PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR TENTANG HIDANGAN BALI

Authors

  • Ni Desak Made Sri Adnyawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.138

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar mahasiswa melalui pembelajaran berbasis proyek berbantuan portofolio pada mata kuliah hidangan Bali. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester VI tahun akademik 2009/2010 yang memprogram mata kuliah hidangan Bali yang berjumlah 9 orang. Objek penelitian adalah kreativitas, hasil belajar mahasiswa, dan respon mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan bantuan portofolio. Data yang diperoleh dari penelitian tindakan ini adalah: (a) data kuantitatif tentang kreativitas, hasil belajar, dan respon mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis proyek; dan (b) hasil karya nyata mahasiswa berupa produk dua paket menu hidangan Bali dalam struktur menu modern. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pedoman observasi kreativitas dan proses pembelajaran, tes hasil belajar, dan angket. Angket digunakan untuk mengungkap respon mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis proyek. Kreativitas, hasil belajar, dan respon mahasiswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek berbantuan portofolio dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa sebesar 5,56%. Hasil belajar mahasiswa juga mengalami peningkatan sebesar 5,86%. Sebanyak 79,56% mahasiswa memberikan respon yang positif terhadap penerapan pembelajaran berbasis proyek berbantuan portofolio.
Kata-kata Kunci: pembelajaran berbasis proyek, portofolio, kreativitas, hidangan Bali

Downloads

Published

2011-04-01

How to Cite

Sri Adnyawati, N. D. M. (2011). PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR TENTANG HIDANGAN BALI. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 44(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.138

Issue

Section

Articles