Implementasi Model Pembelajaran Patriot Terpadu Untuk Menumbuhkembangkan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi

Authors

  • Naswan Suharsono

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i1%20Apr.1723

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan suatu model teknologi pendidikan kewirausahaan terpadu dari teori ke aplikasi. Keterpaduan dimulai dari penguasaan pengetahuan teoritik, mempraktekkan di lapangan, dan mengkaji secara ilmiah fenomena tumbuhkembangnya. Kegiatan penelitian dilakukan dengan merekayasa prototipa paket pembelajaran berdasarkan model teoretik PATRIOT, kemudian menawarkannya kepada maha-siswa melalui bidang pendidikan, pengabdian, dan penelitian secara bertahap. Kompetensi sasaran akhir yang ingin dicapai adalah terbentuknya kemampuan melakukan tindakan usaha (TUsaha) sesuai bidang keilmuan dan interes mahasiswa. Prototipa itu  terdiri dari bahan ajar kewirausahaan (BA-KWU), standar operasional praktek kerja lapangan (SO-PKL), standar operasional kuliah kerja lapangan (SO-KKL), dan standar operasional penelitian karya akhir (SO-PKA) yang diformat dalam satu Buku Panduan Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (P3-BKPT). Prototipa keempat instrumen itu diuji-empirik ke 110 mahasiswa, 10 dosen, dan 27 praktisi untuk mendapatkan data sinergi kinerja antar komponen dan pola manajemennya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prototipa Buku P3-BKPT dengan keempat komponennya secara umum telah menunjukkan sinegi kerjanya. Namun, pada tahapan pelaksanaannya terkendala oleh lemahnya koordinasi antar personel yang terlibat, kejelasan prosedur standar operasional, kesiapan mahasiswa terjun ke lapangan, dan variasi kondisi internal perusahaan tempat mahasiswa berpraktek.

Kata kunci : kewirausahaan, budaya bisnis, model terpadu, pendidikan tinggi

Downloads

Published

2009-04-30

How to Cite

Suharsono, N. (2009). Implementasi Model Pembelajaran Patriot Terpadu Untuk Menumbuhkembangkan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(1 Apr). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i1 Apr.1723

Issue

Section

Articles