PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PKn

Authors

  • Desak Gede Mahardani Santhi
  • Ni Ketut Suarni
  • Komang Sujendra Diputra

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20774

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbasis Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas V SDN 1 Ubung, Kecamatan Denpasar Utara. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 1 Ubung yang berjumlah 112 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V B yang berjumlah 37 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V C yang berjumlah sama yaitu 37 siswa sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan kompetensi pengetahuan PKn siswa dengan metode tes. Instrumen yang digunakan yaitu tes kompetensi pengetahuan PKn berupa tes objektif. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji-t dengan rumus separated varians. Hasil menunjukkan nilai thitung (8,60) > ttabel (1,666). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran team assisted individualization (TAI) berbasis tri hita karana berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas V SDN 1 Ubung, Kecamatan Denpasar Utara.

References

Daftar Pustaka

Ani, N. K. K. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. e-journal Mimbar PGSD Undiksha, Volume 5, Nomor 2 (halaman 1-10).

Ananda, R. 2018. Peningkatan Pembelajaran PKn Dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas II SDN 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, Volume 2, Nomor 1 (halaman 34-42).

Arrahim & Serly Amalia. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Wanasari 14 Cibitung, Bekasi. Jurnal Pedagogik, Volume 6, Nomor 1 (halaman 21-30).

Dewi, N. P. C. P. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar PKn. e-journal Mimbar PGSD Undiksha, Volume 4, Nomor 1 (halaman 1-10).

Hijriyah, N. U. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar PKn. Jurnal of Elementary Education, Volume 2, Nomor 2 (halaman 35-41).

Kosasih. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers.

Maftuh, B. 2008. Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Educationist, Volume 2, Nomor 2 (halaman 134-144).

Marliani, N. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif, Volume 5, Nomor 1 (halaman 14-25).

Putra, P. W. E. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assited Individually) Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Petang Badung. e-journal Mimbar PGSD Undiksha, Volume 2, Nomor 1.

Rachmawati, S, Imam M, & Umar H.M.S. 2014. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Mata Pelajaran PKn Materi Pokok Demokrasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Scramble di SD Negeri Kademangan 1 Bondowoso. Jurnal Edukasi UNEJ, Volume 1, Nomor 1 (halaman 10-14).

Ratri, C. M. & Joko. 2013. Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Merawat Peralatan Rumah Tangga Listrik Di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume 2, Nomor 3 (halaman 913-920).

Setiawan, D. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, Volume 6, Nomor 2 (halaman 61-72).

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, R. E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumardjoko, B. 2013. Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pembelajaran PKn Berbasis Kearifan Lokal Untuk Penguatan Karakter dan Jati Diri Bangsa. Varia Pendidikan, Volume 25, Nomor 2 (halaman 110-123).

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.

Wartini, I. A. K. M. 2014. Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar PKn Di Kelas VI SD Jembatan Budaya, Kuta. e-journal Program Pascasarjana Undiksha, Volume 4.

Wiana. 2007. Tri Hita Karana Menurut Konsep Hindu. Surabaya: Paramita.

Widyasari, Ni Nym. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran TAI Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. e-journal Mimbar PGSD Undiksha, Volume 5, Nomor 2 (Halaman 1-10).

Downloads

Published

2019-09-06

How to Cite

Santhi, D. G. M., Suarni, N. K., & Diputra, K. S. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBASIS TRI HITA KARANA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN PKn. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 73–84. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20774

Issue

Section

Articles