ANALISIS SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH DASAR BERDASARKAN TINGKAT AKREDITASI DI KOTA TARAKAN

Muhsinah Annisa, Firima Zona Tanjung, Ridwan Ridwan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sarana dan prasarana pendidikan sekolah dasar di Kota Tarakan berdasarkan tingkat akreditasinya dan menganalisis kesesuaiannya berdasarkan permen 24 tahun 2007. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel sekolah berdasarkan akreditasi sekolah, yaitu sekolah akreditasi A, B dan C, yaitu SDN 028 (Akreditasi A), SDN 013 Tarakan (Akreditasi B) dan SDN 021 Tarakan (Akreditasi C). Hasil yang diperoleh yaitu secara keseluruhan sarana prasarana di sekolah dasar layak, kesesuaian sarana prasarana sekolah dasar 80,9% untuk SDN 028 Tarakan (Akreditasi A), 78,7% untuk SDN 013 Tarakan (Akreditasi B) dan 55,3% untuk SDN 021 Tarakan (Akreditasi C) mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia no 24 tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA).


Keywords


Sarana Prasarana; Akreditasi; Standar Nasional Pendidikan; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Amirin, Tatang M. 2011. “Pengertian sarana dan prasarana pendidikan.” tatangmanguny.wordpress.com

Anisawati, D. (2011, December 9). Hubungan Kondisi Dan Penggunaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dengan Keefektifan Pembelajaran Di Smk Negeri Se-Kabupaten Tulungagung. Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan - Fakultas Ilmu Pendidikan UM. Retrieved from http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ASP/article/view/15168

Bianti, H, dkk. 2012. Pengaruh sarana prasarana dan cara belajar siswa Terhadap prestasi belajar siswa.ejournal.unesa.ac.id/article/8391/99/article.pdf (diakses pada 15 November 2016)

Bsnp-Indonesia, tanpa tahun.Standar sarana dan prasarana.www.bsnp-indonesia.org. Diakses tanggal 19 September 2016.

Darmawan, B. (2014). Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pelopor Pendidikan, 6(2), 93–102. Retrieved from http://www.stkippgrismp.ac.id/jurnal-pelopor-pendidikan-4/

Fajriana, D.E. 2014. Pengaruh kualitas input, kompetensi guru, Sarana prasarana sekolah dan motivasi belajar Terhadap prestasi belajar siswa sman Pada mata pelajaran ekonomi tahun ajaran 2009/ 2010 di situbondo. Jurnal pedagogy vol. 01 no. 01 tahun 2014. ISSN 2354-6948

Gunawan, Ary H. 1996. Administrasi Sekolah “Administrasi Pendidikan Mikro” Jakarta : Rineka Cipta

Handayani, N. 2016. Dampak penerapan manajemen sarana Prasarana di daerah pesisir SDN 016 Tarakan. Skripsi. Tidak Dipublikasikan.

Ibrahim, B. (2004). Manajemen perlengkapan sekolah: Teori dan aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Lunenburg, F.C. (2010). School facilities management. National Forum Of Educational Administration & Supervision Journal. 27, 1-7.

Megasari, R. (2014). Peningkatan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Administrasi Pendidikan, 2, 1–13.

Mulyasa, E. (2004). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, strategi, dan implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musa, M.F.,& Zarita, A. (2012). Higher education physical assets and facilities. Journal of Procedia - Social and Behavioral Sciences, 50, 472 – 478.

Nelasari. 2012 Pengaruh Sarana Prasarana Pendidikan dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Kebidanan Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 4 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA).

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Rosivia. 2014. Peningkatan pengelolaan sarana prasarana pendidikan di smp negeri 10 padang. Jurnal administrasi pendidikan Volume 2 Nomor 1, Juni 2014 Halaman 661 ‐ 831

Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Santosa, Joko. 2011. Hubungan Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, Dampak Sertifikasi Guru,Iklim Sekolah, Dan Motivasi Berprestasi Guru dengan Kinerja Guru pada SMK Negeri di Malang Raya. Disertasi.

Susanto, R., & Sudira, P. (2016). Evaluasi Sarana Dan Prasarana Praktik Teknik Komputer Dan Jaringan Di Smk Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 54–65. Https://Doi.Org/10.21831/Jpv.V6i1.8115

Timilehin, E.H. (2012). School facilities as correlates of students’ achievement in the affective and psychomotor domains of learning. European Scientific Journal, 8, 208-215.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8934

Article Metrics

Abstract view : 6463 times
PDF file view : 14802 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Indonesia


Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: jpi_journal@undiksha.ac.id


Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI) is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.