PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR TENTANG HIDANGAN BALI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.138Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar mahasiswa melalui pembelajaran berbasis proyek berbantuan portofolio pada mata kuliah hidangan Bali. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester VI tahun akademik 2009/2010 yang memprogram mata kuliah hidangan Bali yang berjumlah 9 orang. Objek penelitian adalah kreativitas, hasil belajar mahasiswa, dan respon mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan bantuan portofolio. Data yang diperoleh dari penelitian tindakan ini adalah: (a) data kuantitatif tentang kreativitas, hasil belajar, dan respon mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis proyek; dan (b) hasil karya nyata mahasiswa berupa produk dua paket menu hidangan Bali dalam struktur menu modern. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pedoman observasi kreativitas dan proses pembelajaran, tes hasil belajar, dan angket. Angket digunakan untuk mengungkap respon mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis proyek. Kreativitas, hasil belajar, dan respon mahasiswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek berbantuan portofolio dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa sebesar 5,56%. Hasil belajar mahasiswa juga mengalami peningkatan sebesar 5,86%. Sebanyak 79,56% mahasiswa memberikan respon yang positif terhadap penerapan pembelajaran berbasis proyek berbantuan portofolio.Kata-kata Kunci: pembelajaran berbasis proyek, portofolio, kreativitas, hidangan Bali
Downloads
Published
2011-04-01
How to Cite
Sri Adnyawati, N. D. M. (2011). PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR TENTANG HIDANGAN BALI. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 44(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.138
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)