ANALISIS SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN TINGKAT AKREDITASI DI KOTA TARAKAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8934Keywords:
Sarana Prasarana, Akreditasi, Standar Nasional Pendidikan, Sekolah DasarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sarana dan prasarana pendidikan sekolah dasar di Kota Tarakan berdasarkan tingkat akreditasinya dan menganalisis kesesuaiannya berdasarkan permen 24 tahun 2007. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel sekolah berdasarkan akreditasi sekolah, yaitu sekolah akreditasi A, B dan C, yaitu SDN 028 (Akreditasi A), SDN 013 Tarakan (Akreditasi B) dan SDN 021 Tarakan (Akreditasi C). Hasil yang diperoleh yaitu secara keseluruhan sarana prasarana di sekolah dasar layak, kesesuaian sarana prasarana sekolah dasar 80,9% untuk SDN 028 Tarakan (Akreditasi A), 78,7% untuk SDN 013 Tarakan (Akreditasi B) dan 55,3% untuk SDN 021 Tarakan (Akreditasi C) mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia no 24 tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA).
References
Amirin, Tatang M. 2011. “Pengertian sarana dan prasarana pendidikan.” tatangmanguny.wordpress.com
Anisawati, D. (2011, December 9). Hubungan Kondisi Dan Penggunaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dengan Keefektifan Pembelajaran Di Smk Negeri Se-Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM. Retrieved from http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ASP/article/view/15168
Bianti, H, dkk. 2012. Pengaruh sarana prasarana dan cara belajar siswa Terhadap prestasi belajar siswa.ejournal.unesa.ac.id/article/8391/99/article.pdf (diakses pada 15 November 2016)
Bsnp-Indonesia, tanpa tahun.Standar sarana dan prasarana.www.bsnp-indonesia.org. Diakses tanggal 19 September 2016.
Darmawan, B. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pelopor Pendidikan, 6(2), 93–102. Retrieved from http://www.stkippgrismp.ac.id/jurnal-pelopor-pendidikan-4/
Fajriana, D.E. 2014. Pengaruh kualitas input, kompetensi guru, Sarana prasarana sekolah dan motivasi belajar Terhadap prestasi belajar siswa sman Pada mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2009/ 2010 di situbondo. Jurnal pedagogy vol. 01 no. 01 tahun 2014. ISSN 2354-6948
Gunawan, Ary H. 1996. Administrasi Sekolah “Administrasi Pendidikan Mikro” Jakarta : Rineka Cipta
Handayani, N. 2016. Dampak penerapan manajemen sarana Prasarana di daerah pesisir SDN 016 Tarakan. Skripsi. Tidak Dipublikasikan.
Ibrahim, B. (2004). Manajemen perlengkapan sekolah: Teori dan aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.
Lunenburg, F.C. (2010). School facilities management. National Forum Of Educational Administration & Supervision Journal. 27, 1-7.
Megasari, R. (2014). Peningkatan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Administrasi Pendidikan, 2, 1–13.
Mulyasa, E. (2004). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi, dan implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Musa, M.F.,& Zarita, A. (2012). Higher education physical assets and facilities. Journal of Procedia - Social and Behavioral Sciences, 50, 472 – 478.
Nelasari. 2012 Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Kebidanan Indonesia.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 4 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA).
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Rosivia. 2014. Peningkatan pengelolaan sarana prasarana pendidikan di smp negeri 10 padang. Jurnal administrasi pendidikan Volume 2 Nomor 1, Juni 2014 Halaman 661 ‐ 831
Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Santosa, Joko. 2011. Hubungan Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, Dampak Sertifikasi Guru,Iklim Sekolah, Dan Motivasi Berprestasi Guru dengan Kinerja Guru pada SMK Negeri di Malang Raya. Disertasi.
Susanto, R., & Sudira, P. (2016). Evaluasi Sarana Dan Prasarana Praktik Teknik Komputer Dan Jaringan Di Smk Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 54–65. Https://Doi.Org/10.21831/Jpv.V6i1.8115
Timilehin, E.H. (2012). School facilities as correlates of students’ achievement in the affective and psychomotor domains of learning. European Scientific Journal, 8, 208-215.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Indnesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)