsevier.p.601-605.

Grandjean, E. 1988. Fitting the Task to the Man. London: Taylor & Francis.

Helander, M.G & Lo Shuan. 2005. Reducing Design Complexxity Will Improve Usability in Product Design. In Proceeding of Seaes IPS Conference, 23 – 25 May. Bali. Indonesia. p. 6-10.

Manuaba, A. 2003 a. Penerapan Ergonomi Meningkatkan Produktivitas. Makalah. Denpasar: Bagian Ilmu Faal Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Manuaba, A. 2003 b. Total Ergonomic Approach to Enhance and Harmonize The Development of Agriculture, Tourism and Small Scale Industry, with Special Reference to Bali. Dalam: Purwanto, W., Sugema, L.l., dan Ushada, M. editors. Prosiding Seminar Nasional Ergonomi. Yogyakarta: Perhimpunan Ergonomi Indonesia dan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada. p.16 - 21.

Manuaba, A. 2003 c. Optimalisasi Aplikasi Ergonomi dan Fisiologi Olahraga dalam Rangka Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja dan Prestasi Atlet. Makalah. Disampaikan pada Seminar Nasional Ergonomi dan Olahraga di Universitas Negeri Semarang, 12 April.

Manuaba, A. 2004 a. Membangun Desa Tanaman Hias Petiga melalui Tiga Sektor Potensial Ekonomi Bali Secara Harmoni dalam Rangka Pembangunan Bali Berlanjut. Makalah. Denpasar: Bali-HESG, Bagian Fisiologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana.

Manuaba, A. 2004 b. Kontribusi Ergonomi dalam Pembangunan, dengan Acuan Khusus Bali. Dalam: Purwanto, W., Mulyati, G.T., dan Saroyo, P. Yogyakarta: Perhimpunan Ergonomi Indonesia dan Jurusan Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada. p 160 – 165.

Nala, N. 1994. Penerapan Teknologi Tepat Guna di Pedesaan. Denpasar: Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Udayana.

Olszewski, J. 1998. Ergonomics for Work System Creating. In: Scott, P.A; Bridger,R.S.; Chartevis, J. Global Ergonomic. Amsterdam: Elsevier.p.449-451.

Pasiak, T. 2007. Brain Management for Self Improvement. Penerbit Mizan: Bandung.

Partadjaja, T.R. 2004. Aplikasi Program Kesehatan Sekolah (UKS) melalui Perbaikan Sistem Pencahayaan dan Pengembangan Media Pembelajaran Matematika terhadap Ketelitian, Kecepatan Kerja dan Konstansi Siswa di Kelas V SD 1 dan SD 2 Guwang Sukawati Gianyar. Tesis. Denpasar: Program Pascasarjana Universitas Udayana.

Strasser, H. 1998. Task and Objektives of Ergonomics in Academic Training and Research. In: Scott, P.A; Bridger,R.S.; Chartevis, J. Global Ergonomic. Amsterdam: Elsevier.p.791-794.

Sutajaya, I M. 2001a. Perbaikan Kondisi Kerja Mengurangi Beban Kerja dan Gangguan pada Sistem Muskuloskeletal Mahasiswa dalam Menggunakan Mikroskop di Laboratorium Biologi STKIP Singaraja. Majalah Kedokteran Udayana (Udayana Medical Journal) Vol. 32 No. 114. Oktober 2001.

Sutajaya, I.M. 2001b. Ergonomic Participatory Approach in Teaching-Learning Model of Human Anatomy and Physiology Used Teaching Material Suplement Based on Science and Technology Society Approach in Biologi Study Program STKIP Singaraja. In: Sutajaya, I M. editor. Proceeding National-International Seminar on Ergonomic-Sports Physiology. Bali: Udayana University Press.p.14-18.

Sutajaya, I M. 2006. Pembelajaran Melalui Pendekatan Sistemik Holistik Interdisipliner dan Partisipatori (SHIP) Mengurangi Kelelahan, Keluhan Muskuloskeletal, dan Kebosanan serta Meningkatkan Luaran Proses Belajar Mahasiswa Biologi IKIP Singaraja. Disertasi. Denpasar: Program Pascasarjana Universitas Udayana

Sutajaya, I.M. 2009a. Peranan Ergonomi dalam Pembelajaran. Orasi Ilmiah pada Pengenalan Guru Besar Universitas Pendidikan Ganesha.

Sutajaya, I.M. 2009b. E-Learning yang ENASE. Makalah disampaikan pada Lokakarya LP3 Universitas Pendidikan Ganesha.

Sutjana, I D.P., Sutajaya, I.M. , Tunas, K. dan Suardana, I.P.G.E. 2004. Penerapan Model Pembelajaran Fisiologi Berbasis Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) Mengacu Materi Ergonomi Meningkatkan Hasil Belajar dan Peran Aktif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Makalah. Denpasar: Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Velasco, ,A.L. 2002. Value Engineering as An Ergonomics Tool to Measure Benefits of Ergonomic Interventions. Jurnal Ergonomi Indonesia (The Indonesian Journal of Ergonomics), 3 (2,12): 55-58.

Downloads

Published

2016-04-18

Issue

Section

Articles