Pengembangan Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Dengan Seting Kooperatif GI Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa SMA BI

Authors

  • Ida Bagus Putu Arnyana
  • I Wayan Sukra Warpala
  • Made Hery Santosa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i3%20Okt.1754

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran bilingual yang dapat diterapkan di sekolah R SMA BI. Prosedur pengembangan mengacu model Dick and Cary (1990) secara garis besar dibagi menjadi: (1) mengidentifikasi kurikulum, (2) analisis keadaan R SMA BI di Bali saat ini, (3) menyusun draf model, dan (4) uji model berupa uji ahli. Hasilnya ada-lah model pembelajaran bilingual preview-review dengan seting kooperatif GI untuk meningkat-kan kompetensi, kemampuan berpikir kritis, dan Bahasa Inggris pada mata pelajaran Biologi siswa SMA. Sesuai hasil penilaian oleh tim ahli, model pembelajaran yang dikembangkan ini dapat diterapkan di R SMA BI yang kemampuan berbahasa Inggris siswa dan guru masih lemah.

Kata Kunci: model pembelajaran bilingual preview-review, seting kooperatif GI

Downloads

Published

2009-10-31

How to Cite

Arnyana, I. B. P., Warpala, I. W. S., & Santosa, M. H. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Dengan Seting Kooperatif GI Pada Mata Pelajaran Biologi Siswa SMA BI. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 42(3 Okt). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i3 Okt.1754

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)