PEMBELAJARAN KOOPERATIF ACE (ACTIVITIES, CLASS DISCUSSION, EXERCISE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Authors

  • I Putu Darmayasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.137

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk me-ningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada perkuliahan Pendidikan Rekreasi. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester IIB Jurusan Penjaskesrek tahun 2009/2010 yang berjumlah 53 orang (46 laki-laki dan 7 perempuan). Penelitian dirancang tiga siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Data aktivitas dan hasil belajar dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Aktivitas belajar mahasiswa pada siklus I, siklus II, dan siklus III termasuk aktif, dengan persentase mahasiswa yang termasuk kategori aktif sampai dengan sangat aktif adalah masing-masing 94,3%; 98,1%; dan 100%. Persentase mahasiswa yang memperoleh nilai hasil belajar minimal B pada siklus I, siklus II, dan siklus III adalah masing-masing 94,4%; 98,1%; 100%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif ACE dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pendidikan rekreasi pada mahasiswa semester IIB jurusan penjaskesrek tahun 2009/2010.
Kata-kata Kunci: model kooperatif ACE, hasil belajar, pendidikan rekreasi

Downloads

Published

2011-04-01

How to Cite

Darmayasa, I. P. (2011). PEMBELAJARAN KOOPERATIF ACE (ACTIVITIES, CLASS DISCUSSION, EXERCISE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 44(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.137

Issue

Section

Articles