E-Modul Interaktif Agama Hindu dengan Model 4-D

Authors

  • I Ketut Septiyan Kurniawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Kadek Suartama Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Alexander Hamonangan Simamora Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i1.50954

Keywords:

4-D, E-Modul, Pengembangan

Abstract

Banyak guru yang tidak melakukan dan memahami langkah-langkah pemilihan media tersebut secara baik dalam pembelajaran. Banyak guru yang masih berpusat pada dirinya atau papan tulis sebagi satu-satunya media dan sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan E-modul interaktif agama hindu dengan model 4-D untuk siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, pencatatan dokumen, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari ahli isi mata pelajaran menunjukkan E-Modul Agama Hindu berpredikat sangat baik (100%), hasil review ahli media pembelajaran E-Modul menunjukkan produk berpredikat baik (87%), hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan E-Modul Agama Hindu berpredikat cukup (68%), hasil uji perorangan menunjukkan E-Modul berpredikat sangat baik (92,3%), hasil uji kelompok kecil menunjukkan E-Modul berpredikat sangat baik (93,58%). Hasil menunjukkan bahwa E-Modul dalam mata pelajaran Agama Hindu terbukti memiliki kualitas yang baik dalam pembelajaran Agama Hindu. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan dapat membantu guru dalam menyampaikan materi.

Author Biography

I Ketut Septiyan Kurniawan, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

References

Agung, A.A Gede. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.

Amelia, R., Salamah, U., Abrar, M., Desnita, D., & Usmeldi, U. (2021). Improving Student Learning Outcomes Through Physics Learning Media Using Macromedia Flash. Journal of Education Technology, 5(3). https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.36203. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.36203

Arifin, Z., Tegeh, I. M., & Yuda Sukmana, A. I. W. I. (2021). Independent Learning through Interactive Multimedia Based on Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 244. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41292. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.41292

Aysolmaz, B., & Reijers, H. A. (2021). Animation as a dynamic visualization technique for improving process model comprehension. Information and Management, 58(5), 103478. https://doi.org/10.1016/j.im.2021.103478. DOI: https://doi.org/10.1016/j.im.2021.103478

Basoglu, U. D. (2018). The Importance of Physical Literacy for Physical Education and Recreation. Journal of Education and Training Studies, 6(4), 139. https://doi.org/10.11114/jets.v6i4.3022. DOI: https://doi.org/10.11114/jets.v6i4.3022

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Gunawan, G., Harjono, A., & Sutrio, S. (2017). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1), 9. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.230. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.230

Hamid, M. A., Yuliawati, L., & Aribowo, D. (2020). Feasibility of electromechanical basic work e-module as a new learning media for vocational students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 14(2), 199–211. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.15923. DOI: https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i2.15923

Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(2), 121. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.32934/jmie.v2i2.75 Copyright. DOI: https://doi.org/10.32934/jmie.v2i2.75

Latifah, S., & Utami, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Media Sosial Schoology. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 36–45. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3924. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3924

Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564. DOI: https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 174. https://doi.org/10.1109/SIBIRCON.2010.5555154. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v13i2.8525

Nopiani, R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021b). E-Modul Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Subtema 2 Hebatnya Cita-citaku. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36058

Nugrahani, F. (2017). The Development Of Film Based Literary Materials Which Suport Character Education. Jurnal Cakrawala Pendas, XXXVI(3), 472–486. https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.14219.

Pramana, Jampel, & Pudjawan. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 18–32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Qolbi, S. K., Sabarudin, S., Kholilurrohman, K., & Perwitasari, N. (2022). Efektivitas Pembelajaran Daring antara Fasilitas Zoom Meet dengan Google Meet. Jurnal Basicedu, 6(2), 1551–1562. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2137. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2137

Rayanto, Y. H. & S. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 Teori & Praktek (T. Rokhmawan (ed.)). Lembaga Akademik & Research Institute.

Rezeki, S., Halim, A., Nasrullah, N., Yusrizal, Y., & Ilyas, S. (2021). Implementasi Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 14–19. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7ispecialissue.887. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v7iSpecialIssue.887

Riananda, N. & L. (2016). Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo. Proceedings of International Research Clinic & Scientific Publications of Educational Technology, 1(20), 23. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jtp/article/view/1137.

Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan E-modul kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Alotrop, 4(1). https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13709. DOI: https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13709

Ruhiat, Y., & Djumena, I. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Digital Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Kelas X ( The Development of Digital Teaching Materials In Electrical And Electronic Basic Learning Class X ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 156–168. https://doi.org/http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/viewFile/7423/5155.

Salim Nahdi, D., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050. DOI: https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050

Serevina, V., Astra, I., & Sari, I. J. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill. Journal of Educational Technology-TOJET, 17(3), 26–36. https://eric.ed.gov/?id=EJ1184205.

Seruni, R., Munawaoh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) Biokimia Pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip Pdf Professional. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 48–56. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672. DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4672

Suhidi, A., Hasan, R., & Hidayat, T. (2021). Kemampuan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Melalui Google Classroom. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 393–401. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2684. DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2684

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Tjiptiany, E. N., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Membantu Siswa Sma Kelas X Dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1938–1942. https://doi.org/10.17977/jp.v1i10.6973.

Torlakson, T. (2014). Innovate A Blueprint for Science, Technology, Engineering, and Mathematics in California Public Education. Californians Dedicated to Education Foundation, May, 52.

Violadini, R, & Mustika, D. (2021). Pengembangan e-modul berbasis metode inkuiri pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210–1222. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899.

Violadini, Ririn, & Mustika, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210–1222. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279

Widiyastuti, N., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Adobe Flash Materi Bumi Dan Alam Semesta. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 77–84. https://doi.org/10.21009/pip.321.9. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.321.9

Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021. DOI: https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021

Downloads

Published

2022-12-24

How to Cite

Kurniawan, I. K. S., I Kadek Suartama, & Alexander Hamonangan Simamora. (2022). E-Modul Interaktif Agama Hindu dengan Model 4-D. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(1), 27–38. https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i1.50954

Issue

Section

Articles