PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN: MENGAPA, APA DAN BAGAIMANA

Authors

  • I Made Gunamantha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.125

Abstract

Pendidikan adalah hal yang mendasar untuk mencapai tujuan berkelanjutan. Pendidikan untuk
Pembangunan Berkelanjutan (PUPB) diharapkan dapat membantu perubahan sikap dan perilaku
lulusan baik sebagai individu, profesional, atau konsumen, produsen, dan masyarakat pada
umumnya untuk melakukan tanggung jawab dan tugas-tugas kolektifnya. Tulisan ini menekankan
pada subjek peran pendidikan tinggi dalam menghasilkan professional yang dapat memimpin
perubahan ke arah masa depan yang lebih berkelanjutan. Untuk tujuan tersebut, ada tiga pertanyaan
yang diajukan dalam tulisan ini yaitu: (1) mengapa mahasiswa perlu dibekali pengetahuan
dan pemahaman tentang pembangunan berkelanjutan?; (2) kompetensi apa dalam wilayah pengetahuan
dan pemahaman, keterampilan dan kemampuan serta sikap yang harus diberikan oleh pihak
perguruan tinggi dalam menunjang upaya berkelanjutan?; (3) bagaimana perguruan tinggi harus
melakukan reorientasi kurikulum untuk menunjang pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan?
Kata-kata kunci: pendidikan tinggi, pembangunan berkelanjutan, reorientasi kurikulum

Downloads

Published

2010-10-01

How to Cite

Gunamantha, I. M. (2010). PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN: MENGAPA, APA DAN BAGAIMANA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.125