E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching And Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987Keywords:
e-LKPD, Keterampilan Berpikir Kritis, Contextual Teaching and Learning, TermokimiaAbstract
Kurangnya media pembelajaran berupa lembar kerja peserta didik elektronik yang menarik dan mudah di akses oleh siswa pada sistem pembelajaran jarak jauh (daring) di masa pandemi ini mengakibatkan rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan e-LKPD berorientasi Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan) dan tahap disseminate (penyebaran). Hasil yang didapatkan pada penelitian ini ialah kelayakan e-LKPD dengan persentase hasil validasi kriteria kesesuaian dengan pendekatan CTL 78,89%, isi 81,39%, penyajian 83,33%, dan bahasa 81,25% dengan kategori sangat layak, kepraktisan e-LKPD dengan persentase hasil respon siswa berdasarkan kriteria isi 88,09%, penyajian 84,44%, bahasa 86,66% dengan kategori sangat layak, dan keefektifan e-LKPD dengan n-gain score pada hasil tes keterampilan berpikir kritis berkisar antara 0,44-1,00 dengan kriteria sedang-tinggi serta ketuntasan klasikal 66,67%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-LKPD berorientasi Contextual Teaching and Learning yang digunakan pada materi termokimia ini dinyatakan layak.
References
Agustina, A; Dian, N. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Video untuk Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Larutan Asam Basa. Unesa Journal of Chemistry Education, 1(1), 10–16. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/journalofchemicaleducation/article/view/ 149/85.
Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 70. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151.
Arifin, Z. A. I., & Sepriyani, D. N. A. (2019). Pengembangan Lks Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Polinomial Untuk SMA Kelas XI. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 9. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.813.
Costa, R. (2014). Effective teaching methods in the master’s degree learning strategies, teaching-learning processes, teacher training. European Scientific Journal, 1(Special), 106–120. https://eujournal.org/ index.php/esj/article/view/4082.
Dwiningsih, K., & Mangengke, B. B. (2021). Pembelajaran Kimia Berbasis Kooperatif Think Pair Share (TPS) Dengan Berbantuan Virtual Laboratorium Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/ 21595.
Emda, A. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83. https://doi.org/10.22373/lj.v5i1.2061.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85. https://doi.org/10.32505/ at.v11i1.529.
Fatmawati, H., & Triyanto. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Pola Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat (Penelitian pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 899–910. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/4830.
Hamimi, L., Ikhsan, M., & Abidin, Z. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pembuktian Menggunakan Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Geometri Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 16–26. https://doi.org/ 10.24815/jdm.v5i1.10124.
Helsy, I., & Andriyani, L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Pada Materi Kesetimbangan Kimia Berorientasi Multipel Representasi Kimia. Jurnal Tadris Kimiya, 2(1). https://doi.org/10.15575/ jta.v2i1.1365.
Herman. (2019). Pendekatan Teori Belajar Dalam Proses Pembelajaran Akidah Akhlah Di Man Jeuram Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Penelitian Sosial Agama, 4(1). https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id /index.php/al-mabhats/article/view/287.
Indayatmi, I. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Kimia Melalui Model Chemisong Pada Peserta Didik Kimia Analisis. Edusains, 9(1), 41–52. https://doi.org/10.15408/es.v9i1.2878.
Juhji, & Suardi, A. (2018). Profesi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1). https://doi.org/10.32678/geneolog i%20pai.v5i1.1043.
Kowiyah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(6). https://garuda.ristekbrin. go.id/documents/detail/201158.
Kurniasih, D., & Rahayu, H. M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Analitik Materi Kromatografi Berorientasi Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 8(2), 31. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v8i2.21173.
Muchlis. (2015). Model-Model Pembelajaran Yang Suksesmelatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Kimia. https://adoc.pub/model-model-pembelajaran-yang-sukses-melatihkan-keterampilan.html.
Muthoharoh, M., Kirna, I. M., & Indrawati, G. ayu. (2017). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 13. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12805.
Novitasari, A. T. (2015). Pengembangan Pemikiran Kritis Dan Kreatif Dalam Pembelajaran Ekonomi Dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Prosiding Seminar Nasional. http://eprints.uny.ac.id/21584/.
Nugraha, D. A., & Binadja, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi Sets, Berorientasi Konstruktivistik. Journal of Innovative Science Education, 2(1). https://journal.unnes.ac.id/ sju/index.php/jise/article/view/1289/1250.
Nurbaeti, R. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1233.
Padang, mentari yashinta, Festiyed, & Murtiani. (2019). Pembuatan lembar kerja peserta didik berbasis accelerated learning pada materi usaha, pesawat sederhana, struktur dan fungsi tumbuhan untuk peserta didik SMP kelas VIII. Pillar of Pshysics Education, 12(3). https://doi.org/ 10.24036/7089171074.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press.
Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975.
Purnamasari, U. A., Arifuddin, M., & Hartini, S. (2018). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 130. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4471.
Rosa, N. M. (2012). Pengaruh Sikap Pada Mata Pelajaran Kimia dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v2i3.104.
Rusnilawati, & Gustiana, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik (BAE) Berbantuan Flipbook Berbasis Keterampilan Pemecahan Masalah dengan 75 Pendekatan CTL pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 190–201. http://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/5450.
Rustiyono, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Learning Community Berbasis Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Math-UMB.EDU, 7(3). https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v7i3.886.
Setiawati, E., Rahayu, H. M., & Setiadi, A. E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Pada Materi Animalia Kelas X SMAN 1 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1). https://doi.org/10.29406/522.
Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Abdullah, A. A. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI CTL. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(1). https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article /view/26034.
Siswanto, J., & Mustofa, A. W. (2012). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Media Audio-Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/mpp.v6i1.358.
Smith, B. P. (2010). Instructional Strategies in Family and Consumer Sciences: Implementing the Contextual Teaching and Learning Pedagogical Model. Journal of Family & Consumer Sciences Education, 28(1), 23–38. https://www.natefacs.org/Pages/v28no1/v28no1Smith.pdf.
Sukinah, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Matematika Materi Peluang. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 1(2), 190. https://doi.org/10.26740/jp.v1n2.p190-204.
Sukmasari, V. P., & Rosana, D. (2017). Pengembangan penilaian proyek pembelajaran IPA berbasis discovery learning untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 101. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.10468.
Sulastry, T. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Contexstual Teaching and Learning pada Materi Pokok Laju Reaksi. UNM. Jurnal Pendidikan Kimia, 12(2), 59 – 68. https://doi.org/https://doi.org/10.35580/chemica.v12i2.502.
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/ 10.31949/jcp.v3i2.592.
Yulindaria, L., & Cahyani, I. (2017). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Gerak Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(1). https://doi.org/10.17509/md.v13i1.7691.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)