PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Fitri Wahyuning Universitas Negeri Yogyakarta
  • Erfan Priyambodo Universitas Negeri Yogyakarta
  • S. Sugeng SMA N 1 Wates

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.12973

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Think Pair Share pada pembelajaran kimia dapat meningkatkan keterampilan berargumentasi dan motivasi belajar siswa di SMA N 1 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan berargumentasi siswa dan motivasi belajar siswa. Persentase peningkatan observasi keterampilan berargumentasi pada siklus II aspek claim terjadi peningkatan sebesar 12,02 % dari siklus I dan evidence terjadi peningkatan sebesar 12,74 %, sedangkan untuk aspek reason dikategorikan sedang meskipun sudah terjadi peningkatan 29,57%. Persentase peningkatan pada siklus III terjadi sebesar 15,63% pada aspek claim, sebesar 12,74% aspek evidence dan reason terjadi peningkatan sebesar 18,7%. Persentase minat siswa, semangat siswa, tanggung jawab siswa, respon terhadap stimulus, serta rasa senang dan puas secara berturut-turut mengalami persentase peningkatan sebesar 9,81%, 6,34%, 6,73%, 6,73%, dan 5,71%.

Abstract

The purpose of this class action research is to find out whether the application of Think Pair Share learning models in chemistry learning can improve the argumentation skills and students' learning motivation in Wates N 1 High School. This research is a classroom action research conducted in three cycles, wherein each cycle consists of planning, action , observations, and reflections. The results of the study show that the application of Think Pair Shared learning models can improve students' argumentation skills and student motivation. The percentage increase in observation of argumentation skills in the second cycle of the claim aspect increased by 12.02% from the first cycle and the evidence increased by 12.74%, while for the reason aspect was categorized as moderate even though there had been an increase of 29.57%. The percentage increase in cycle III occurred by 15.63% in the claim aspect, by 12.74% in the evidence and reason aspect an increase of 18.7%. The percentage of student interest, student enthusiasm, student responsibility, response to stimulus, and feeling of pleasure and satisfaction respectively experienced a percentage increase of 9.81%, 6.34%, 6.73%, 6.73%, and 5.71%.

References

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Jayadiningrat, Made Gautama, and Emirensia K. Ati. "Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kimia." Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 2.1 (2018): 1-7.

Kemmis, S dan Mc. Taggart, R. (1990). The Action Research Reader. Third Edition (substantially revised). Victoria: Deakin University Pers

McNeill, K.L., & Krajcik, J. (2006). Middle School Students’ Use of Appropriate and Inappropriate Evidence in Writing Scientific Explanations. Proceedings of the 33rd Carnegie Symposium on Cognition.

Miles, M., & Huberman A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Song, Y., & Deane, P. (2014). A CaseStudyin Principled Assessment Design: Designing assessments to Measure and Support the Development of Argumentative Reading and Writing Skills. Psicologia Educativa.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Surayya, Lina, et al. "Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia 4.1 (2014).

Sutiman, S., Wiyarsi, A. & Priyambodo,E. (2014). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Filsafat Ilmu.Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(1), 51-64.

Sunarto, Wisnu, Woro Sumarni, and Eli Suci. "Hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajaran metode Think-Pair-Share dan metode ekspositori." Jurnal inovasi pendidikan kimia 2.1 (2008).

Wiyarsi, A. & Priyambodo, E. (2011). Efektivits Penerapan Penilaian Proyek (Project based Assessment) pada Pembelajaran Kimia terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Ketuntasan Belajar Kimia Siswa SMA di Sleman. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNESA 2011

Downloads

Published

2019-09-18

How to Cite

Wahyuning, F., Priyambodo, E., & Sugeng, S. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERARGUMENTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 46–51. https://doi.org/10.23887/jpk.v3i1.12973

Issue

Section

Articles