PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN KIMIA DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN

Authors

  • I Nyoman Sukarta, I Ketut Sudiana, I Dewa Ketut Sastrawidana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.123

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
(PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan
pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran Kimia dan
Pencemaran Lingkungan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia
FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha tahun akademik 2005/2006 yang berjumlah 12 orang.
Objek penelitian ini adalah persiapan belajar mahasiswa, aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran,
dan hasil belajar mahasiswa pada model pembelajaran yang diterapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif pada
pembelajaran Kimia dan Pencemaran Lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
mahasiswa.
Kata-kata kunci: pendekatan kontekstual, pembelajaran kooperatif, pembelajaran kimia,
pencemaran lingkungan

Downloads

Published

2010-10-01

How to Cite

Dewa Ketut Sastrawidana, I. N. S. I. K. S. I. (2010). PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN KIMIA DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.123