PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATA KULIAH KIMIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpk.v4i2.27992Keywords:
Pengembangan, Penguasaan Konsep, Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Larutan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk marginalizes pengembangan pembelajaran berdasarkan masalah pada mata kuliah kimia untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa. Jenis penelitian adalah pengembangan dengan nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi semester 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes penguasaan konsep. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji normalitas dan uji homogenitas >0,05, dan nilai signifikansi uji-t <0,05. Hal ini membuktikan pengembangan pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa pada mata kuliah kimia materi larutan.
ABSTRACT
This study aims to analyze the development of learning based on problems in chemistry courses to improve students' mastery of concepts. This type of research is development with a nonequivalent control group design. The sample in this study were students of Biology Education Study Program semester 2, Faculty of Teacher Training and Education, University of Flores. The data collection technique used was a concept mastery test. The data were processed and analyzed using the normality test, homogeneity test, and t-test. The results show that the significance value of the normality test and homogeneity test> 0.05, and the significance value of the t-test <0.05. This proves that the development of problem-based learning can improve students' mastery of concepts in chemistry subject matter solution.
References
Adirakasiwi, A. G., Warmi, A., & Imami, A. I. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Penguasaan Konsep Dasar Materi Volume Benda Putar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.3005
Apriyanto, B., Nurdin, E. A., Ikhsan, F. A., & Kurniawan, F. A. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Memahami Lingkungan Hidup Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 2 Sukodono. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 7. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.5727
Ashari, N. W., & Salwah, S. (2017). Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kecakapan Pembuktian Matematis Mahasiswa Calon Guru. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 100. https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i2.891
Baiq Ewik Jiniarti, Ahmad Harjono, M. M. (2019). Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Virtual Eksperimen untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Alat-Alat Optik. Pijar MIPA, 14(2), 25–30. https://doi.org/DOI: 10.29303/ jpm.v14i2.1233
Denanti, I. A., & Wardani, S. Y. (2020). Pengaruh komunikasi interpersonal dan interaksi teman sebaya terhadap kepercayaan diri dalam berpendapat. … Seminar Nasional Bimbingan Dan …, 3(1), 111–118. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/view/1412
Fadilah, S. I., Kardi, S., & Supardi, Z. A. I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kerjasama Siswa Sma. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 779. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p779-787
Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280
Fitriani, M. (2017). Pengaruh Model PBL Terhadap Motivasi Belajar Sistem Koordinasi pada Siswa di SMA Negeri Bantaeng. Biotek, 5(1), 228–239.
Handayani, R. D., & Yanti, Y. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA DI KELAS IV MI TERPADU MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 107–123.
Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596
Hendra Prasetia, Muhari, W. T. S. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Siswa Mengenai Hak dan Kewajiban Siswa Sekolah Dasar Sebagai Warga Negara. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v5n2.p967-975
Hidayat, T., & Syafe’i, M. (2018). Peran Guru Dalam Mewujudkan Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Rayah Al-Islam, 2(01), 101–111. https://doi.org/10.37274/rais.v2i01.67
Ilham Handika, M. N. W. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, Volume, I(2), 85–93. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v1i1.2320
Jauhari, T. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, II(1), 7–12. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/282
Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 10–22. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14558
Latifah, A. Z. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1).
M. Dewi Kartika, W. Santyasa, W. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1). https://media.neliti.com/media/publications/207142-pengaruh-model-pembelajaran-berbasis-mas.pdf
Made, G., Sudarman, C., Haris, I. A., Nuridja, I. M., Ekonomi, P., & Ekonomi, F. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem-Based Learning ) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X1 Sma Negeri 1 Sawan Tahun 2012 / 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v2i1.807
Mastika Yasa, P. A. E., & Bhoke, W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 2(2), 70. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16184
Mujiastuti, A. I. C., & Ilyasir, F. (2016). Pengaruh Pertemanan Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Sewon, Bantul Tahun Pelajaran 2013/2014. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 6(1), 77. https://doi.org/10.21927/literasi.2015.6(1).77-97
Nurliani, N., Subarjah, H., & Sujana, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Peristiwa Alam. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Peristiwa Alam, 1(1), 981–990. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3009
Nurul Ihsani, A. A. I. J. J. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se Kuala Nagan Raya Aceh. Pijar MIPA, 15(2), 103–109. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1326
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I2.10490
Qomariyah, E. N. (2016). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(2), 132–141.
Rusman. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Edutech, 13(2), 211. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3102
Saleh, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 45–53. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369
Santoso, E. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(2), 80–87. https://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/723
Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501
Silaban, T., Lubis, R., & Ahmad, M. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH ( PBM ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 PINANGSORI Oleh : JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(3), 103–108. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1024/601
Suparni, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(1), 36. https://doi.org/10.29210/02017107
Syahrudin. (2019). Pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar. Cognicia, 7(4), 507–526. https://doi.org/10.30822/asimtot.v1i1.100
Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivisme. Ta’lim, 1(1), 59–72. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/download/632/349
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)