IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS X PADA TOPIK REAKSI REDOKS

Authors

  • Ni Ngh. Sangging Apriadi
  • I Wayan Redhana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16617

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada topik reaksi redoks serta mendeskripsikan sumber miskonsepsi siswa pada topik reaksi redoks. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa adalah metode CRI (Certainty of Response Index) yang dimodifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang disertai kriteria CRI, observasi dan wawancara. Data yang diperoleh berupa persentase miskonsepsi siswa, transkrip wawancara dan observasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami miskonsepsi dalam (1) menentukan bilangan oksidasi berdasarkan jumlah atom yang terdapat dalam molekul atau ion; (2) elektron yang terlepas saat terjadinya oksidasi adalah elektron yang berada di sekitar atau di dekat inti atom; (3) reaksi pada katoda adalah reaksi oksidasi; (4) reaksi pada anoda baterai adalah reaksi redoks; (5) pembentukan ion negatif pada saat reduksi terjadi karena elektron pada atom berkurang; (6) menentukan nama senyawa tidak sesuai dengan bilangan oksidasi; (7) reduktor adalah zat yang mengalami oksidasi; (8) oksidator adalah zat yang mengalami reduksi; (9) muatan ion sama dengan nol; (10) reaksi redoks sama dengan reaksi autoredoks (11) sumber miskonsepsi siswa adalah kemampuan siswa, penalaran, guru, dan LKS.

References

Kusumawati, I., Enawaty, E., & Lestari, I. (2014). Miskonsepsi Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Sambas

pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(6).

Purtadi, S & Permana, S. (2012). Analisis Miskonsepsi Konsep Laju dan Kesetimbangan Kimia pada

Siswa SMA. Proseding Seminar Nasional MIPA.

Sudarmo, U. (2009). Miskonsepsi Siswa SMA terhadap Konsep-Konsep Kimia. Makalah disajikan

pada Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia, Surabaya.

Suparno, P. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.

Tekkaya, Ceren. (2002). Misconceptions as Barrier to understanding Biology. Hacettepe University

Egitim Fakultesi Dergisi. Vol 23. Hal 259-266.

Downloads

Published

2019-01-24

How to Cite

Apriadi, N. N. S., & Redhana, I. W. (2019). IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS X PADA TOPIK REAKSI REDOKS. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 70–77. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16617

Issue

Section

Articles