PEMANFAATAN POTENSI LINGKUNGAN LOKAL DALAM MEMBUAT PROSEDUR PRAKTIKUM KONTEKSTUAL
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.139Abstract
Telah dilakukan penelitian untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dengan memanfaatkan potensi lingkungan lokal dalam membuat prosedur praktikum kontekstual (PPK). Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia angkatan 2007/2008. Objek penelitian adalah kreativitas mahasiswa, pemahaman konsep-konsep kimia, permasalahan mahasiswa dalam membuat PPK, dan pendapat mahasiswa terhadap proses pembelajaran. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi, angket kesulitan mahasiswa, angket pendapat mahasiswa, dan tes. Data kreativitas mahasiswa yang diperoleh dari lembar observasi dan hasil tes penguasaan konsep-konsep kimia dianalisis dengan menggunakan pedoman konversi PAP Undiksha. Data permasalahan mahasiswa dianalisis secara deskriptif, sedangkan data pendapat mahasiswa dianalisis dengan membandingkan jumlah persentase yang setuju dengan tidak setuju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan kreativitas mahasiswa dengan memanfaatkan potensi lingkungan lokal dalam membuat prosedur praktikum kontekstual Kimia Dasar II; (2) terjadi peningkatan dalam pemahaman konsep-konsep kimia mahasiswa melalui pembuatan prosedur praktikum kontekstual; (3) sebagian besar mahasiswa menyatakan bermasalah dalam mencari ide pembuatan prosedur praktikum kontekstual; dan (4) respon mahasiswa sangat baik terhadap proses pembelajaran yang memanfaatkan potensi lingkungan lokal.Kata-kata Kunci: kreativitas, praktikum kontekstual, potensi lingkungan
Downloads
Published
2011-04-01
How to Cite
I Ketut Lasia, N. M. W. I. N. S. (2011). PEMANFAATAN POTENSI LINGKUNGAN LOKAL DALAM MEMBUAT PROSEDUR PRAKTIKUM KONTEKSTUAL. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 44(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.139
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)