PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS V MENGWI TAHUN AJARAN 2019/2020

Ni Ketut Desya Saptayanthi, I Gusti Agung Oka Negara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbasis tri kaya parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus V Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri Gugus V Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020 terdiri dari 6 SD dengan jumlah siswa 235 orang. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik classter random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD No. 2 Buduk sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD No. 3 Buduk sebagai kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 30 siswa setelah disetarakan dengan teknik matching. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan tes pilihan ganda biasa yang berjumlah 30 butir soal yang telah divaliditas. Analisis data menggunakan uji-t menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA siswa yang dibelajarkan menggunakan model discovery learning berbasis tri kaya parisudha dan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di SD Negeri Gugus V Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020. Hal tersebut dibuktikan dengan thitung = 5,779 > ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = n1 + n2 – 2 (38+30–2=66) dan rerata skor kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen 25,79 dan rerata skor kompetensi pengetahuan siswa kelompok kontrol 23,53. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning berbasis tri kaya parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus V Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020.


Keywords


Discovery Learning; Tri Kaya Parisudha; Kompetensi Pengetahuan IPA

References


Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488

Cahyana, Gd. Roni. 2019. "Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar IPA". e-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3 No 2. diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/17664/10596 .

Dantes, N. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Desstya, A. 2018. "Joyfull Learning In Science ( Pelatihan Percobaan Ipa Sederhana Di SD Bener I Dan Bener II )". University Research Colloquium, 2(1), 51–56. diambil dari http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/328.

Dr. Desak Putu Parmiti, M. . (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 Di Sd Gugus Ii Kecamatan Tampaksiring. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10712

Drs. Ida Bagus Surya Manuaba, S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–8. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11000

Kristin, Firosalia. 2016. "Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD". Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2 No. 1. diambil dari http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/25/21

Kodir, Abdul. Menejemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013 Pembelajaran yang berpusat pada Siswa. Bandung : Pustaka Setia

Lh, N., Windiani, N., Ganing, N. N., & Abadi, I. B. G. S. (2017). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SD GUGUS SRIKANDI Universitas Pendidikan Ganesha. 5(2), 1–10.

Magfirah, A. 2019. "Penggunaan Media Audiovisual Pada Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep IPA". Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian dan Pengembangan, 4 No. 1. diambil dari https://www.semanticscholar.org/paper/Penggunaan-Media-Audiovisual-pada-Model-Inkuiri-dan-Magfirah-Hidayat/e704c5538c5e6c00cd6364c305459984d412abbf.

Muliani, N. K. D. 2019. "Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA". e-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3 No 1. diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/17664/10596 .

Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Permendikbud. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 tahun 2018 Perubahan atas peraturan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Purnawan, I. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 211–218. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i2.15404

Putri, Ni Made Canessia. 2018. “Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus II Kuta Utara Thun Ajaran 2017/2018” Volume 2 Tahun 2018. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia Pada https://ejournal.undiksha.ac.id › index.php › JJPGSD › article › download

Rahmayani, Aprilia. 2019. "Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Mediavideo Terhadap Hasil Belajar". e-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3 No 2. diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/17664/10596 .

Riantari, Ida Ayu Putu Candrika. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V SD Gugus II Teuku Umar Denpasar Tahun Pelajaran 2016/2017. Volume 5 Tahun 2017. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia Pada https://ejournal.undiksha.ac.id › index.php › JJPGSD › article › download

Rudyanto, Hendra Erick. 2016. "Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif". Premiere Educandum, 4 No. 1. diambil dari http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/download/305/277

Rosarina, Gina. 2016. "Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda". Jurnal Pena Ilmiah: Vol 1 No. 1. diambil dari https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/3043/pdf

Rosdiana. 2017. "Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Evektivitas Dan Hasil Belajar Siswa". Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian dan Pengembangan, 2 No. 8. diambil dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9802/4639

Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : Indeks

Suarnaya, Kd. Dwi. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Tandur Berbasis Kearifan Lokal Tri Kaya Parisudha Terhadap Hail Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus XV Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2013/2014” Volume 3 Tahun 2015. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia Pada https://ejournal.undiksha.ac.id › index.php › JJPGSD › article › download (diakses Senin, 4 November 2019 pukul 08.00).

Sudiasih, N. N., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2020). “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Melalui Lesson Study Terhadap Penguasaan Konsep”. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 25–36.

Suhardana, K.M. 2007. Tri Kaya Parisudha Bahan Kajian Untuk Berfikir Baik, Berkata Baik dan Berbuat Baik. Surabaya: Paramita.

Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sukardi. (2012). Metodelogi Penelitian Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Veronika, A. (2019). Implementasi Ajaran Tri Kaya Parisudha Dalam Membangun Karakter Generasi Muda Hindu Di Era Digital. Jurnal PASUPATI, 6(1), 1. https://doi.org/10.37428/pspt.v6i1.135

Yuliana, Nabila. 2018. "Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar". Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran: Vol 2 No. 1. diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/13851/8671




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpmu.v3i2.27426

Article Metrics

Abstract view : 387 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia  is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Jurnal Pendidikan Multikultural indexed by:

CrossrefAkreditasi SINTA

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Multikultural is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.