INTRODUCTING TARGET LANGUAGE CULTURE THROUGH MOVIE WATCHING AND DISCUSSION

Authors

  • Ni Luh Putu Sri Adnyani

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.141

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa implementasi pembelajaran Movie Watching dan identifikasi aspek-aspek lintas budaya dapat meningkatkan pemahaman dan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran Cross Cultural Understanding. Di samping itu, penelitian ini juga melihat kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan teknik pembelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus pada semester genap tahun ajaran 2006/2007. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester 2 Jurusan Bahasa Inggris Diploma-3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman mahasiswa dalam mata kuliah Cross Cultural Understanding cukup baik, yaitu seluruh mahasiswa mencapai nilai lulus, (2) lebih dari 50% dari seluruh jumlah mahasiswa berpartisipasi aktif dalam perkuliahan baik dalam diskusi kelas maupun kelompok, (3) mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam menyimak film yang tokoh-tokohnya merupakan penutur asli bahasa Inggris. Pada dasarnya, Cross Cultural Understanding adalah mata kuliah konten yang menuntut mahasiswa sudah memiliki keterampilan berbahasa Inggris yang baik.
Key words: movie watching, cross cultural understanding, target language culture

Downloads

Published

2011-04-01

How to Cite

Sri Adnyani, N. L. P. (2011). INTRODUCTING TARGET LANGUAGE CULTURE THROUGH MOVIE WATCHING AND DISCUSSION. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 44(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v44i1.141

Issue

Section

Articles