PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN: MENGAPA, APA DAN BAGAIMANA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.125Abstract
Pendidikan adalah hal yang mendasar untuk mencapai tujuan berkelanjutan. Pendidikan untukPembangunan Berkelanjutan (PUPB) diharapkan dapat membantu perubahan sikap dan perilaku
lulusan baik sebagai individu, profesional, atau konsumen, produsen, dan masyarakat pada
umumnya untuk melakukan tanggung jawab dan tugas-tugas kolektifnya. Tulisan ini menekankan
pada subjek peran pendidikan tinggi dalam menghasilkan professional yang dapat memimpin
perubahan ke arah masa depan yang lebih berkelanjutan. Untuk tujuan tersebut, ada tiga pertanyaan
yang diajukan dalam tulisan ini yaitu: (1) mengapa mahasiswa perlu dibekali pengetahuan
dan pemahaman tentang pembangunan berkelanjutan?; (2) kompetensi apa dalam wilayah pengetahuan
dan pemahaman, keterampilan dan kemampuan serta sikap yang harus diberikan oleh pihak
perguruan tinggi dalam menunjang upaya berkelanjutan?; (3) bagaimana perguruan tinggi harus
melakukan reorientasi kurikulum untuk menunjang pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan?
Kata-kata kunci: pendidikan tinggi, pembangunan berkelanjutan, reorientasi kurikulum
Downloads
Published
2010-10-01
How to Cite
Gunamantha, I. M. (2010). PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN: MENGAPA, APA DAN BAGAIMANA. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i3.125
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)