PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN KIMIA DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.123Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan
pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran Kimia dan
Pencemaran Lingkungan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia
FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha tahun akademik 2005/2006 yang berjumlah 12 orang.
Objek penelitian ini adalah persiapan belajar mahasiswa, aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran,
dan hasil belajar mahasiswa pada model pembelajaran yang diterapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif pada
pembelajaran Kimia dan Pencemaran Lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
mahasiswa.
Kata-kata kunci: pendekatan kontekstual, pembelajaran kooperatif, pembelajaran kimia,
pencemaran lingkungan
Downloads
Published
2010-10-01
How to Cite
Dewa Ketut Sastrawidana, I. N. S. I. K. S. I. (2010). PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN KIMIA DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.123
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)