Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dengan Model Picture And Picture berbasis Tri Hita Karana

Authors

  • Lalu Wahyudi Wirabhakti Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v4i2.45445

Keywords:

Penerapan, Model Picture and Picture, Tri Hita Karana

Abstract

Siswa sering mengalami kesulitan dalam memaparkan, menjelaskan, menyampaikan informasi, dan menerangkan sesuatu yang akan dituangkan dalam tulisan teks eksposisi. Hal tersebut membuat siswa cenderung pasif dan merasa bosan dengan proses pembelajaran menulis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis teks  eksposisi pada peserta didik.  Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 37 orang dengan rincian 22 orang putra dan 15 orang putri. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu kuesioner. Dalam mengumpulkan data tersebut, digunakan empat metode, yaitu metode observasi, metode tes, dan metode angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data rata-rata nilai keterampilan menulis teks eksposisi siklus I yaitu masih banyak siswa yang mendapatkan nilai di bawah rata-rata (belum berhasil) Pada Siklus II dengan pembelajaran menulis teks eksposisi menunjukkan banyak siswa yang mendapatkan nilai di atas rata-rata (tuntas). Disimpulkan bahwa hasil belajar keterampilan menulis teks eksposisi meningkat melalui penerapan model picture and picture pada peserta didik.  Disarankan kepada guru bahasa Indonesia untuk mengaplikasikan model picture and picture berbasis Tri Hita Karana dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis.

Author Biography

Lalu Wahyudi Wirabhakti, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra

References

Al-Fraihat, D., Joy, M., Masa’deh, R., & Sinclair, J. (2020). Evaluating E-learning systems success: An empirical study. Computers in Human Behavior, 102, 67–86. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.08.004

Ammade, S., Mahmud, M., Jabu, B., & Tahmir, S. (2020). TPACK model based instruction in teaching writing: An analysis on TPACK literacy. International Journal of Language Education, 4(1), 129–140. https://doi.org/10.26858/ijole.v4i2.12441

Anggraini, R. D., Listyarini, I., & Huda, C. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Berbantuan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Karangan. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 3(1), 37. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17282

Anjasari, K. Y., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10659

Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407

Ansoriyah, S. (2017). Pengaruh Pemberian Musik Klasik Terhadap Kemampuan Menulis Berita Siswa SMAN 37 Jakarta. Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 104–117. https://doi.org/10.21009/10.21009/AKSIS.010106

Antari, N. L. G. S., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(2), 116–123. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18512

Dames, I., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Penerapan Model Examples Non Examples Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema 1 Siswa Kelas 5 SDN Sidorejo Lor 05. Jurnal Basicedu, 3(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.59

Delfi, R. S., & Zulhendri, Z. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Model Active Learning Teknik Card Sort Kelas V SDTI 030 Batu Belah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1). https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.336

Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4). https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364

Dianawati, E. P. (2019). Pengaruh Media Tebak Gambar dan Talking Stick Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah UNY, 1(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26855

Dwija Putri, I. G. A. M. A., Ulupui, I. G. K. ., & Wirawati, N. G. P. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance dan Budaya Tri Hita Karana Pada Kinerja Bank Perkreditan Rakyat. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 17. https://doi.org/10.24843/jiab.2017.v12.i01.p03

Farzandipour, M., Jabali, M. S., Nickfarjam, A. M., & Tadayon, H. (2021). Usability evaluation of selected picture archiving and communication systems at the national level: Analysis of users’ viewpoints. International Journal of Medical Informatics, 147. https://doi.org/10.1016/j.ijmedinf.2020.104372

Fatmasari, D., Purba, A., & Salikun, S. (2019). Media Permainan Tebak Gambar Efektif Dalam Peningkatan Pengetahuan Dan Tindakan Menyikat Gigi Dibandingkan Media Booklet. Jurnal Kesehatan Gigi, 6(1). https://doi.org/10.31983/jkg.v6i1.4447

Fitri, M., & Afnita. (2020). Korelasi keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 11 Padang. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 26(2), 77–81. https://doi.org/10.24114/jpbp.v26i2.17925

Handayani, N. M. D., Ganing, N. N., & Suniasih, N. W. (2017). Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Audio-Visual Terhadap Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(3), 176. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12502

Hasyim, N., Mulya, A. S., & Wahyono, S. (2015). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Rasionalitas bagi Mahasiswa Lamban Belajar. Journal Polingua: Scientific Journal of Linguistics, Literature and Education, 4(2). https://doi.org/10.30630/polingua.v4i2.92

Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190-204.https://doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1291. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204. https://doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1291

Hidayah, Nurul, Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1). https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6182

Hidayati, A., & Astuti, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Kata Bergambar Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2). https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27446

Juariah, D., Arifin, E. Z., & Suendarti, M. (2020). Pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(01), 27. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i01.6681

Jultia, W. O., Sahlan, & Hanafi, F. (2019). Kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Duruka. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 4(3). https://doi.org/10.36709/jb.v4i3.10754

Kormasela, D. A., Dawud, D., & Rofi’uddin, A. H. (2020). Pemanfaatan Kearifan Lokal Maluku dalam Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1056–1065. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13872

Krismasari, D. N. N., Kristiantari, M. G. R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364

Krisnawati, V., & Marahayu, N. M. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Bengkel Sastra melalui Media Kotak Gambar Ajaib. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 12–27. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10470

Kusumayani, N. K. M., Wibawa, I. M. C., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Iv Sd. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 55. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805

Mardati, Asih, & Wangit. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar Dengan Teknik Make A Match Untuk Kelas 1 SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 120– 132. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294

Ningsi, N., & Salwiah, S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Visual-Spasial Melalui Kegiatan Tebak Gambar Menggunakan Media Flip Chart. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 1(3). https://doi.org/10.36709/jrga.v1i3.9109

Owon, R. A. S. (2019). Penggunaan Media Plano Kalender Bekas Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Materi Pidato Persuasif. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(2), 198–213. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.10020

Pradnyawathi, N. N., Chintya, & Agustika, S. (2019). Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementy Education, 3(1), 89–98. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660

Pramesti, U. D., Pramesti, U. D., & Effendi, E. E. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Paragraf Pada Mku Bahasa Indonesia Di Universitas Negeri Padang Melalui Model Stad (Student Team-Achievement Divisions) Metode Menulis Berantai. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2565

Puspitowati, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) dengan Menggunakan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas IV MI Riyadlatul Uqul. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 120. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5734

Qhadafi, M. R. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan yang Disempurnakan dalam Teks Negosiasi Siswa SMA Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(4), 1–21.

Rafael, A. M. D. (2019). Interferensi Fonologis Penutur Bahasa Melayu Kupang Ke Dalam Bahasa Indonesia Di Kota Kupang. Jurnal Penelitian Humaniora, 20(01), 47–58. https://doi.org/10.23917/humaniora.v20i1.7225

Ratihwulan, E., & Asmara, R. (2019). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Discokaku Dipadu Gambar Berseri di SMA Negeri 5 Magelang. Transformasi: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 3(1). https://doi.org/10.31002/transformatika.v3i1.2006

Rizqi, M. R. (2018). Peran Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Motivasi Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Arab. El-Ibtikar. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2). https://doi.org/10.24235/ibtikar.v7i2.3363

Rosmalem. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Pelajaran Seni Budaya. Jurnal Handayani: Jurnal Kajian Pendidikan Pra Sekolah Dan Pendidikan Dasar, 6(2), 153–161. https://doi.org/10.24114/jh.v6i2.6529

Sadeli, L. (2020). Pembelajaran Model Gambar Dan Sugesti Imajiner Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Dan Sastra. Jurnal Soshum Insentif, 3(2). https://doi.org/10.36787/jsi.v3i2.374

Safura, S. S., Suhartiningsih, S., & Yuliati, N. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Dengan Pilihan Kata Yang Tepat Melalui Penerapan Strategi Writing in the Here and Now Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas VA SDN Patrang 01 Jember Tahun Pelajaran 2016/ 2017. Jurnal Edukasi. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5090

Salfera, N. (2017). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas VII. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.29210/12017295

Sedana Suci, I. G., Sonhadji, A., Imron, A., & Arifin, I. (2018). Organizational Harmony in Hindu Higher Educatiob Institution based on Tri Hita Karana Culture. Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 2(1), 49. https://doi.org/10.25078/ijhsrs.v2i1.526

Sismulyasih, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menulis Permulaan Menggunakan Strategi Bengkel Literasi Pada Siswa Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 68. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5341

Suaeb, S., Degeng, I. N. S., & Amirudin, A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Tebak Gambar. Jurnal Pendidikan : Teori , Penelitian Dan Pengembangan, 3(1). https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10435

Sugihartini, N. M., Agung, A. A. G., & Dantes, K. R. (2018). Kontribusi Implementasi Menejemen Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan Pelayan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasional Guru di SMP Negeri Kota Singaraja Buleleng. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 9(2), 111–120. https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2776

Suhandra, I. R. (2018). Pemanfaatan media gambar berseri untuk memperkaya kemampuan menulis naratif bahasa inggris siswa kelas IX MTS NW Nurul Wathon Pengembur Lombok Tengah. TRANSFORMASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14(1). https://doi.org/10.20414/transformasi.v14i1.576

Sundari, N. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2836

Suratman, Ilyas, & Mariamah. (2021). Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Penerapan Metode Drill. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2301

Suryantari, N. M. E., Suadnyana, I. N., & Wulandari, I. G. A. . (2018). Pengaruh Model Time Token Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. Pendidikan Multikultural Indonesia, 1. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20773

Susiani, P. E., Pudjawan, K., & Renda, N. T. (2013). Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Boneka Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Indonesia Anak Kelompok B TK Satya Kumara. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/paud.v1i1.1138

Swarastuti, A. (2019). The Impact Of Picture Series Towards Students’ Ability In Writing Narrative Text. Edukasi Lingua Sastra, 17(1). https://doi.org/10.47637/elsa.v17i1.108

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1). https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Syahrowardi, S., & Permana, A. H. (2016). Desain Handout Multimedia Menggunakan 3D Pageflip Professional untuk Media Pembelajaran pada Sistem Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 89–96. https://doi.org/10.21009/1.02113

Syar’i, A., Akrim, A., & Hamdanah. (2020). The Development of Madrasa Education in Indonesia. Revista Argentina de Clínica Psicológica, 29(4), 513. https://doi.org/10.24205/03276716.2020.858

Trisnoningsih, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Metode Quantum Learning Berbantuan Gambar Berseri. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1271

Udayana, A. A. G. B. (2017). Marginalisasi Ideologi Tri Hita Karana Pada Media Promosi Pariwisata Budaya Di Bali. Mudra: Jurnal Seni Budaya, 32(1). https://doi.org/10.31091/mudra.v32i1.4

Ulfah, D. M., & Soenarto, S. (2017). Pengaruh penggunaan media video dan gambar terhadap keterampilan menulis kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 22–34. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7693

Wibowo, A., & Rahmayanti, I. (2020). Penggunan Sevima Edlink Sebagai Media Pembelajaran Online untuk Mengajar dan Belajar Bahasa Indonesia. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 163–174. https://doi.org/10.22236/imajeri.v2i2.5094

Widiartini, P. D. O., Made Putra, M. P., & Manuaba, I. B. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19476

Widiyarto, S. (2017). Pengaruh Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan Pemahaman Struktur Kalimat terhadap Keterampilan Menulis Narasi. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.31849/lectura.v8i1.285

Widnyana, I. G., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11995

Widyaningrum, H. K. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Cerita Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2). https://doi.org/10.30734/jpe.v5i2.129

Widyari, I. A. M., Ganing, N. N., & Sri Asri, I. G. A. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Teks Dialog Terhadap Kompetensi Keterampilan Berbicara Dalam Bahasa Indonesia. Mimbar Ilmu, 23(2), 95–103. https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16415

Yunita, N. K. D., & Tristiantari, N. K. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6), 96–107. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20778

Yusnidar. (2014). Penerapan Metode Gallery Walk Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Analytical Exposition Bahasa Inggris Siswa Kelas XI Ipa-1 Man Model Banda Aceh. Getsempena English Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.46244/geej.v1i2.676

Zainudin. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bagi Siswa Kelas IV SDN1 Dongko Dengan Metode Praktek. Jurnal Kreatif Tadulako Online. https://doi.org/10.1002/ajmg.1363

Downloads

Published

2022-03-10

How to Cite

Wirabhakti, L. W. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dengan Model Picture And Picture berbasis Tri Hita Karana. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 4(2), 83–93. https://doi.org/10.23887/jpmu.v4i2.45445

Issue

Section

Articles