Budaya Jawa dan Peranannya dalam Nilai-Nilai Kepemimpinan

Ahmad Al Fauzan, Bima Fahima, Elis Anggun Geminastiti, Hanifa Rahma Hadi, M. Lutfi Firdaus, Maria Renata, M. Rizqi Ramadhan

Abstract


Generasi muda saat ini sudah dirancang untuk menjadi pemimpin Indonesia di masa depan. Pembentukan sifat kepemimpinan pada seorang pemimpin sangat dipengaruhi oleh kebiasaan dan budaya yang ada di lingkungan sekitarnya. Masyarakat Indonesia memiliki suku yang beragam dengan mayoritasnya bersuku Jawa. Banyak pemimpin ataupun tokoh yang berkontribusi untuk nasional bersuku Jawa. Budaya Jawa adalah salah satu budaya yang adiluhung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui budaya-budaya jawa yang berperan dalam pembentukan nilai-nilai kepemimpinan seseorang, sehingga dapat menjadi acuan dalam melatih dan membentuk sifat kepemimpinan. Metode penelitian ini menggunakan kuesioner dengann 80 responden yang merupakan mahasiswa menjawab kuesioner tentang skala peranan tiap nilai budaya Jawa terhadap kepemimpinan seseorang. Hasilnya adalah sebagian besar responden setuju bahwa budaya-budaya Jawa memang berpengaruh dalam kepemimpinan seseorang, sehingga budaya-budaya Jawa dapat diterapkan untuk meningkatkan nilai kepemimpinan seseorang.

 

 


Keywords


Budaya; Jawa; Kepemimpinan; Nilai luhur; Pengembangan; Adiluhung

References


Marliani, L. (2019). Menakar Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara Di Era Globalisasi. Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi, 10, 74.

Pradanta, S. W. (2015). KAJIAN NILAI-NILAI BUDAYA JAWA DALAM TRADISI BANCAAAN WETON DI KOTA SURAKARTA (Sebuah Kajian Simbolisme dalam Budaya Jawa). LINGUA: Journal of Language, Literature and Teaching, 12, 155-172.

Suhari. (2012). Nilai-nilai ajaran hastabrata dalam laokon- pewayangan makutharama sebagai media membangun karakter bangasa. Jurnal Budaya Nusantara, 1, 154-160.

supeni, S. (2013). Evaluasi Kepemimpinan Budaya Jawa Dalam Pandangan Dan Perilaku Kepala Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16, 42.

Sutardjo, I. (2019). Konsep Kepemimpinan "Hasthabrata" dalam Budaya Jawa. Jumantara: Jurnal Manuskrip Nusantara, 5, 85-104.

Suwahyu, I. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23, 192.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jpmu.v4i1.30063

Article Metrics

Abstract view : 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia  is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id

 


Jurnal Pendidikan Multikultural indexed by:

CrossrefAkreditasi SINTA

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Multikultural is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.