PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATA KULIAH KIMIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA

Authors

  • Melania Priska Universitas Flores, Ende, Indonesia
  • Natalia Peni Universitas Flores, Ende, Indonesia
  • Ludovicus Carvallo Universitas Flores, Ende, Indonesia
  • Agnes Pendy Universitas Flores, Ende, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpk.v4i2.27992

Keywords:

Pengembangan, Penguasaan Konsep, Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Larutan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk marginalizes pengembangan pembelajaran berdasarkan masalah  pada mata kuliah kimia untuk meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa. Jenis penelitian adalah pengembangan dengan nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi semester 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes penguasaan konsep. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji normalitas dan uji homogenitas >0,05, dan nilai signifikansi uji-t <0,05. Hal ini membuktikan pengembangan pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa pada mata kuliah kimia materi larutan.

ABSTRACT

This study aims to analyze the development of learning based on problems in chemistry courses to improve students' mastery of concepts. This type of research is development with a nonequivalent control group design. The sample in this study were students of Biology Education Study Program semester 2, Faculty of Teacher Training and Education, University of Flores. The data collection technique used was a concept mastery test. The data were processed and analyzed using the normality test, homogeneity test, and t-test. The results show that the significance value of the normality test and homogeneity test> 0.05, and the significance value of the t-test <0.05. This proves that the development of problem-based learning can improve students' mastery of concepts in chemistry subject matter solution.

Author Biography

Melania Priska, Universitas Flores, Ende, Indonesia

Program studi pendidikan biologi

References

Adirakasiwi, A. G., Warmi, A., & Imami, A. I. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Penguasaan Konsep Dasar Materi Volume Benda Putar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.3005

Apriyanto, B., Nurdin, E. A., Ikhsan, F. A., & Kurniawan, F. A. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Memahami Lingkungan Hidup Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 2 Sukodono. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 7. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.5727

Ashari, N. W., & Salwah, S. (2017). Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kecakapan Pembuktian Matematis Mahasiswa Calon Guru. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 100. https://doi.org/10.26594/jmpm.v2i2.891

Baiq Ewik Jiniarti, Ahmad Harjono, M. M. (2019). Pengembangan Perangkat Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Virtual Eksperimen untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Alat-Alat Optik. Pijar MIPA, 14(2), 25–30. https://doi.org/DOI: 10.29303/ jpm.v14i2.1233

Denanti, I. A., & Wardani, S. Y. (2020). Pengaruh komunikasi interpersonal dan interaksi teman sebaya terhadap kepercayaan diri dalam berpendapat. … Seminar Nasional Bimbingan Dan …, 3(1), 111–118. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/view/1412

Fadilah, S. I., Kardi, S., & Supardi, Z. A. I. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kerjasama Siswa Sma. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 779. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p779-787

Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280

Fitriani, M. (2017). Pengaruh Model PBL Terhadap Motivasi Belajar Sistem Koordinasi pada Siswa di SMA Negeri Bantaeng. Biotek, 5(1), 228–239.

Handayani, R. D., & Yanti, Y. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA DI KELAS IV MI TERPADU MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 107–123.

Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596

Hendra Prasetia, Muhari, W. T. S. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Siswa Mengenai Hak dan Kewajiban Siswa Sekolah Dasar Sebagai Warga Negara. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v5n2.p967-975

Hidayat, T., & Syafe’i, M. (2018). Peran Guru Dalam Mewujudkan Tujuan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Rayah Al-Islam, 2(01), 101–111. https://doi.org/10.37274/rais.v2i01.67

Ilham Handika, M. N. W. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, Volume, I(2), 85–93. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v1i1.2320

Jauhari, T. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, II(1), 7–12. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/282

Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 10–22. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14558

Latifah, A. Z. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1).

M. Dewi Kartika, W. Santyasa, W. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1). https://media.neliti.com/media/publications/207142-pengaruh-model-pembelajaran-berbasis-mas.pdf

Made, G., Sudarman, C., Haris, I. A., Nuridja, I. M., Ekonomi, P., & Ekonomi, F. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem-Based Learning ) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X1 Sma Negeri 1 Sawan Tahun 2012 / 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v2i1.807

Mastika Yasa, P. A. E., & Bhoke, W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 2(2), 70. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16184

Mujiastuti, A. I. C., & Ilyasir, F. (2016). Pengaruh Pertemanan Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Sewon, Bantul Tahun Pelajaran 2013/2014. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 6(1), 77. https://doi.org/10.21927/literasi.2015.6(1).77-97

Nurliani, N., Subarjah, H., & Sujana, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Peristiwa Alam. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Peristiwa Alam, 1(1), 981–990. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3009

Nurul Ihsani, A. A. I. J. J. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se Kuala Nagan Raya Aceh. Pijar MIPA, 15(2), 103–109. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1326

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. https://doi.org/10.17977/JPTPP.V3I2.10490

Qomariyah, E. N. (2016). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(2), 132–141.

Rusman. (2014). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah. Edutech, 13(2), 211. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3102

Saleh, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 45–53. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369

Santoso, E. (2018). Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(2), 80–87. https://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/723

Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501

Silaban, T., Lubis, R., & Ahmad, M. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH ( PBM ) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 PINANGSORI Oleh : JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(3), 103–108. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1024/601

Suparni, S. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(1), 36. https://doi.org/10.29210/02017107

Syahrudin. (2019). Pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap prestasi belajar. Cognicia, 7(4), 507–526. https://doi.org/10.30822/asimtot.v1i1.100

Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivisme. Ta’lim, 1(1), 59–72. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/download/632/349

Downloads

Published

2020-09-28

How to Cite

Priska, M., Peni, N., Carvallo, L., & Pendy, A. (2020). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATA KULIAH KIMIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i2.27992

Issue

Section

Articles