Implementasi Nilai-Nilai Tri Kaya Parisudha dalam pembelajaran dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS

Authors

  • I Made Diantara Adi Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v3i2.27529

Keywords:

NHT, IPA, Tri Kaya Parisudha

Abstract

Hasil belajar IPA sebagian besar siswa yang masih rendah, mendorong perlunya menciptakan proses pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu caranya, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran NHT Berlandaskan Tri Kaya Parisudha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together berlandasakan Tri Kaya Parisudha dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan model pembelajaran Numbered Head Together berlandaskan Tri Kaya Parisudha pada siswa Kelas IV SD. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan non equivalent post-test only control grup design. Populasi penelitian berjumlah 180 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 46 siswa yang ditentukan dengan teknik simpel random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar IPA yang berupa tes objektif. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan Independent Sample t-test. Uji t diperoleh nilai signifikansi 2 arah (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan skor yang berarti antara kelompok kelas kontrol dan eksperimen. Dengan demikian, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together berlandaskan Tri Kaya Parisudha dan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD. Implikasi pada penelitian ini adalah dengan dilakukan penerapan model NHT Berlandaskan Tri Kaya Parisudha pada mata pelajaran IPA yaitu,  pembelajaran  di kelas untuk membuat siswa menjadi tidak mudah bosan di kelas.

Author Biographies

I Made Diantara Adi Putra, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ni Wayan Rati, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Nyoman Laba Jayanta, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Astuti, Y., Syahrilfuddin, & Marhadi, H. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas iii sdn 150 pekanbaru. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(3), 130. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v1i3.14373. DOI: https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v1i3.14373

Dewi, A. A. I. R. M., Murda, I. N., & Tegeh, I. M. (2014). Pengaruh Model VCT Berlandaskan Konsep Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar Ranah Afektif Siswa Kelas V Di SD Gugus III Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2013/2014. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2430.

Dwicahyani, N. M., Wiarta, I. W., & Ardana, I. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Nht Berbantuan Media Gambar Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Ips. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 102–110. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17326. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17326

Fatimah, S. (2017). Analisis Pemahaman Konsep IPA Berdasarkan Motivasi Belajar, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Multirepresentasi, Jenis Kelamin, Dan Latar Belakang Sekolah Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 57–70. https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i1.7934. DOI: https://doi.org/10.24036/02017117934-0-00

Hadiyati, N., & Wijayanti, A. (2017). Keefektifan Metode Eksperimen Berbantu Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 24–31. https://doi.org/10.31331/jipva.v1i1.513. DOI: https://doi.org/10.31331/jipva.v1i1.513

Jahring, J. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Pada Model Pembelajaran CORE Dan NHT. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 182–189. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2667. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2667

Kurnia, V. T., Damayani, A. T., & Kiswoyo, K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 192. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17772

Kusumawati, H., & Mawardi, M. (2016). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dan STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 251–263. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p251-263. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p251-263

Lasfeto, A. R. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Group Investigation Berbantuan Video Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(3), 1–7. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i3.12631. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v1i3.12631

Marasiwi, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Premiere Educandum, 7(1), 19–27. https://doi.org/10.25273/pe.v7i01.1140. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v7i01.1140

Mariana, P., & Riwayati. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dengan Think Pair Share (TPS) Pada Materi Ekosistem Dikelas VII. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(2), 86–92. https://doi.org/10.24114/jpp.v4i2.4048.

Maryoto, G. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Dan Numbered-Heads-Together (Nht) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan, 17(2), 121–128. https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.271.2016. DOI: https://doi.org/10.33830/jp.v17i2.271.2016

Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal Of Elementari Education, 3(2), 132–140. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18517

Murwanto, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Head-Together) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX B SMP Negeri 4 Alla Enrekang. Jurnal Sainsmat, 9(1), 14–28. https://doi.org/10.35580/sainsmat91141872020. DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat91141872020

Mustika, D. (2017). Pembelajaran Menggunakan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Handayani: Jurnal Kajian Pendidikan Pra Sekolah Dan Pendidikan Dasar, 7(2), 1–8. https://doi.org/10.24114/jh.v7i2.7230. DOI: https://doi.org/10.24114/jh.v7i2.7230

Nasrulloh, F. (2017). Keefektifan model kooperatif tipe tps dan nht ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa kelas xi. Eduscope, 03(01). https://doi.org/10.32764/eduscope.v3i1.181.

Nurhayati, E. (2019). Penerapan Buku Saku dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pasca Gempa Bumi. Jurnal Kependidikan, 5(2), 94–99. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1804. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1804

Prakoso, G. A. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Pair Check Dan Numbered-Heads Together (NHT) Ditinjau Dari Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPS Kelas 4 SDN Gugus Mahesa Jenar Ambarawa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(3), 100–119. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p100-119. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p100-119

Rahmi, S. O., & Adnan, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 43 Sungai Sapih Padang. Jurnal Basicedu, 3(2), 666–673. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.53. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.53

Suanthara, I. N. D. E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tri Kaya Parisudha Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester V Prodi Pendidikan Agama Hindu STKIP Agama Hindu Singaraja Tahun Akademik 2016/2017. Pasupati: Journal of Hindu Studies & Ducation, 5(2). https://doi.org/10.37428/pspt.v5i2.31. DOI: https://doi.org/10.37428/pspt.v5i2.31

Suarjana, I. M., Dibia, I. K., & Sariani, N. L. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berorientasi Tri Kaya Parisudha terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education., 2(2), 86–95. https://doi.org/10.23887/pips.v2i2.2893. DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v2i2.2893

Sulastri, S. (2020). Peningkatan Kemandirian Belajar IPA dengan Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together pada Siswa Kelas V SDN 43 Rejang Lebong. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 46–51. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.46-51. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.46-51

Suryanata, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 235. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2497. DOI: https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2497

Syah, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD Negeri 016 Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(3), 346–350. https://doi.org/10.33578/Pjr.V2i3.5527. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v2i3.5527

Yupriyanti, N. L. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus 1 Manggis Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem Tahun Ajaran 2014/2015. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.4825.

Downloads

Published

2020-07-25

How to Cite

Adi Putra, I. M. D., Rati, N. W., & Jayanta, I. N. L. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Tri Kaya Parisudha dalam pembelajaran dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 3(2), 103–113. https://doi.org/10.23887/jpmu.v3i2.27529

Issue

Section

Articles