PEMANFAATAN POTENSI LINGKUNGAN LOKAL DALAM MEMBUAT PROSEDUR PRAKTIKUM KONTEKSTUAL

Authors

  • Ni Made Wiratini, I Nyoman Suardana, I Ketut Lasia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.139

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa dengan memanfaatkan potensi lingkungan lokal dalam membuat prosedur praktikum kontekstual (PPK). Subjek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia angkatan 2007/2008. Objek penelitian adalah kreativitas mahasiswa, pemahaman konsep-konsep kimia, permasalahan mahasiswa dalam membuat PPK, dan pendapat mahasiswa terhadap proses pembelajaran. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi, angket kesulitan mahasiswa, angket pendapat mahasiswa, dan tes. Data kreativitas mahasiswa yang diperoleh dari lembar observasi dan hasil tes penguasaan konsep-konsep kimia dianalisis dengan menggunakan pedoman konversi PAP Undiksha. Data permasalahan mahasiswa dianalisis secara deskriptif, sedangkan data pendapat mahasiswa dianalisis dengan membandingkan jumlah persentase yang setuju dengan tidak setuju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan kreativitas mahasiswa dengan memanfaatkan potensi lingkungan lokal dalam membuat prosedur praktikum kontekstual Kimia Dasar II; (2) terjadi peningkatan dalam pemahaman konsep-konsep kimia mahasiswa melalui pembuatan prosedur praktikum kontekstual; (3) sebagian besar mahasiswa menyatakan bermasalah dalam mencari ide pembuatan prosedur praktikum kontekstual; dan (4) respon mahasiswa sangat baik terhadap proses pembelajaran yang memanfaatkan potensi lingkungan lokal.
Kata-kata Kunci: kreativitas, praktikum kontekstual, potensi lingkungan

Downloads

Published

2011-04-01

How to Cite

I Ketut Lasia, N. M. W. I. N. S. (2011). PEMANFAATAN POTENSI LINGKUNGAN LOKAL DALAM MEMBUAT PROSEDUR PRAKTIKUM KONTEKSTUAL. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 44(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.139

Issue

Section

Articles