PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS TERINTEGRASI NILAI TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Authors

  • Gusti Ngurah Japa
  • Ni Wayan Arini
  • Ni Kadek Ratna

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20817

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial tema cita-citaku antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terintegrasi Nilai Tri Hita Karana dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terintegrasi Nilai Tri Hita Karana pada siswa kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Sukasada tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini berjumlah 165 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik culster random sampling. Data hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial dikumpulkan menggunakan tes objektif kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 9,69 dan ttabel (taraf signifikansi 5%) = 2,021. Hal ini berarti thitung> ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial tema cita-citaku antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terintegrasi Nilai Tri Hita Karana dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terintegrasi Nilai Tri Hita Karana pada siswa kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2018/2019. 

References

DAFTAR PUSTAKA

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI.

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Murda, I Nyoman. dan Yudiana, I Kadek Edi. 2016. Bahan Ajar Konsep Dasar IPS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Pebruanti, Lies. 2015. “Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Menggunakan Modul Di SMKN 2 Sumbawa”. Jurnal Pendidikan Vokasi, Volume 5, Nomor 3 (hlm.368). Diakses pada tanggal 26 Januari 2019.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: DIVA Press.

Putra, I Wayan Weda Gustana. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1 (hlm.8) Diakses pada tanggal 12 Juni 2019.

Ridwanthi, Kd Dian P. 2012. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Question Cards Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 6 Bondalem”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 1, Nomor 1 (hlm.1). Diakses pada tanggal 25 Juni 2019.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wardiana, Pt Arya., dkk. 2014. “Hubungan Antara Advesity Quotient (AQ) dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa kelas V SD Di Kelurahan. Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 1, Nomor 1. Diakses pada tanggal 21 Juni 2019

Downloads

Published

2019-09-06

How to Cite

Japa, G. N., Arini, N. W., & Ratna, N. K. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS TERINTEGRASI NILAI TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 87–97. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20817

Issue

Section

Articles