DETERMINASI PROPOSISI PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SINKRONISASI KAJIAN MAKROSKOPIS DAN SUBMIKROSKOPIS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.120Abstract
Tujuanpenelitian adalah mengkaji proposisi atau prinsip-prinsip pembelajaran pengembangan
pemahaman konsep kimia bagi pemelajar pemula yang dilandaskan pada hakikat kajian kimia dan
hakikat sains. Dua model pembelajaran sinkronisasi makroskopis dan submikroskopis
menggunakan pendekatan inkuiri (inkuiri terstruktur dan siklus belajar) diimplementasikan dan
dikomparasikan dengan pembelajaran konvensional pada kompetensi dasar kimia di SMP. Implemetasi
pembelajaran di atas juga mencermati pengaruh gaya belajar siswa terhadap efektivitas
pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa SMPN 6 Singaraja kelas VII tahun akademik 2009/
2010 sebanyak 115 orang. Objek penelitian adalah aktivitas siswa dan pemahaman konsep. Hasil
uji ANOVA faktorial menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelompok model dan
gaya belajar verbal-visual terhadap skor pemahaman konsep kimia. Hasil uji juga menunjukkan
ada interaksi antara model dan gaya belajar verbal-visual. Elaborasi hasil penelitian menemukan
enam proposisi yang dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam merancang pembelajaran pengembangan
pemahaman konsep bagi pemelajar kimia pemula.
Kata-kata kunci: pendekatan inkuiri, pemahaman konsep, visualisasi, multimedia interaktif,
gaya belajar.
Downloads
Published
2010-10-01
How to Cite
Kirna, I. M. (2010). DETERMINASI PROPOSISI PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SINKRONISASI KAJIAN MAKROSKOPIS DAN SUBMIKROSKOPIS. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.120
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)