THE EFFECTIVENESS OF TRAINING ON USING SOCIAL NETWORKING SITES IN ONLINE COLLABORATIVE PROJECTS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.136Abstract
Studi ini mengkaji sikap mahasiswa dan tingkat kemampuan mereka terhadap penggunaan situs jejaring sosial untuk promosi informasi di bidang kesehatan secara online. Data dikumpulkan dari mahasiswa yang menjadi partisipan dalam studi ini. Partisipan adalah para profesional di bidang kesehatan dari enam negara. Survey yang dilakukan bertujuan untuk menilai: (1) tingkat kenyamanan partisipan dalam menggunakan situs jejaring sosial, (2) sikap mereka terhadap penyebaran informasi kesehatan secara online, dan (3) kemampuan partisipan dalam menciptakan situs informasi kesehatan secara online yang efektif. Dosen Jurusan Ilmu Kesehatan bekerjasama dengan desainer dan teknolog pembelajaran menciptakan video dan panduan untuk pelatihan bagi para partisipan dalam mendesain websites yang efektif. Materi pelatihan diposting secara online pada area mata kuliah yang digunakan. Para partisipan bekerja dalam tim secara kolaboratif untuk mengembangkan situs jejaring sosial online tentang isu-isu global di bidang pendidikan kesehatan. Tingkat kemampuan dan keterampilan partisipan dinilai dengan menggunakan kriteria pembelajaran berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukkan: (1) partisipan memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi dalam menggunakan situs jejaring sosial, (2) partisipan secara umum memiliki sikap yang positif terhadap informasi kesehatan yang disajikan secara online, (3) partisipan memiliki kompetensi yang tinggi dalam menciptakan situs informasi kesehatan online.Key words: social networking sites, online collaborative, project-based learning, health education
Downloads
Published
2011-04-01
How to Cite
Diane Hamilton-Hancock, L. P. P. M. (2011). THE EFFECTIVENESS OF TRAINING ON USING SOCIAL NETWORKING SITES IN ONLINE COLLABORATIVE PROJECTS. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 44(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.136
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)