HASIL BELAJAR DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)

Authors

  • Loli Jasdilla UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
  • Uus Kuswendi UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
  • Sony Ramdhani UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9253

Keywords:

learning outcomes, IPS, cooperative, TPS

Abstract

The objectives of this research is to improve social science outcomes by using Think Pair Share (TPS) for the fourth grade in elementary school. This research is classroom action research. The procedure of this research conducted planning, acting, observation, and reflection. Subject of this research was 22 students for the fourth grade in SD 20 Kalumbuk, Padang. Techniques of collecting data were using test and observation. Data analyzed by using thematic analysis. Data validated by using triangulation, member checking, and reflecivity. The students’ learning outcomes improved from 76,75% into 89,67% (very good). The result of this research shows that cooperative model of Think Pair Share (TPS) type can improve social science outcomes for the fourth grade students of elementary school.

References

Alwasilah, C. 2009. Pokoknya kualitatif dasar-dasar merancang dan melakukan penelitian kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.

Anggraeni, D. 2010. Peningkatan kualitas pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada siswa kelas IV SD Negeri Sekaran 01 Semarang. Kreatif Jurnal Pendidikan Dasar, 1 (2), 194-205.

Arikunto, S., Suhardjono, dan Supardi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, Arini Esti. dkk. 2009. Kajian Ilmu Pengetahuan Sosial. Salatiga: Widya Sari.

Beck, D., & Eno, J. 2012. Signature pedagogy: A literature review of social studies and technology research. Computers in the Schools, 29, 70–94.

Cohen, L., Manion, L., and Marrison, K. 2007. Research in education sixth edition. Newyork: Routledge.

Creswell, J.W. 2013. Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, J.W. 2015. Riset pendidikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif dan kuantitatif edisi kelima. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. 2009. Handbook of qualitative research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2006. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Etin Solihatin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Etin, S., dan Raharjo. 2007. Cooperative learning analisis model pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Fathoni, A. 2011. Metodologi penelitian & teknik penyusunan skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Isjoni. 2007. Integrited learning. Pekanbaru: Falah Production.

Junaedi, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Edisi Pertama. Surabaya: LAPIS-PGMI.

Kunandar. 2007. Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan kemandirian guru dan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa. 2010. Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan kemandirian guru dan kepala sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Natalliasari, I .2013. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan pemecahan masalah matematis siswa MTs. [Online]. Diakses dari http://repository.ut.ac.id/1230/

National Council for the Social Studies. 2008. Curriculum guidelines for social studies teaching and learning: A position statement of the National Council for the Social Studies. [Online]. Retrieved from http://www.socialstudies.org/system/files/files/Curriculum Guidelines SocialStudies Teaching and Learning.pdf

Naughton, G.M & Hughes, P. 2009. Doing action research in early childhood studies: A step by step guide. USA: Open University Press.

Nursid Sumaatmadja. (1984). Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan.

Putra, N. dan Dwilestari, N. 2012. Penelitian kualitatif PAUD pendidikan anak usia dini. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2012. Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sahrudin. 2011. Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS). Tersedia pada http://www.sriudin.com/2011/07/model-pembelajaran-think-pair-and-share.html diakses pada tanggal 19 januari 2013

Saidihardjo.(2005). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta : Depdiknas

Subastian, T. 2015. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun siswa sekolah dasar. Skripsi: UPI, Tidak diterbitkan.

Sudjana, N. 2009. Penilaian hasil belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sutrisno, T. 2016. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan media visual dalam peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas III di SDN 7 Kutosari tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Kalam Cendekia, 4 (6.1), 730-734.

Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran Dalam Pembangunan Nasional. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif dan Progresif konsep dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Trianto. 2011. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta:Pernada Media Group.

Vaughn, S., dkk. 2013. Improving reading comprehension and social studies knowledge in middle school. Reading research quarterly, 48 (1), 77-93.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Pendekatan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Widiaastuti dan Ali K. tt. Grand Kamus Inggris-Indonesia Indonesia-Inggris. Surabaya: Apollo.

Wright, V. H. , & Wilson, E. K. 2009. Using techno logy in the social studies classroom: The journey of two teachers. Journal of Social Studies Research, 33,133-154.

Yatim, R. 2010. Paradigma baru pembelajaran sebagai referensi bagi guru/ pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. 2010. Jakarta: Pernada Media Group.

Downloads

Published

2017-03-23

Issue

Section

Articles