PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERORIENTASI TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20771Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berorientasi Tri Hita Karana dengan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus 1 Kecamatan Nusa Penida. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Non-Equivalen Post-test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus 1 Kecamatan Nusa Penida sebanyak 87 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan yang dirandom adalah kelas sebagai intact group sehingga didapatkan kelas V SD Negeri 3 Batununggul berjumlah 25 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 2 Batununggul berjumlah 21 siswa sebagai kelompok kontrol. Data tentang hasil belajar IPA dikumpulkan melalui metode tes statistik inferensial (uji-t) dengan menggunakan tes objektif bentuk pilihan ganda. Selanjutnya data analisis dengan menggunakan uji-t dengan thitung = 26,16 dan ttabel = 2,021 Berdasarkan kriteria pengujian, thitung > ttabel (26,16 > 2,021). Dari analisis data ditemukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berorientasi Tri Hita Karana terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus 1 Kecamatan Nusa Penida.
References
DAFTAR PUSTAKA
Agustiana, I. G A. Tri. & I. N, Tika. 2013. Bahan Ajar: Konsep Dasar IPA Aspek Fisika Dan Kimia. Yogyakarta: Ombak (Anggota IKAPI).
Arista, Made Hendra. 2015. “Analisis Motivasi Belajar dalam Pembelajaran IPA Pada Tiga SD di Gugus VI Kecamatan Nusa Penida”. Jurnal Pendidikan. Vol. 3, No. 1 (hlm 4).
Depiani, I Wayan. 2016. “Analisis Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V SD Gugus VI Abang”. Jurnal Pendidikan. Vol. 4, No.1 (hlm 3).
Puspadewi, A.A.I. 2014.”Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Pada Mata Pelajaran Pkn Siswa Kelas V SDN 2 Blahbatuh”. Jurnal Pendidikan. Vol. 2, No. 1 (hlm 4).
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Sadia, I W. 2014. Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Samatowa, Usman.2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Sumayasa, G. P. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar PPKn Kelas IV SD”. Jurnal Pendidikan Vol. 5, No. 2 (hlm. 3).
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
UNdang-Undang SISDIKNAS (Sistem Pendidikan Nasional) 2003 (UU RI No. 20 TH.2003). 2003. Jakarta: Sinar Grafika.
Wiana, I K. 2007. Tri Hita Karana Menurut Konsep Hindu. Surabaya: Paramita.