STUDI KOMPARASI PENERAPAN TINGKATAN PEMBELAJARAN INKUIRI (LEVELS OF INQUIRY) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KIMIA PADA SISWA DENGAN PENGETAHUAN AWAL BERBEDA

Authors

  • Salim . MAN Sampang
  • Siti Rasyida Hidayati MAN Sampang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v4i2.27118

Keywords:

tingkatan pembelajaran inkuiri (Levels of inquiry), pengetahuan awal, penguasaan konsep kimia

Abstract

Penelitian ini bertujuan membandingkan penerapan tingkatan pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan penguasaan konsep kimia pada pengetahuan awal siswa yang berbeda. Kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diberikan prates dan pascates, pada sebelum dan sesudah penerapan tingkatan pembelajaran inkuiri. Sampel penelitian adalah Siswa kelas X  sebanyak tiga kelas secara acak dengan Teknik cluster random sampling. Masing-masing kelas mendapatkan perbedaan perlakuan berdasarkan tingkatan pembelajaran inkuiri. Kelompok eksperimen 1 diterapkan pembelajaran inkuiri tingkat 3, kelompok eksperimen 2 diterapkan pembelajaran inkuiri tingkat 4 dan kelompok kontrol diterapkan pembelajaran inkuiri tingkat 2. Data pengetahuan awal diperoleh dari nilai kimia pada penilaian akhir semester (PAS) sebelumnya. Instrumen tes berupa soal obyektif pilihan ganda dengan reliabilitas  tes sebesar 0,76. Analisa data menggunakan uji ANOVA. Penelitian ini menyimpulkan: (1) pembelajaran inkuiri tingkat 2, tingkat 3, dan tingkat 4 berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan penguasaan konsep, (2)  pengetahuan awal berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan konsep, (3)Tidak ada interaksi tingkatan pembelajaran inkuiri dan pengetahuan awal terhadap peningkatan penguasaan konsep. (4) Pembelajaran inkuiri tingkat 3 lebih efektif daripada tingkat 2 dan tingkat 4 dalam meningkatkan penguasaan konsep pada pengetahuan awal siswa yang berbeda.

ABSTRACT

This study aims to compare the application of inquiry learning levels to increasing mastery of chemical concepts in different students' initial knowledge. The control group and the experimental group were given pre-test and post-test, before and after the application of inquiry learning levels. The sample of the research were determined by three classes randomly using the cluster random sampling technique. Each class gets different treatment based on the level of inquiry learning. The experimental group 1 applied level 3 inquiry learning, the experimental group 2 applied level 4 inquiry learning, and the control group applied to level 2 inquiry learning. Preliminary knowledge data were obtained from chemical values at the end of the semester assessment before. The test instrument was in the form of multiple-choice objective questions with test reliability of 0.76. Data analysis uses the ANOVA test. This study concludes: (1) level 2, level 3 and level 4 inquiry learning influence the improvement of concept mastery, (2) initial knowledge significantly influences mastery concept, (3) There is no interaction of the level of inquiry learning and initial knowledge with increasing mastery of concepts. (4) Level 3 inquiry learning is more effective than level 2 and level 4 in increasing the mastery of concepts in different students' initial knowledge.

Author Biographies

Salim ., MAN Sampang

Guru MAN Sampang

Siti Rasyida Hidayati, MAN Sampang

Guru MAN Sampang

References

Adlim, M., Wilyta, I., & Hasan, M. (2017). Model Analisis Penyebab Rendahnya Penguasan Konsep Yang Diuji Dalam Ujian Nasional. Jurnal Pencerahan, 11(1), 15–27. https://doi.org/https://doi.org/10.13170/jp.11.1.8103

Atiyah, A., & Nugroho, A. S. (2020). Peningkatan Penguasaan Konsep Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V SDN 1 Randuagung Melalui Model Pembelajaran Inkuiri. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 4(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v4i1.1507

Effendi, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran ECIRR Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Sains, 4(3), 113–121. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jps.v4i3.8190

Effendy. (2017). Molekul, Struktur, dan Sifat-Sifatnya. Indonesian Academic Publishing.

Fatwa, M. W., Harjono, A., & Jamaluddin. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses dan Penguasaan Konsep Sains Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v4i1.572

Hairani., Dasna, I. W., & Koeshandayanto, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mind Mapping Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP Kelas VII Pada Pengetahuan Awal Berbeda. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(2).

Hanson, R., Taale, K. D., & Antwi, V. (2011). Invertigating Senior High School Students Conceptions of Introductory Chemistry Concepts. International Journal of Educational Administration, 3(1), 41–57.

Hardianti, T., & Kuswanto, H. (2015). The Many Level Of Inquiry: Differences In Effectiviveness To Improve Learning Outcomes And Process Skills Of Learning Physic In Senior High School. Proceeding of International Seminar on Science Education. Yogyakarta State University. https://doi.org/https://repository.stkipgetsempena.ac.id/bitstream/426/1/ISSE-2015.pdf#page=505.

Hardianti, T., & Kuswanto, H. (2017). Difference Among Levels of Inquiry: Process Skill Improvement at Senior High School in Indonesia. International Journal of Instruction, 10(2), 119–130. https://doi.org/https://doi.org/10.12973/IJI.2017.1028A

Hasrida Danial, M., & Salempa, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemampuan Awal Terhadap Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Maniangpajo (Studi Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit). Chemistry Education Review (CER) Pendidikan Kimia PPs UNM, 1(2), 44–57. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5611

Intan, K. P. S., Sholikhan, & Jufriadi, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbingterhadap Pemahaman Konsep Fisika Di Tinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP ULM Banjarmasin. https://doi.org/http://snpfmotogpe.ulm.ac.id/proceeding/index.php/snpf/article/view/50

Iswatun, I., Mosik, M., & Subali, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan KPS dan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14871

Jannah, S. N., Doyan, A., & Harjono, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Problem Posing Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Terhadap Penguasaan Konsep Siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(1). https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.29303%2Fjppipa.v2i1.29

Kean, E., & Ziddlecamp, C. (1985). Panduan Belajar Kimia Dasar. Gramedia.

Llewellyn, D. J. (2011). Differentiated Science Inquiry. Corwin A Sage Publications Company.

Nisrina, N., Gunawan., & Harjono, A. (2016). Pembelajaran Kooperatif dengan Media Virtual untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.29303/jpft.v2i2.291

Prasetyowati, E. N., & Suyatno. (2016). Peningkatan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Pokok Larutan Penyangga. JKPK (Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia). JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jkpk.v1i1.10122

Salim., S., & Rusmawati, R. D. (2019). Keefektifan Tingkatan Pembelajaran Inkuiri (Levels Of Inquiry) terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains pada Siswa dengan Pengetahuan Awal Berbeda. Edcomtech (Jurnal KajianTeknologi Pendidikan), 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um039v4i22019p096

Silaban, B. (2014). Hubungan Antara Penguasaan Konsep Fisika Dan Kreativitas Dengan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 20(1), 65 – 75. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpbp.v20i1.3072

Sudiana, I. K., Suja, I. W., & Mulyani, I. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1), 7–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpk.v3i1.20943

Suranti, N. M. Y., Gunawan, & Harjono, A. (2016). Pembelajaran Kooperatif dengan Media Virtual untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2). https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.29303%2Fjpft.v2i2.291

Sutman, J., Schmuckler, J. S., & Joyce D.W. (2008). The Science Quest: Using In.

Suwandari, P. K., Taufik, M., & Rahayu, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Fisika Peserta Didik Kelas Xi MAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1). https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2F%2Fdx.doi.org%2F10.29303%2Fjpft.v4i1.541

Wahyudi, S. Y., & Rahayu, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X Sman 1 Kuripan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v3i2.398

Yakina, K., Tuti., & Fadhilah, R. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Di SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. ISSN. 2503-4448. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29406/arz.v5i2.641

Yanda, K. O., Jumroh, & Octaria, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. INDIKTIKA (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 2(1). http://dx.doi.org/10.31851/indiktika.v2i1.3428

Yusuf, M., & Muchlis. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik Padamateri Pokok Asam Basa Kelas Xi SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto. Unesa Journal of Chemical Education, 8(1).

Zuhroti, B., Marfu’ah, S., & Sodiq Ibnu, M. (2018). Identifikasi Pemahaman Konsep Tingkat Representasi Makroskopik, Mikrokopik Dan Simbolik Siswa Pada Materi Asam Basa. Jurnal Pembelajaran Kimia, 3(2), 44–49. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um026v3i22018p044

Downloads

Published

2020-09-28

How to Cite

., S., & Hidayati, S. R. (2020). STUDI KOMPARASI PENERAPAN TINGKATAN PEMBELAJARAN INKUIRI (LEVELS OF INQUIRY) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KIMIA PADA SISWA DENGAN PENGETAHUAN AWAL BERBEDA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(2), 78–87. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i2.27118

Issue

Section

Articles