Mini Web Linktree Berbasis Kearifan Lokal Bali untuk Meningkatkan Literasi Budaya Siswa

Authors

  • Ni Made Widya Padmini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i1.49632

Keywords:

Mini Web Linktree, literasi budaya, kearifan lokal

Abstract

Pembelajaran guru belum menekankan unsur-unsur kebudayaan khususnya kearifan lokal Bali dalam materi pelajaran yang relevan dan kurangnya media belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu mennciptakan media pembelajaran mini web linktree berbasis kearifan lokal bali untuk meningkatkan literasi budaya siswa. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan model ADDIE. Subjek penelitian yaitu 2 ahli isi dan 2 ahli media pembelajaran. Subjek uji coba kepraktisan yaitu 2 praktisi dan 10 siswa. Populasi penelitian ini berjumlah 197 siswa. Metode pengumpulan data adalah angket/kuesioner. Instrumen yang digunakan berupa lembar kelayakan. Teknik yang digunakan menganalisis data yaitu analisis kualitatif, kuantitatif, dan statistic inferensial. Hasil penelitian yaitu hasil validitas dari ahli media sebesar 95% (sangat baik) dan ahli materi 98,75% (sangat baik). Hasil respon guru 98% (sangat praktis) dan siswa 96,2% (sangat praktis). Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai sebesar 0,017, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan literasi budaya antara siswa yang menggunakan media pembelajaran mini web Linktree. Hasil menunjukkan mini web Linktree berbasis kearifan lokal Bali efektif meningkatkan literasi budaya siswa. Implikasi penelitian ini web dapat digunakan guru. Implikasi penelitian ini diharapkan Mini web Linktree berbasis kearifan lokal Bali dapat meningkatkan kearifan lokal siswa.

References

Ahsani, E. luthfi F., & Azizah, N. R. (2021). Implementasi Literasi Budaya Dan Kewargaan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317. DOI: https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317

Ajinomoto, A. S. (2021). Penggunaan E-Learning Pada Proses Pembelajaran Daring. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 229–235. https://doi.org/10.51878/TEACHING.V1I3.525. DOI: https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.525

Alnajdi, S. M. (2018). The Effectiveness of Designing and Using a Practical Interactive Lesson based on ADDIE Model to Enhance Students’ Learning Performances in University of Tabuk. Journal of Education and Learning, 7(6), 212. https://doi.org/10.5539/jel.v7n6p212. DOI: https://doi.org/10.5539/jel.v7n6p212

Amaliah, N., Jirana, J., & Damayanti, M. (2021). Sosialisasi Pembuatan Linktree sebagai Media Pembelajaran Alternatif Masa Pandemi Covid 19 pada Guru-Guru SDN 18 Galung Lombok Polewali Mandar. Jurnal Jati Emas, 5(3). https://doi.org/10.36339/je.v5i3.510. DOI: https://doi.org/10.36339/je.v5i3.510

Amirin, T. M. (2013). implementasi Pendekatan Pendidikan Multikultural Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 1(1). https://doi.org/10.21831/jppfa.v1i1.1047. DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v1i1.1047

Ariyanto, L., Rahmawati, N. D., & Haris, A. (2020). Pengembangan Mobile Learning Game Berbasis Pendekatan Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. JIPMat, 5(1), 36–48. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5478. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5478

Bakri, F., Siahaan, B. Z., & Permana, A. H. (2016). Rancangan Website Pembelajaran Terintegrasi dengan Modul Digital Fisika Menggunakan 3D PageFlip Professional. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 113–118. https://doi.org/10.21009/1.02215. DOI: https://doi.org/10.21009/1.02215

Bekagema, M. D., Mahadewi, L. P. P., & Tastra, I. D. K. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Budaya Masyarakat Hindu Bali Kelas IV SDN 3 Banjar Tegal. Jurnal Edutech Undiksha, 4(3). https://doi.org/10.23887/jeu.v4i3.8561.

Biard, N., Cojean, S., & Jamet, E. (2018). Effects of Segmentation and Pacing on Procedural Learning By Video. Computers in Human Behavior, 89, 411–417. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.12.002. DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.12.002

Colombi, M. C. (2015). Academic and cultural literacy for heritage speakers of Spanish: A case study of Latin@ students in California. Linguistics and Education. https://doi.org/10.1016/j.linged.2015.05.006. DOI: https://doi.org/10.1016/j.linged.2015.05.006

Dewi, Asri, & Suniasih. (2019). Pengaruh Model Quantum Teaching Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ppkn Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1), 33–34. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20790. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20790

Dewi, N. K. R., Tastra, I. D. K., & Pudjawan, K. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mata Pelajaran Bahasa Bali Untuk Siswa Kelas III. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v4i2.7630.

Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Sugihartini, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Matakuliah Kurikulum dan Pengajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 5(3), 149. https://doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9922. DOI: https://doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9922

Dwihartanti, M., Mardiyah, S. U. K., & Ramadhan, A. N. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning di Fakultas Ekonomi UNY. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 51–63. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24494. DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24494

El Islami, R. A. Z., Nahadi, N., & Permanasari, A. (2016). Membangun Literasi Sains Siswa Pada Konsep Asam Basa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 110. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.662. DOI: https://doi.org/10.30870/jppi.v2i2.662

Febliza, A., & Okatariani, O. (2020). The Development of Online Learning Media by Using Moodle for General Chemistry Subject. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(1), 40. https://doi.org/10.26858/est.v6i1.12339. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v6i1.12339

Fika, Y., Meilanie, S. M., & Fridani, L. (2020). Peningkatan Kemampuan Bicara Anak melalui Bermain Peran Berbasis Budaya. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.229. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.229

Helaluddin. (2018). Desain Literasi Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal Bahasa Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.1164/rccm.200607-984PP. DOI: https://doi.org/10.29240/estetik.v1i2.582

Herawati, A., Wahyudi, W., & Indarini, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Discovery Learning dengan Construct 2 dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 396. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16157. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16157

Herlanti, Y., Mardiati, Y., Rahmawati, R., Putri, A. M. K., Jamil, N., Miftahuzzakiyah, M., Sofyan, A., Zulfiani, Z., & Sugiarti, S. (2019). Finding Learning Strategy in Improving Science Literacy. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 5(1), 59. https://doi.org/10.30870/jppi.v5i1.4902. DOI: https://doi.org/10.30870/jppi.v5i1.4902

Hidayah, I. N., & Fathimatuzzahra. (2019). Development of Math Comic Learning Media on the Subject of Algebraic Expressions for Seventh Grade of Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1227(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1227/1/012029. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1227/1/012029

Hutama, F. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Budaya Using Untuk Siswa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 113. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8359. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8359

Hutasoit, H. (2017). Menuju Sustainability Dengan Tri Hita Karana (Sebuah Studi Interpretif Pada Masyarakat Bali). Jurnal Manajemen Pendidikan Perkantoran, 13(2), 85–191. https://doi.org/10.30813/bmj.v13i2.917. DOI: https://doi.org/10.30813/bmj.v13i2.917

Joyo, A. (2018). Gerakan Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Menuju Siswa Berkarakter. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 1(2). https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.193. DOI: https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.193

Khaerunnnisa, E., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Instrumen Kecakapan Matematis Dalam Konteks Kearifan Lokal Budaya Banten Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.11210.

Kusumayani, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi IPA Siswa IV SD. Pendidikan Multikultural Indonesia, 2. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805

Li, H., Cryer, S., Acharya, L., & Raymond, J. (2020). Video and Image Classification Using Atomisation Spray Image Patterns and Deep Learning. Biosystems Engineering, 200(2014), 13–22. https://doi.org/10.1016/j.biosystemseng.2020.08.016. DOI: https://doi.org/10.1016/j.biosystemseng.2020.08.016

Lisdayanti, N. P., Ardana, I. K., & Suryaabadi, I. B. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sd Gugus 4 Baturiti. Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.1962.

Maijarern, T., Chaiwut, N., & Nobnop, R. (2018). Augmented reality for science instructional media in primary school. 3rd International Conference on Digital Arts, Media and Technology, ICDAMT. https://doi.org/10.1109/ICDAMT.2018.8376523. DOI: https://doi.org/10.1109/ICDAMT.2018.8376523

Muslihatun, A., Cahyaningtyas, L., Khaimmudin, R. N. L. H., Fijatullah, R. N., Nisa’, E. U., & Sari, C. K. (2019). Pemanfaatan Permainan Tradisional untuk Media Pembelajaran: Congklak Bilangan sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(1), 14–22. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.915. DOI: https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.915

Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 110–116. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825

Narayani, W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Nht Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Karakter Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia., 2(1). https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20785. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i1.20785

Nurafni, & Ninawati, M. (2021). Efektivitas Penerapan Aplikasi Linktree dan Wordwall Terhadap Motivasi Intrinsik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 9(2). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i2.17317.

Prasasti, T. I., Solin, M., & Hadi, W. (2019). The Effectiveness of Learning Media Folklore Text of North Sumatera Based on Blended Learning by 10th Grade Students of Vocational High SchoolHarapan Mekar-1 Medan. Bir-Le Journal, 4(2). https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.548. DOI: https://doi.org/10.33258/birle.v2i4.548

Prasedari, L. P. E., Pudjawan, K., & Suranata, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Tri Pramana Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 50–60. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20771. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20771

Primayanti, P. E., Suarjana, I. M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pbl Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Sikap Sosial dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 86. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20417. DOI: https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20417

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203. DOI: https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203

Quaicoe, J. S., & Pata, K. (2020). Teachers’ digital literacy and digital activity as digital divide components among basic schools in Ghana. Education and Information Technologies. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10158-8. DOI: https://doi.org/10.1007/s10639-020-10158-8

Rahayu, T., Mayasari, T., & Huriawati, F. (2019). Pengembangan Media Website Hybrid Learning berbasis Kemampuan Literasi Digital dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 130–142. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1567. DOI: https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1567

Ramadhani, A., Putri, Y. S. C., Ramadhan, A., Maulida, S., & Muhliansyah, M. (2019). Psikodrama: Budaya Kalimantan Timur Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Pada Gen Milenial. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 7(1), 60. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v7i1.2394. DOI: https://doi.org/10.30872/psikostudia.v7i1.2394

Resterina, R. A., Untari, S., & Atok, A. R. Al. (2020). Pengembangan Buku Pengayaan Tema Budaya Lokal Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter dan Literasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(11). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i11.14146. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i11.14146

Samat, M. S., & Aziz, A. (2020). The Effectiveness of Multimedia Learning in Enhancing Reading Comprehension Among Indigenous Pupils. Arab World English Journal, 11(2), 290–302. https://doi.org/10.24093/awej/vol11no2.20. DOI: https://doi.org/10.24093/awej/vol11no2.20

Sanjaya, N. M. W. S., Nopiyani, P. E., & Rianita, N. M. (2019). Kualitas Laporan Keuangan Ditinjau dari Budaya Tri Hita Karana, GCG, Kompetensi SDM dan Manajemen Risiko Lembaga Perkreditan Desa. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(3). https://doi.org/10.17509/jrak.v7i3.17628.

Septiani, M. T., & Hasanah, M. (2019). Media Audio Visual untuk Pembelajaran Musikalisasi Puisi. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 3(1), 31–37. https://doi.org/10.17977/um007v3i12019p031. DOI: https://doi.org/10.17977/um007v3i12019p031

Serevina, V., & Meyputri, C. U. (2021). Development of Blended Learning Based on Website on Fluid Mechanic Material to Improve Student’s Creative Thinking Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1876(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1876/1/012070. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1876/1/012070

Shliakhovchuk, E. (2021). After cultural literacy: new models of intercultural competency for life and work in a VUCA world. Educational Review, 73(2), 229–250. https://doi.org/10.1080/00131911.2019.1566211. DOI: https://doi.org/10.1080/00131911.2019.1566211

Subhan, Y. A., Sunardi, S., Hani, U., & Aziz, K. (2021). Memperkenalkan Budaya Literasi Melalui Kegiatan Membaca Puisi Berbahasa Inggris. Madaniya, 2(4). https://doi.org/10.53696/27214834.103.

Suprapto, S., Hamzah, S., Yulistio, D., & Susetyo, S. (2021). The Relationship Organizational Culture, Motivation, Resilience and Leadership of Principals with the Work Ethic of Indonesian Language Teachers. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 6(1), 192–210. https://doi.org/10.25217/ji.v6i1.1293. DOI: https://doi.org/10.25217/ji.v6i1.1293

Suprianto, A., Ahmadi, F., & Suminar, T. (2019). The Development of Mathematics Mobile Learning Media to Improve Students’ Autonomous and Learning Outcomes. Journal of Primary Education, 8(1), 84–91. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.115. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200827.115

Suryantari, N. M. E., Suadnyana, I. N., & Wulandari, I. G. A. . (2018). Pengaruh Model Time Token Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. Pendidikan Multikultural Indonesia, 1. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20773. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20773

Suryawan, I. P. P., Pratiwi, K. A. M., & Suharta, I. G. P. (2021). Development of Flipped Classroom Learning Combined with Google Classroom and Video Conference to Improve Students’ Learning Independent and Mathematics Learning Outcomes. Journal of Education Technology, 5(3), 375. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.34466. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.34466

Tohani, E., & Sugito. (2019). Penguatan Literasi Budaya Bagi Pelaku Seni Budaya Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 39–46. https://doi.org/10.21009/JIV.1401.4. DOI: https://doi.org/10.21009/JIV.1401.4

Udayana, A. A. G. B. (2017). Marginalisasi Ideologi Tri Hita Karana Pada Media Promosi Pariwisata Budaya Di Bali. Mudra: Jurnal Seni Budaya, 32(1). https://doi.org/10.31091/mudra.v32i1.4. DOI: https://doi.org/10.31091/mudra.v32i1.4

Wang, J., Antonenko, P., & Dawson, K. (2020). Does Visual Attention To The Instructor in Online Video Affect Learning and Learner Perceptions? An Eye-Tracking Analysis. Computers and Education, 146, 103779. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103779. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103779

Weda, I. W., Putra, G., Parmiti, D. P., Suwatra, I. I. W., Guru, P., & Dasar, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7166.

Wooten, J. J. (2020). Integrating Discussion and Digital Media to Increase Classroom Interaction. International Review of Economics Education, 33(July 2019), 100174. https://doi.org/10.1016/j.iree.2020.100174. DOI: https://doi.org/10.1016/j.iree.2020.100174

Yuki, L. K. (2020). Implementasi Literasi Budaya Kuda Kosong dalam Meningkatkan Minat Membaca pada Mahasiswa Universitas Putra Indonesia. Jurnal Soshum Insentif. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i1.215. DOI: https://doi.org/10.36787/jsi.v3i1.215

Downloads

Published

2022-12-24

How to Cite

Ni Made Widya Padmini, I Wayan Widiana, & Ni Wayan Rati. (2022). Mini Web Linktree Berbasis Kearifan Lokal Bali untuk Meningkatkan Literasi Budaya Siswa. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(1), 39–49. https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i1.49632

Issue

Section

Articles