Contextual Teaching and Learning Berbasis Tri Hita Karana Dijadikan sebagai Model Pembelajaran IPAS di SD

Authors

  • Luh Putu Adelia Friska Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.55993

Keywords:

CTL, THK, Kompetensi Pengetahuan IPAS

Abstract

Rendahnya pemahaman siswa mengenai konsep pembelajaran IPAS, membuat siswa kesulitan dan kurang tertarik dalam memahami materi IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Contextual Teaching and Learning berbasis nilai Tri Hita Karana terhadap kompetensi pengetahuan IPAS siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 415 siswa, dan sampel berjumlah 54 siswa, yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode tes. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial, dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung sama dengan 5,847 lebih dari ttabel sama dengan 2.055, pada taraf signifikansi 5% dengan dk sama dengan 52, Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbasis nilai Tri Hita Karana berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPAS. Implikasi penelitian ini diharapakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbasis Nilai Tri Hita Karana sebagai model pembelajaran alternatif dan dapat menambah wawasan mengenai inovasi pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi pengetahuan IPAS.

References

Adim, M., Herawati, E. S. B., & Nuraya, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning menggunakan Media Kartu terhadap Minat Belajar IPA kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 3(1), 6–12. https://doi.org/10.52188/jpfs.v3i1.76.

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.

Amini, Ri., & Oktarisma, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Picture and Picture di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 835–841. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.769. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.769

Antara, & Aditya, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Mimbar Ilmu, 24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21263. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21263

Antari, N. K. D., & Agustika, G. N. S. (2020). Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Audio Visual Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa SD. Mimbar Ilmu, 25(2), 61. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25847. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25847

Arsana, A. A. P., & Wirastuti, I. G. A. P. (2019). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Tri Hita Karana Di Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Seminar Nasional Inovasi Dalam Penelitian Sains, Teknologi Dan Humaniora - InoBali, 1021–1030.

Asih, J. T. (2022). Implementasi pendidikan karakter berbasis tri hita karana (THK) pada siswa SMAN Satu Atap Lembongan. Indonesian Journal of Educational Development, 3, 292–300. https://doi.org/10.5281/zenodo.7033374.

Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 671–680. http://www.jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/177.

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118. https://bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/3015.

Dewi, A. A. I. M. U., Manuaba, I. B. S., & Kristiantari, M. . R. (2020). Model Contextual Teaching and Learning Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Kelas V. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 1(2), 73–82. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28894. DOI: https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28894

Dewi, D. A. P. H. (2018). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3). https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15387. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v1i3.15387

Diantari, N. P. M., & Agung, A. A. G. (2021). Video Animasi Bertema Tri Hita Karana pada Aspek Afektif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 176–185. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497. DOI: https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35497

Diartha, P. M. P., Sudarma, I. K., & Suwatra, I. W. (2019). Pengembangan Multimedia Berorientasi Pembelajaran Team Games Tournament Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar Mutiara Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 7, 1–11. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i1.19969.

Dikta. (2020). Pembelajaran Berorientasi Tri Hita Karana Sebagai Upaya Penguatan Kualitas Pendidikan Dasar Pada Abad Ke 21. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 126–136. https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1.3103.

Ependi, R., & Pratiwi, N. I. S. (2020). Analisis Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Integrated Science Education Journal, 1(3), 82–88. https://doi.org/10.37251/isej.v1i3.116. DOI: https://doi.org/10.37251/isej.v1i3.116

Firdausi, R. N., & Suchayo, I. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Kontekstual dalam Pembelajaran Fisika SMA Pada Materi Elastisitas Bahan. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 351–358. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.351-358. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.351-358

Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919

Hasan, H. (2021). Meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model contextual teaching and learning pada era new normal. Indonesian Journal of Education Development, 1(4), 630 – 640. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560726.

Herfiani, H., & Kune, S. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Konsep Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Kelas IV SD. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(1), 462. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i1.1175. DOI: https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i1.1175

Iswari, I. G. A., Dibia, I. K., & Widiana, I. W. (2021). Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbasis Nilai Tri Hita Karana di SD. Jurnal Ilmiah Tri Hita Karana, 1(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPDI/article/view/39358.

Karmini, N. W., Yudari, A. A. K. S., Suasthi, I. G. A., Hadriani, N. L. G., & Setini, M. (2021). Model of Humanism Education based on Local Wisdom in Elementary School in Bali. International Journal of Early Childhood Special Education, 13(2), 1056–1063. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V13I2.211150. DOI: https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V13I2.211150

Kholik, A., Bisri, H., Lathifah, Z. K., Kartakusumah, B., Maufur, M., & Prasetyo, T. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berdasarkan Persepsi Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 738–748. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2045. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2045

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765. DOI: https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Kusumayani, N. K. M., Wibawa, I. M. C., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa Iv Sd. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 55. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805. DOI: https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20805

M, S., Amin, A., & Yolanda, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Aktivitas Siswa Kelas X Di Sma Negeri 5 Model Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2018/2019. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.31540/sjpif.v1i1.319. DOI: https://doi.org/10.31540/sjpif.v1i1.319

Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen penilaian motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 262–270. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611

Muslihah, N. N., & Suryaningrat, E. F. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 553–564. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1445. DOI: https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1445

Nugroho, R. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2). https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2638. DOI: https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2638

Omayra, Y. (2021). Dimensions and Strategies To Improve the Quality of Education and Its Impact on the Development of Community Human Resources. Jurnal Bina Ummat: Membina Dan Membentengi Ummat, 4(2), 77–94. https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v4i2.114. DOI: https://doi.org/10.38214/jurnalbinaummatstidnatsir.v4i2.114

Parwasih, N. W. S., & Warouw, Z. W. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia. SCIENING : Science Learning Journal, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.53682/slj.v1i1.29. DOI: https://doi.org/10.53682/slj.v1i1.29

Perdana, M. P. W. (2020). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran Sejarah. II(01), 1–12. https://doi.org/10.35542/osf.io/8qy5f. DOI: https://doi.org/10.35542/osf.io/8qy5f

Permajaya, I. G. (2018). Implementasi Konseo Tri Hita Karana dalam Perspektif Kehidupan Global : Berpikir Global Berprilaku Lokal. Purwadita, 2, 27–33. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita/article/viewFile/84/77.

Pradnyawhati, N. N. C., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(1), 89–98. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660

Pujiati, Kanzunnudin, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Penerapan Contextual Teaching and Learning Berbantu Blok Pecahan untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 122–129. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2713. DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2713

Ratnasari, S. F., & Saefudin, A. A. (2018). Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 119–127. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a11. DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a11

Rosyida, A., Mustaji, M., & Subroto, W. (2018). The Development of Contextual Teaching and Learn-ing-Based Comic as a Learning Media for Elementary School Students. 173(Icei 2017), 13–16. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.4. DOI: https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.4

Shofia Hattarina, Nurul Saila, Adenta Faradila, Dita Refani Putri, & RR.Ghina Ayu Putri. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 181–192.

Siamy, L., Farida, F., & Syazali, M. (2018). Media Belajar Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 113. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1919. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1919

Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036

Soleha, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Rahayu, D. W. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3117–3124. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1285. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1285

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 60–68. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347

Suputra, I. G. M. A., & Sujana, I. W. (2021). Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Solving Tri Hita Karana Materi Keragaman Budaya Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 113–121. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32764. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32764

Suriswo, & Sumartono. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 15(1), 124–135. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v15i1.277. DOI: https://doi.org/10.24905/cakrawala.v15i1.1874

Taufik, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education, 2(2), 163–174. https://doi.org/10.24256/iqro.v2i2.864. DOI: https://doi.org/10.24256/iqro.v2i2.864

Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3), 299–309. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422

Widyaiswara, G. P., Parmiti, D. P., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(4), 389. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21311. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21311

Downloads

Published

2022-12-24

How to Cite

Friska Dewi, L. P. A., & Surya Abadi, I. B. G. (2022). Contextual Teaching and Learning Berbasis Tri Hita Karana Dijadikan sebagai Model Pembelajaran IPAS di SD. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 80–92. https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.55993

Issue

Section

Articles