DETERMINASI PROPOSISI PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SINKRONISASI KAJIAN MAKROSKOPIS DAN SUBMIKROSKOPIS

Authors

  • I Made Kirna Universitas Pendidikan Ganesha, Jl. Udayana Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.120

Abstract

Tujuan
penelitian adalah mengkaji proposisi atau prinsip-prinsip pembelajaran pengembangan
pemahaman konsep kimia bagi pemelajar pemula yang dilandaskan pada hakikat kajian kimia dan
hakikat sains. Dua model pembelajaran sinkronisasi makroskopis dan submikroskopis
menggunakan pendekatan inkuiri (inkuiri terstruktur dan siklus belajar) diimplementasikan dan
dikomparasikan dengan pembelajaran konvensional pada kompetensi dasar kimia di SMP. Implemetasi
pembelajaran di atas juga mencermati pengaruh gaya belajar siswa terhadap efektivitas
pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa SMPN 6 Singaraja kelas VII tahun akademik 2009/
2010 sebanyak 115 orang. Objek penelitian adalah aktivitas siswa dan pemahaman konsep. Hasil
uji ANOVA faktorial menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelompok model dan
gaya belajar verbal-visual terhadap skor pemahaman konsep kimia. Hasil uji juga menunjukkan
ada interaksi antara model dan gaya belajar verbal-visual. Elaborasi hasil penelitian menemukan
enam proposisi yang dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam merancang pembelajaran pengembangan
pemahaman konsep bagi pemelajar kimia pemula.
Kata-kata kunci: pendekatan inkuiri, pemahaman konsep, visualisasi, multimedia interaktif,
gaya belajar.

Downloads

Published

2010-10-01

How to Cite

Kirna, I. M. (2010). DETERMINASI PROPOSISI PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SINKRONISASI KAJIAN MAKROSKOPIS DAN SUBMIKROSKOPIS. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.120